8 Minuman Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Bangun Tidur, Bikin Segar Sepanjang Hari

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

8 Minuman Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Bangun Tidur, Bikin Segar Sepanjang Hari
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Saat bangun tidur, tubuh kita sering menunjukkan reaksi yang beragam, mulai dari pegal hingga lemas. Akibatnya, aktivitas kita jadi tertunda sebab butuh waktu untuk bisa kembali segar seperti sedia kala. Namun ternyata, ada sejumlah minuman yang baik dikonsumsi setelah bangun tidur. Minuman-minuman ini bisa berkhasiat membuat tubuh merasa lebih segar setelah bangun tidur.

Merasa lemas saat bangun tidur sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi. Pasalnya, selama tidur asupan cairan tubuh kita juga terhenti. Sehingga, saat terbangun tubuh mengalami kekurangan cairan. Oleh karena itu, setelah bangun tidur kita sangat dianjurkan untuk segera minum, khususnya meminum minuman yang menyehatkan.

Lantas, apa sajakah yang tergolong minuman sehat yang baik dikonsumsi saat bangun tidur? Disadur dari liputan6.com, berikut ulasannya.

 

1. Air Putih

Tentu sudah jadi rahasia umum kalau air putih jadi salah satu minuman yang paling menyehatkan. Ternyata salah satu waktu paling tepat untuk minum air putih adalah saat bangun tidur. Dua gelas air putih yang kita minum saat bangun tidur, akan segera mengganti asupan cairan yang kurang selama kita tertidur.

Tak hanya itu, air putih juga terbukti bisa membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu tubuh akan lebih terasa segar dan lebih siap beraktivitas.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Air Kelapa

Selain air putih, air kelapa juga termasuk minuman sehat yang baik dikonsumsi saat bangun tidur. Sama halnya air putih, selama ini air kelapa juga dikenal punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Saat diminum di pagi hari, air kelapa diyakini dapat mempercepat pergantian cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, minum air kelapa di pagi hari juga bisa membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air kelapa kaya antioksidan yang berguna untuk membuang racun dan menangkal radikal bebas.

 

3. Teh Jahe

Selain di cuaca dingin, teh jahe ternyata juga cocok dinikmati di pagi hari saat bangun tidur. Seperti yang kita tahu, jahe juga punya banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Tak sekadar menghangatkan, jahe juga selalu berhasil membuat tubuh terasa lebih segar. Bahkan, mengonsumsinya di pagi hari diyakini bisa memberi efek kesegaran sepanjang hari. Di samping itu, jahe juga dipercaya bisa mengatasi nyeri otot.

Cara membuat teh jahe juga sangatlah mudah. Kalian cukup merebus air dengan parutan jahe. Setelah mendidih, gunakan air rebusan jahe untuk menyeduh teh seperti biasa.

 

4. Air Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga terkenal mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi air kunyit di pagi hari juga bisa jadi salah satu pilihan agar tubuh segar sepanjang hari. Kunyit mengandung antioksidan dan sifat anti-kanker yang akan bekerja maksimal di pagi hari. Caranya sangatlah mudah, kalian cukup menyeduh kunyit dengan air panas.

 

5. Air Jeruk atau Lemon

Minuman sehat yang baik dikonsumsi saat bangun tidur berikutnya yakni air jeruk atau lemon. Air jeruk atau lemon mempunyai rasa asam menyegarkan. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi juga akan meningkatkan stamina tubuh.
Selain itu, dalam air jeruk dan lemon juga terkandung antioksidan dan mineral. Keduanya berguna dalam membersihkan racun dari dalam tubuh, sehingga secara tidak langsung daya tahan tubuh akan meningkat.

 

6. Teh Hijau

Teh hijau selama ini juga dikenal sebagai salah satu minuman kesehatan yang cukup populer. Dalam secangkir teh hijau terdapat zat antioksidan dapat menolak racun, menurunkan kolesterol, dan menjaga berat badan. Di samping itu teh hijau juga mengandung vitamin E dan vitamin C. Kedua jenis vitamin ini bermanfaat untuk daya tahan tubuh.

Teh hijau memang termasuk salah satu minuman sehat yang baik dikonsumsi saat bangun tidur. Meski begitu, sebaiknya teh hijau tidak diminum saat perut masih kosong, terlebih bagi kalian yang punya masalah asam lambung.

 

7. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya selama ini dikenal sebagai salah satu tanaman herbal kaya manfaat. Sering dimanfaatkan untuk kecantikan, lidah buaya ternyata juga baik untuk kesehatan. Lidah buaya bisa diolah menjadi jus yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, C, E, asam folat, dan vitamin B-12. Tak heran, jika minuman sehat ini juga baik dikonsumsi di pagi hati saat bangun tidur.

Cara membuat jus lidah buaya juga terbilang mudah. Pertama, potong daging lidah buaya. Setelah itu, campurkan potongan lidah buaya dengan segelas air hangat. Lalu, sajikan selagi hangat.

 

8. Jus atau Smoothies

Selain lidah buaya, jenis jus lainnya juga baik dikonsumsi di pagi hari. Jika kalian mempunyai bahan-bahannya, kalian juga bisa membuatnya menjadi smoothies. Jus dan smoothies tidak saja membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama tidur. Vitamin dan mineral yang terdapat dalam jus dan smoothies juga akan membuat kita lebih sehat dan segar sepanjang hari.

Itulah di antaranya beberapa jenis minuman sehat yang baik dikonsumsi saat bangun tidur. Bagaimana, tertarik mencoba dan merasakan manfaatnya?

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending