8 Jenis Mangga Paling Enak di Indonesia, Manis dan Menyegarkan

Rabu, 16 Desember 2020 17:33 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Mangga Paling Enak di Indonesia, Manis dan Menyegarkan
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mangga menjadi salah satu jenis buah-buahan yang banyak diminati di Indonesia. Rasa khas dari buah mangga yang manis dan menyegarkan ini sangat nikmat ketika dikonsumsi. Selain itu, mangga juga menjadi buah yang mengandung banyak vitamin dan mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Tumbuhan mangga sendiri mempunyai tinggi batang lebih dari 5 meter. Sebagai tumbuhan tropis, tak heran jika mangga tumbuh subur di Indonesia.

Namun, tahukah kalian jika mangga mempunyai beberapa jenis? Meskipun, jika dilihat sekilas pohon mangga memiliki bentuk yang cenderung sama. Akan tetapi buah yang dihasilkan tentu memiliki perbedaan. Tak hanya dari bentuk fisiknya saja, rasa dan tekstur dari setiap jenis mangga pun juga berbeda lho. Nah, untuk menambah pengetahuan kalian mengetahui mangga, nggak ada salahnya kalian juga mengetahui jenis mangga beserta rasa dan ciri khasnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

 

 

1. Mangga Arumanis

Mangga arumanis atau banyak orang yang menyebutnya mangga gadung yaitu jenis mangga yang paling populer dan kebanyakan orang menyukainya. Diketahui jenis mangga yang satu ini menjadi buah kebanggaan Probolinggo. Ciri khas dari mangga arumanis yaitu memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung meruncing. Sesuai namanya, mangga ini memang memiliki aroma harum dan rasanya manis. Kulit buah berwarna hijau, tekstur dagingnya lembut, dan tahan lama.

 

 

2. Mangga Manalagi

Selanjutnya, jenis mangga yang tak kalah populer yaitu mangga manalagi. Mangga yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki ciri khas ukurannya yang kecil dan sedang dengan kulit luar berwarna hijau tebal. Meski ukurannya tidak terlalu besar, akan tetapi jenis mangga ini memiliki daging yang begitu tebal dan padat. Cita rasa dari mangga ini sangat manis bahkan ketika dinikmati dalam keadaan belum matang pun tak kalah nikmatnya. Tak heran bila kemudian jenis mangga ini menjadi favorit semua orang.

 

 

3. Mangga Apel

Sudah bukan hal asing lagi jika mendengar sebutan mangga apel. Meski namanya gabungan dari buah apel, namun jenis mangga yang satu ini tidak ada hubungannya dengan buah apel lho. Pemberian namanya tersebut lantaran mangga ini memiliki bentuk membulat seperti halnya buah apel. Buah yang diketahui berasal dari Singapura ini memiliki dua jenis, yaitu mangga apel merah dan hijau.

Perbedaan keduanya tidak hanya pada warnanya saja, tapi juga rasanya. Jika mangga apel hijau memiliki rasa cenderung asam dan biasanya lebih cocok dijadikan rujak. Sedangkan jenis mangga apel berwarna merah memiliki aroma yang harum, tekstur lembut, dan rasa yang begitu manis.

 

 

4. Mangga Alpukat

Sama halnya dengan mangga apel, mangga alpukat juga tidak ada hubungannya dengan alpukat. Hanya saja mangga jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan alpukat, Diketahui mangga alpukat ini merupakan hasil perkawinan silang antara mangga gadung dengan mangga madu. Mangga ini terbilang unik karena cara makan mangga alpukat ini adalah dengan membelah dua bagian tengahnya dan makan dengan sendok. Selayaknya kalian makan buah alpukat.

 

 

5. Mangga Golek

Mangga golek merupakan jenis mangga yang juga mudah ditemukan di Indonesia. Jenis mangga yang satu ini memiliki ciri khas bentuk yang memanjang dan terdapat bintik-bintik putih kehijauan dan akan berubah menjadi cokelat setelah menua. Cita rasa dari mangga ini manis dan memiliki tekstur yang berserat. Probolingo, Indramayu, dan Pasuruan dikenal sebagai daerah penghasil jenis mangga golek.

 

 

6. Mangga Madu

Sesuai dengan namanya, jenis mangga madu tentu saja memiliki rasa yang begitu manis bagaikan madu, meski daging buah mangga madu yang masih putih sekalipun. Cara mengetahui mangga madu yaitu bisa dilihat dari kulitnya yang berwarna kuning cerah saat matang. Mangga jenis ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan mangga manalagi. Mangga madu tidak hanya ada di Indoensia, ada pula yang berasal dari luar negeri seperti dari India, Thailand, Hawaii, Florida dan Afrika Selatan.

 

 

7. Mangga Kweni

Jika kalian mencium aroma yang sangat berbeda dengan mangga lainnya, berarti kalian sedang mencium aroma dari mangga kweni. Jenis mangga yang satu ini memang memiliki aroma yang khas yang menyegarkan. Ciri khas dari mangga kweni yaitu memiliki daging yang buahnya cenderung berwarna kuning dan rasanya yang manis. Tekstur buah mangga kweni memiliki serat yang halus dan daging buah yang lembut. Buah ini juga sangat nikmat ketika di buat juice lho.

 

 

8. Mangga Cengkir Indramayu

Mangga Cengkir Indramayu memang menjadi jenis mangga yang terkenal di daerah Indramayu, Jawa Barat. Mangga jenis ini memiliki ciri utama ukuran buah yang cukup besar dengan serat buah yang khas. Tampilan luarnya mirip dengan mangga arumanis, yakni berbentuk bulat lonjong. Namun, mangga cengkir memiliki kulit yang lebih tebal sehingga tahan dengan benturan dan bisa disimpan jauh lebih lama. Mangga ini juga memiliki rasa yang manis dan kering. Hal ini mungkin karena Indramayu memiliki cuaca yang panas.

Itulah sederet jenis mangga yang paling populer dan menjadi favorit banyak orang. Kira-kira jenis mangga mana nih yang belum kalian coba?

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI