7 Bahan Alami Ini Bisa Redakan Rasa Nyeri di Tubuh, dari Sakit Gigi - Kepala

Sabtu, 12 September 2020 12:44 Penulis: Nurul Wahida
7 Bahan Alami Ini Bisa Redakan Rasa Nyeri di Tubuh, dari Sakit Gigi - Kepala
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Rasa nyeri di tubuh pastinya membuat penderitanya merasakan sakit luar biasa, tak nyaman hingga dapat memengaruhi aktivitas harian. Tak jarang sebagian diantaranya mengatasi rasa nyeri tersebut dengan konsumsi obat anti nyeri untuk meredakan rasa sakitnya. Namun ternyata ada sejumlah bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri di tubuh dengan minim efek samping.

Rasa nyeri dapat dialami oleh siapa saja tanpa pandang usia. Rasa nyeri tersebut dapat dirasakan tubuh karena sistem saraf atau jaringan di tubuh mengalami peradangan hingga kerusakan. Sistem saraf yang terdapat di semua bagian tubuh serta terhubung langsung pada otak sebagai saraf pusat menyebabkan sejumlah bagian tubuh yang mengalami peradangan dapat menimbulkan rasa nyeri.

Tak heran hampir semua masalah kesehatan tubuh yang mengganggu sistem saraf akan membuat penderitanya alami rasa nyeri. Sejumlah kondisi kesehatan yang biasanya menimbulkan rasa nyeri seperti cedera, sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung dan lain sebagainya.

Namun jika kondisi tersebut terjadi mencoba mengatasi rasa nyeri dengan bahan alami bisa jadi pilihan efektif redakan nyeri apabila masih dalam kondisi ringan. Sebab ada sejumlah bahan alami redakan rasa nyeri di tubuh. Sehingga dengan menggunakan bahan alami tersebut tentunya akan minim efek samping.

Lalu apa saja bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri di tubuh?

Adapun bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri di tubuh terdapat dalam sejumlah poin di bawah ini. Berikut 7 bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri di tubuh dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jahe

Bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri di tubuh salah satunya adalah jahe. Jahe cukup familiar digunakan sebagai obat herbal yang dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Kandungan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh menjadikan jahe cocok digunakan untuk pengobatan tradisional

Salah satunya adalah meredakan rasa nyeri di tubuh yang timbul akibat peradangan pada sel dan jaringan. Mengutip dari medicalnewstoday.com bersumber dari tinjauan tahun 2015 menyebutkan bahwa jahe dapat mengurangi nyeri otot pada tubuh karena aktivitas berat seperti olahraga. Bahkan kandungan senyawa dalam jahe disebut dapat mempercepat pemulihan dan mengurangi peradangan nyeri otot akibat aktivitas berat.

2. Kunyit

Bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri di tubuh selanjutnya adalah kunyit. Sama seperti jahe, bahan alami kunyit juga termasuk sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Kandungan senyawa curcumin dalam kunyit menjadikan bahan ini dapat berkhasiat meredakan rasa nyeri. Sebab curcumin merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari peradangan termasuk melawan radikal bebas. Sejumlah gangguan kesehatan seperti sakit perut, bisul, sistem pencernaan dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang bisa dibuat menjadi minuman ataupun menambahkan dalam makanan.

3. Cengkeh

Cengkeh juga termasuk bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri di tubuh serupa dengan jahe dan kunyit. Selain digunakan sebagai bumbu dalam sejumlah resep makanan, cengkeh juga sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Sebab cengkeh diketahui dapat memberi sejumlah khasiat kesehatan seperti meredakan mual serta rasa nyeri pada tubuh.

Seperti mengutip dari healthline.com, cengkeh diketahui bisa meringankan rasa nyeri akibat sakit kepala, radang rematik, hingga sakit gigi. Bahan dalam cengkeh berupa eugenol disebut menjadi salah satu alasan utama cengkeh bisa meredakan nyeri secara alami di tubuh. Untuk menggunakan cengkeh sebagai bahan alami mengatasi nyeri akibat sakit gigi dapat memanfaatkan minyak cengkeh yang dioles pada gusi. Namun konsultasi dengan dokter kesehatan sebelum menggunakan cengkeh sebagai bahan alami redakan nyeri perlu dilakukan untuk mencegah risiko kesehatan lainnya.

4. Kandungan Capsaicin

Sensasi pedas yang timbul pada bahan alami cabai merupakan efek dari kandungan capsaicin di dalamnya. Meski sering digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata kandungan capsaicin tersebut dapat berkhasiat meredakan rasa nyeri. Mengutip dari medicalnewstoday.com sebuah penelitian 2011 menyebut zat capsaicin cukup banyak ditambahkan dalam sejumlah produk krim anti nyeri. Namun khasiat tersebut masih perlu diuji lebih lanjut untuk mendapatkan efek sebenarnya dari kandungan capsaicin.

5. Minyak Esensial Lavender

Bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri lainnya juga dapat diperoleh dari minyak esensial lavender. Minyak esensial ini juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya meredakan rasa nyeri karena kandungan senyawa di dalamnya yang bermanfaat bagi tubuh.

Masih dalam sumber yang sama, sebuah penelitian menemukan minyak esensial lavender memiliki efek Pereda nyeri, anti inflamasi. Dan antioksidan pada hewan. Namun perlu diperhatikan minyak ini hanya digunakan pada penggunaan luar.

6. Air Panas dan Dingin

Bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri pada tubuh ternyata dapat dilakukan dengan memakai air panas dan dingin. Tentunya cara mudah ini cukup familiar digunakan mengatasi sejumlah masalah kesehatan tertentu termasuk meredakan rasa nyeri. Seperti diketahui kompres air dingin atau es dapat mengurangi peradangan dan bengkak pada tubuh akibat nyeri otot.

Tak hanya untuk mengatasi masalah nyeri otot atau bengkak, kompres air dingin juga bisa meringankan rasa sakit kepala. Sedangkan kompres panas dapat memberi efek serupa terutama jika mengalami masalah artritis yang dapat memberi khasiat lebih dai air dingin atau es.

7. Minyak Esensial Peppermint

Bahan alami yang bisa redakan rasa nyeri di tubuh dapat menggunakan minyak esensial peppermint sebagai pilihan lainnya. Sebab peppermint diketahui memiliki efek anti inflamasi, anti mikroba, serta dapat meredakan rasa nyeri di tubuh. Kandungan carvacrol, mentol, dan limonene dalam minyak peppermint diyakini dapat memberi sejumlah khasiat tersebut.

Minyak peppermint tersebut dapat digunakan dengan penggunaan luar yang dioles pada tubuh. Salah satu masalah kesehatan yang dapat di atasi dengan minyak esensial peppermint seperti artritis dan sakit kepala. Namun perlu diperhatikan untuk menghentikan penggunaan apabila menyebabkan alergi di tubuh.

Nah itulah 7 bahan alami ini bisa redakan rasa nyeri di tubuh, dari sakit gigi dan kepala. selain itu perlu diperhatikan apabila rasa nyeri pada tubuh tidak kunjung membaik, konsultasi dengan dokter kesehatan perlu dilakukan agar mendapat penanganan tepat. sejumlah bahan alami di atas bisa menjadi pilihan meredakan rasa nyeri di tubuh secara mudah dan minim efek samping.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI