Ingin Lebih Nyenyak? Ini 6 Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

Kamis, 10 September 2020 20:11 Penulis: Dita Tamara
Ingin Lebih Nyenyak? Ini 6 Posisi Tidur yang Baik Bagi Kesehatan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Posisi tidur ternyata menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan tubuh kalian lho. Pada dasarnya, ketika seseorang tidur ingin memulihkan energi setelah seharian melakukan aktivitas. Namun tak banyak dari kalian ketika bangun tidur, justru tubuh menjadi pegal dan terasa sakit. Nah, bisa jadi kalian mengalami posisi tidur yang salah. Hal ini menjadi wajar lantaran badan sudah mengalami lelah, maka kalian menjadi tak peduli lagi posisi tidur manakah yang baik bagi kesehatan.

Tapi, perlu kalian ketahui jika posisi tidur yang berbeda akan memiliki manfaat yang berbeda juga. Beberapa penyakit mengharuskan kalian untuk tidur dengan posisi tertentu. Tidur dalam posisi yang tepat inilah nantinya dapat membantu kualitas tidur kalian. Untuk mengatasi tubuh terasa pegal, kalian bisa mempraktikkan posisi tidur yang sehat supaya tidur kalian lebih berkualitas.

Berbagai macam posisi tidur, seperti telentang, berbaring, dan tengkurap, posisi manakah yang sering kalian gunakan? Lalu, sebenarnya posisi tidur yang seperti apakah yang baik bagi kesehatan? Daripada penasaran, yuk langsung aja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Posisi Janin

Tidur meringkuk seperti janin dalam kandungan merupakan posisi tidur yang banyak digemari sebagian banyak orang. Rupanya tidur dalam posisi janin ini mempunyai banyak manfaat seperti meredakan nyeri pada punggung, dan juga dapat membantu mengurangi dengkuran.

Namun, tidur dalam posisi janin juga memiliki beberapa kelemahan. Pastikan postur tubuh kalian relatif longgar dan rileks. Jika tidak, posisi ini bisa membatasi pernapasan kalian, nyeri sendi, dan membuat tulang kalian menjadi linu ketika bangun di pagi harinya.

2. Posisi Tidur Miring ke Kanan

Posisi tidur menurut kepercayaan orang Islam yang bagus yakni menghadap ke kanan. Namun, jika dilihat dari segi medis, tidur miring ke sisi kanan rupanya dapat membuat lingkaran otot menahan asam lambung dan dapat membuat cairan asam lambung mengalir ke kerongkongan. Akibatnya, akan menimbulkan beberapa gejala seperti dada terasa perih, batuk, dan mulut terasa asam.

3. Posisi Tidur Miring ke Kiri

Bagi kalian yang mempunyai kebiasaan tidur miring ke kiri, posisi inilah yang paling benar. Sebab menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Clinical Gastroenterology yang dilansir dari laman Hellosehat, melaporkan bahwa tidur miring ke sisi kiri adalah posisi terbaik

Ketika kalian tidur miring ke kiri, maka persimpangan antara lambung dan kerongkongan akan tetap berada dia atas cairan asam lambung. Selain itu, bagi kalian ibu hamil, ada baiknya untuk menggunakan posisi tidur ke arah kiri karena dapat melancarkan sirkulasi darah ke janin.

4. Posisi Terlentang Kedua Tangan Lurus di Samping Badan

Jika kalian ingin mendapatkan manfaat baik bagi kesehatan tulang belakang dan tulang leher, maka posisi tidur terlentang dengan kedua tangan lurus di samping badan sangat cocok diterapkan. Sebaiknya hindari pula menggunakan bantal tinggi yang membuat leher kalian menjadi tertekuk ke depan.

Akan tetapi bagi kalian penderita obesitas tidur posisi ini tidak disarankan sebab dapat menimbulkan gangguan sleep apnea, atau henti napas sejenak yang membuat tidur kalian tidak berkualitas.

5. Posisi Terlentang Kedua Tangan ke Atas

Posisi tidur seperti ini sangat bagus untuk kesehatan punggung. Selain itu, tidur telentang juga membantu mencegah timbulnya kerutan dan jerawat di wajah. Kelemahan dari tidur posisi terlentang yakni bisa mengakibatkan mendengkur. Ditambah lagi mengangkat lengan ke atas bisa memberi tekanan pada saraf di bahu dan menimbulkan rasa sakit.

6. Posisi Tengkurap

Meski jarang orang yang menjadikan tengkurap sebagai posisi tidur favorit, namun tidur dengan posisi tengkurap rupanya dapat membantu mereka yang mengalami masalah dengkuran. Namun, tidur dengan posisi tengkurap juga mempunyai kelemahan seperti leher dan punggung terasa sakit. Selain itu, posisi tengkurap juga dapat menambah banyak ketegangan pada otot dan persendian. Cara mengatasinya, kalian bisa meletakkan bantal di bagian bawah perut untuk mengurangi rasa sakit di area punggung.

Itulah sederet posisi tidur yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain posisi tidur di atas, tubuh kalian juga harus diseimbangkan dengan melakukan olahraga, menghindari kafein, maupun tenangkan pikiran yang membuat kalian tidur dengan rileks. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI