8 Potret Dulu dan Sekarang Kampung Gajah, Eks Objek Wisata yang Kini Jadi Tempat Uji Nyali

Sabtu, 13 Juni 2020 13:11 Penulis: Puput Saputro
8 Potret Dulu dan Sekarang Kampung Gajah, Eks Objek Wisata yang Kini Jadi Tempat Uji Nyali
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Sempat terkenal dan hits sekitar tahun 2010-an, kini Kampung Gajah kembali jadi perbincangan. Pasalnya, setelah ditutup karena dinyatakan pailit pada akhir tahun 2017, kini Kampung Gajah menjelma jadi tempat yang terkenal seram. Padahal pada masa jaya-jayanya, tempat wisata ini selalu dipenuhi oleh pengunjung.

Setelah sekian tahun berselang, kondisi terbaru Kampung Gajah kembali terungkap lewat sebuah video tiktok yang beredar di media sosial. Di video itu, lokasi wisata yang dulunya selalu ramai pengunjung ini kini jadi sepi dan terkesan horor.

Seperti apa kondisi Kampung Gajah dulu dan sekarang? Berikut beberapa potretnya dihimpun dari berbagai sumber.

 

1. Selamat Datang

Diambil langsung dari akun instagram @kampung_gajah, foto ini memperlihatkan suasana di pintu masuk pada tahun 2015. Terlihat masih ada banyak pengunjung berlalu lalang. Bangunan dan gapura selamat datang juga masih berdiri kokoh dan sangat bersih terawat. 

2. Maskot Patung Gajah

Sesuai dengan namanya, Kampung Gajah mempunyai sebuah maskot berupa patung Gajah berukuran besar, sebesar gajah asli. Berdiri kokoh di bagian depan, patung ini seolah menyambut pengunjung yang datang. Ukurannya yang besar, membuat patung gajah ini bisa dilihat dari banyak sisi.

3. Wahana Bermain

Bagian dalam Kampung Gajah dulunya terdapat berbagai macam wahana permainan, mulai dari waterboom hingga gokart. Selain wahana permainan, Kampung Gajah yang terletak di pegunungan juga punya pemandangan yang memikat. Itulah sebabnya, pada tahun 2010-an Kampung Gajah jadi salah satu tempat wisata yang hits di kawasan Bandung.

4. Waterboom

Salah satu wahana permainan yang terdapat di Kampung Gajah adalah waterboom. Pada masanya dulu, waterboom sepertinya jadi salah satu spot paling digemari wisatawan. 

5. Suasana Suram

Inilah potongan video tiktok yang akhirnya membuat Kampung Gajah kembali ramai diperbincangkan. Dibuat oleh akun tiktok @cantikane, secara singkat video ini menunjukkan kondisi terkini dari Kampung Gajah. Salah satu bagian yang ditunjukkan dalam video adalah patung gajah. Meski patungnya masih terlihat berdiri tegak, tidak bisa dipungkiri setelah bertahun-tahun, suasana di sekitar patung kini berubah jadi suram.

6. Bangunan Kosong Terbengkalai

Tidak lagi jadi tempat wisata, Kampung Gajah kini menyisakan bangunan yang kosong dan tidak terurus. Bangunan itu pun menambah kesan suram dan horor di bekas tempat wisata ini. 

7. Menjadi Hutan

Selain bangunan kosong, berbagai wahana di Kampung Gajah juga tinggal kenangan. Berbagai peralatan wahana sudah dicopot, bangunan dirubuhkan. Waterboom sudah hampir rata dengan tanah. Yang tersisa tinggal jalanan beraspal kecil yang berkelok. Selain itu, rumput dan tumbuhan liar juga juga tumbuh tidak terurus membuat Kampung Gajah yang dulunya tempat wisata jadi tak ubahnya hutan. 

8. Sering Jadi Tempat Uji Nyali

Sejak ditutup pada 2017 lalu, sampai sekarang kondisi Kampung Gajah semakin tidak terurus. Kesan seram dan horor semakin melekat, seiring banyaknya pihak yang menggunakan tempat ini sebagai lokasi uji nyali. Bahkan, youtuber dengan konten horor, Ewing HD sudah beberapa kali membuat konten tentang tempat ini.

Itulah di antaranya, beberapa potret Kampung Gajah dulu dan sekarang. Memang cukup disayangkan ya, tempat wisata yang dulunya begitu populer kini bisa jadi seperti ini. Melihat kondisinya sekarang, bagaimana apa kalian tertarik mengunjungi tempat ini?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI