9 Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Mengganggu Penampilan dengan Cara Alami

Kamis, 26 November 2020 11:33 Penulis: Dita Tamara
9 Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Mengganggu Penampilan dengan Cara Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara menghilangkan bekas cacar menjadi solusi terbaik supaya kembali tampil percaya diri. Pasalnya, lenting cacar air yang sangat gatal dapat meninggalkan bekas luka jika terus menerus digaruk. Untuk beberapa bagian tubuh yang tertutup mungkin tidak menjadi suatu masalah dengan kulit bekas cacar, tetapi bagaimana jadinya kalau bekas cacar terdapat pada wajah? Sangat mengganggu bukan?

Perlu kalian ketahui jika cacar air atau biasa disebut varisela merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster dan sangat menular. Tak hanya anak-anak, penyakit ini bisa menyerang siapa pun terutama bagi mereka yang mempunyai daya tahan tubuh yang rendah. Penyakit cacar pun akan meninggalkan bekas cacar yang sulit hilang.

Tak heran jika banyak orang yang berusaha untuk menghilangkan bekas cacar. Supaya tetap aman, kalian bisa menghilangkannya menggunakan bahan alami yang tentunya tidak menimbulkan efek samping. Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan berikut ini.

 

1. Oatmeal

Cara menghilangkan bekas cacar yang pertama kalian bisa menggunakan oatmeal. Kandungan anti radang dan antioksidan yang ada pada oatmeal dapat membantu penyembuhan masalah kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, kalian dapat mencampurkan oatmeal menggunakan air hangat. Lalu aduk hingga menjadi bubur. Bila telah selesai bisa kalian dinginkan sebelum dioleskan pada area bekas cacar. Lalu setelah dioleskan pada kulit bekas cacar, kalian bisa menunggu hingga 25 menit baru dapat dibilas dengan air bersih.

 

2. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan bekas cacar selanjutnya yaitu dengan minyak kelapa. Kandungan asam lemaknya dapat memperbaiki kulit yang rusak, merangsang produksi kolagen, dan membantu mempercepat penyembuhan kulit.

Dengan begitu, bekas cacar yang diolesi menggunakan minyak kelapa akan cepat memudar.Kalian dapat mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang memiliki bekas cacar. Ulangi cara ini minimal 2 kali dalam seminggu.

 

3. Pepaya

Cara menghilangkan cacar selanjutnya yaitu dengan menggunakan buah pepaya. Hal tersebut karena, pepaya dapat menghidrasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Dan sel kulit mati tersebut juga akan mengangkat bekas cacar secara alami menggunakan buah pepaya.

Caranya cukup mudah, kalian bisa mengambil sebagian kecil buah pepaya dan oleskan pada wajah. Kalian bisa menggunakan teknik ini secara rutin karena aman untuk kulit.

 

4. Madu

Madu memang terbukti ampuh untuk perawatan kulit, termasuk sebagai cara menghilangkan bekas cacar. Hal ini lantaran kandungan antibakteri dan antioksidan pada madu. Selain itu, madu juga akan membuat kulit kalian membentuk sel baru yang sehat serta memperbaiki kondisi kulit.

Cara menggunakannya, kalian bisa mencampurkan madu dengan oatmeal. Setelah itu, oleskan pada bekas cacar air. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

 

5. Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa kalian manfaatkan menggunakan sari lemon. Kandungan vitamin C yang kaya akan antioksidan dapat membantu memulihkan kulit yang sudah rusak.

Untuk menghilangkan bekas cacar menggunakan lemon, pertama-tama oleskan sari lemon ini dengan menggunakan kapas atau cutton but ke area kulit bekas cacar, kemudian diamkan sari lemon selama 15 menit. Bersihkan dengan air bersih yang mengalir.

 

6. Baking Soda

Tak hanya sebagai bahan untuk membuat kue, baking soda mempunyai khasiat luar biasa yakni mampu menghilangkan bekas cacar. Hal tersebut lantaran kandungan natrium bikarbonatnya yang berfungsi sebagai antiseptik, antijamur, anti peradangan hingga antibakteri.

Cara menggunakannya, campurkan 2 sendok makan baking soda dengan segelas air aduk sampai merata. Setelah itu, kalian bisa langsung mengoleskan pada kulit bekas cacar. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

 

7. Lidah Buaya

Lidah buaya yang selama ini kita ketahui manfaatnya sebagai penyubur rambut, ternyata mempunyai manfaat lainnya yaitu menghilangkan bekas cacar lho. Kandungan asam amino pada lidah buaya terbukti dapat menyembuhkan kulit yang sedang bermasalah, termasuk kulit yang memiliki bekas cacar.

Cara menggunakan lidah buaya sangat mudah, kalian hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada wajah. Diamkan hingga gel tersebut kering, dan bila telah selesai dapat kalian basuh menggunakan air.

 

8. Air Kelapa

Selain rasa segar dari air kelapa, minuman yang satu ini ternyata dipercaya sebagai cara menghilangkan bekas cacar yang terbukti ampuh. Cara mendapatkan manfaatnya, kalian hanya perlu membasuh wajah maupun kulit bekas cacar menggunakan air kelapa.

Hal ini lantaran air kelapa dapat mendetoksifikasi kulit di wajah, serta vitamin dan mineral pada air kelapa dapat menyamarkan noda hitam bekas cacar. Selain itu, kalian juga bisa meminum langsung air kelapa untuk hasil yang maksimal.

 

9. Cocoa Butter

Cocoa butter merupakan sejenis lemak yang berasal dari biji kakao atau coklat. Selain untuk membuat kue atau tambahan produk makanan lain, cocoa butter digunakan sebagai produk perawatan kulit termasuk menghilangkan bekas cacar.

Ketika kulit mendapatkan kelembaban yang cukup, hal ini dapat meregenerasi kulit sehingga bekas cacar pun memudar. Kalian bisa menemukan cocoa butter yang terdapat pada berbagai produk skincare yang mudah ditemukan.


Itulah sederet cara menghilangkan bekas cacar secara alami yang sangat efektif. Dengan menggunakan perawatan alami di atas secara rutin, maka kalian pun dapat mendapatkan kulit yang kembali mulus. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI