8 Penyebab Suara Serak yang Sering Terjadi, Jangan Diabaikan

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

8 Penyebab Suara Serak yang Sering Terjadi, Jangan Diabaikan
Penyebab suara serak (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Penyebab suara serak sering terjadi ketika mengalami masalah pada tenggorokan ataupun pilek. Perubahan suara secara tiba-tiba seperti lebih rendah, lemah, ataupun tidak jelas bisa dipicu beragam faktor yang perlu diwaspadai. Sebab kondisi tersebut dapat menjadi awal pertanda adanya gangguan kesehatan tertentu.

Setiap orang dapat berisiko mengalami suara serak apabila terjadi masalah pada pita suara. Pita suara berfungsi untuk memproduksi suara yang merupakan bagian dari laring. Apabila pita suara mengalami masalah seperti peradangan, hal tersebut dapat memicu perubahan pada suara yang dikeluarkan seperti serak ataupun lebih rendah.

Penyebab suara serak secara umum seringkali terjadi saat kalian merasakan masalah radang tenggorokan. Gejalanya dapat muncul seperti terasa nyeri saat menelan, batuk ataupun perubahan suara tiba-tiba. Namun suara serak juga bisa disebabkan beragam faktor pemicu yang perlu dikenali sedini mungkin.

Sebab beberapa penyebab suara serak dapat menjadi awal pertanda adanya gejala atau gangguan kesehatan tertentu. Misalnya saja seperti asam lambung ataupun gangguan tiroid. Adapun penyebab suara serak terdapat pada ulasan di bawah ini yang perlu dikenali sedini mungkin. Berikut penyebab suara serak telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Flu atau Pilek

Penyebab suara serak yang pertama dapat terjadi karena mengalami sakit flu atau pilek. Penyebab ini umum dialami banyak orang saat flu ataupun pilek disertai dengan perubahan suara menjadi lebih serak, rendah, lemah bahkan terkadang hilang. Flu atau pilek adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus.

Infeksi dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan yang mempengaruhi pita suara. Melansir dari liputan6.com, ketika mengalami flu atau pilek, pita suara juga dapat meradang hingga berpengaruh pada produksi suara yang dihasilkan. Pemeriksaan dapat dilakukan untuk mengatasi flu atau pilek dan suara serak atau bahkan hilang sementara.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mengalami Batuk

Apabila kalian pernah mengalami batuk, biasanya juga diikuti dengan masalah pada suara yang berubah. Misalnya saja serak, rendah, ataupun lemah. Ya, penyebab suara serak salah satunya dapat terjadi karena mengalami batuk. Seperti diketahui terdapat dua jenis batuk yang umum dikenal yakni batuk kering dan batuk berdahak.

Keduanya sama-sama dapat menimbulkan gejala seperti suara serak ataupun nyeri saat menelan. Pada kejadian batuk berdahak seringkali diikuti dengan sakit flu atau pilek yang terjadi karena infeksi virus. Ini menyebabkan produksi lendir berlebih yang akhirnya menimbulkan batuk berdahak. Batuk yang tak kunjung sembuh dapat menjadi pertanda mengalami batuk kronis. Kondisi tersebut diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan penanganan segera.

 

3. Masalah Pada Lambung

Penyebab suara serak selanjutnya dapat dipengaruhi oleh gangguan pada lambung. Salah satunya adalah mengalami asam lambung naik atau bahkan GERD yang menimbulkan gejala seperti nyeri, mual dan muntah, ataupun suara serak. Namun suara serak akibat asam lambung naik tidak banyak disadari. Padahal kondisi tersebut bisa menjadi salah satu alasan kalian mengalami suara serak atau perubahan pada suara.

Berkaitan dengan suara serak, asam lambung naik dapat menyebabkan iritasi pada area laring. Laring sendiri adalah bagian dari tenggorokan yang berfungsi memproduksi suara dari pita suara. Apabila iritasi terjadi, maka dapat memicu perubahan suara seperti serak.

 

4. Kebiasaan Merokok

Kandungan zat dalam rokok yang terbuat dari tembakau juga bisa menyebabkan perubahan pada produksi suara. Sebab risiko mengalami suara serak lebih mungkin meningkat pada seseorang yang termasuk perokok berat.

Perokok berat cenderung berisiko mengalami masalah kesehatan pada paru-paru atau tenggorokan seperti bronchitis. Bronchitis menyebabkan batuk kronis dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan batuk sendiri dikaitkan dengan penyebab suara serak yang juga berisiko pada perokok berat. Selain itu iritasi juga dapat terjadi pada pita suara yang memicu terjadinya suara serak.

 

5. Bersuara Berlebihan

Apabila kalian menggunakan suara berlebihan seperti bernyanyi dalam waktu lama, berteriak, ataupun berbicara dalam waktu lama juga bisa menyebabkan suara serak. Ya, mengeluarkan suara berlebihan memicu masalah pada pita suara yang akhirnya menyebabkan perubahan suara. Sebab seperti melansir dari liputan6.com, pita suara dapat mengalami cedera atau kelelahan apabila digunakan terus-menerus dan mendapat tekanan terlalu kuat. Tak heran apabila suara serak mungkin menjadi dampak buruk yang bisa terjadi apabila menggunakan suara berlebihan.

 

6. Masalah Pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid. Namun kelenjar tiroid dapat mengalami masalah hingga sebabkan gangguan kesehatan tertentu. Hal ini juga berkaitan dengan suara serak ketika mengalami masalah pada kelenjar tiroid. Melansir dari merdeka.com, gangguan kelenjar tiroid dapat memicu terjadinya penyakit gondok. Penyakit gondok bisa menimbulkan beragam gejala termasuk perubahan suara menjadi serak.

 

7. Infeksi Pada Laring

Penyebab suara serak juga dapat disebabkan ketika kalian mengalami infeksi pada laring. Infeksi laring dapat disebabkan oleh virus, jamur ataupun bakteri. Dalam hal ini infeksi pada laring dapat menyebabkan beragam masalah pada saluran pernapasan seperti, radang tenggorokan, flu, ataupun alergi. Ini menyebabkan pita suara mengalami peradangan dan membengkak. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dapat dipertimbangkan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang muncul.

 

8. Masalah Pada Pita Suara

Sejumlah masalah pada pita suara dapat terjadi seperti cedera, infeksi, ataupun polip dan nodul. Ini menyebabkan pembengkakan pita suara yang berpengaruh terhadap suara serak. Melansir dari nidcd.nih.gov, nodul dan polip pita suara terjadi karena tekanan atau gesekan berlebih. Akibatnya pita suara dapat mengalami masalah dan memicu suara serak. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi masalah yang muncul.

Nah itulah 8 penyebab suara serak yang sering terjadi. Beberapa penyebab di atas perlu diwaspadai apabila menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut bisa dipertimbangkan untuk mencegah tingkat risiko lainnya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending