9 Jenis Kurma Paling Populer yang Bisa Ditemukan di Indonesia, Baik untuk Kesehatan

Rabu, 16 Desember 2020 15:33 Penulis: Dita Tamara
9 Jenis Kurma Paling Populer yang Bisa Ditemukan di Indonesia, Baik untuk Kesehatan
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kurma merupakan salah satu buah kesukaan Nabi yang sangat menyehatkan. Buah yang berasal dari Arab ini banyak diburu orang lantaran cita rasanya yang manis dan bertekstur lembut. Buah kurma sendiri memang identik dengan bulan Ramadhan lantaran disajikan sebagai takjil saat buka puasa.

Perlu kalian ketahui pula jika kurma berasal dari pohon palem yang tingginya mencapai 21-33 meter. Selain itu, memiliki daun yang panjang empat hingga enam meter. Buah kurma pun langsung bisa dimakan setelah dipanen lho. Akan tetapi yang sering kita jumpai yaitu buah kurma yang sudah dikeringkan sehingga bisa tahan hingga beberapa tahun.

Meski kurma berasal dari Arab, buah ini juga bisa di jumpai di Indonesia lho. Jika dilihat, kurma memang memiliki bentuk yang sekilas bisa dikatakan mirip. Akan tetapi, buah kurma tidak hanya ada satu atau dua jenis saja. Kurma memiliki beberapa jenis dengan ciri khas dan khasiatnya masing-masing. Penasaran? Berikut ini merupakan sederet jenis kurma yang populer dan bisa kalian temukan di Indonesia.

1. Kurma Ajwa

Jenis kurma yang pertama dan sangat populer yaitu kurma ajwa. Kurma ini juga disebut sebagai kurma nabi. Hal ini lantaran kurma ajwa merupakan salah satu kurma kegemaran Nabi Muhammad SAW. Ciri dari kurma ajwa yakni bentuknya kecil, berwarna gelap, serta dagingnya yang lebih kering dari kebanyakan kurma lainnya.Tak hanya itu, kurma yang berasal dari Madinah ini juga dikenal memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

2. Kurna Ambera

Selanjutnya, jenis kurma yang menjadi favorit yaitu kurma ambera. Diketahui kurma ini menjadi satu dari beberapa kurma dengan kualitas tertinggi. Kurma yang berasal dari wilayah Madinah, Arab Saudi ini dikenal memiliki ukuran yang sangat besar lebih besar dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Manfaat kurma ambera juga dapat menyembuhkan penyakit secara alami. Tak heran jika kurma ambera menjadi kurma yang banyak di idolakan.

3. Kurma Dayri

Jenis kurma dayri menjadi kurma yang memiliki tekstur yang lembut, sangat padat dan rasanya manis. Ukuran kurma ini berkisar mulai dari ukuran sedang hingga besar. Kurma dayri memiliki daging yang lunak dan kulit yang berwarna merah. Saat matang, kulit kurma ini berubah dari warna merah menjadi kuning, lalu berubah lagi menjadi cokelat keemasan ketika diawetkan. Sama seperti kurma barhi, kurma dayri juga memiliki tingkat kematangan yang lambat.

4. Kurma Halawy

Rasa manis dari kurma halawy memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Memiliki nama Halawy yang berarti manis, memang tak heran apabila kurma ini memiliki cita rasa legit dan semanis madu. Buah yang berasal dari Irak ini berukuran kecil hingga sedang dengan kulit berwarna cokelat keemasan dan daging buah yang lunak. Jenis kurma ini juga bisa langsung dikonsumsi beberapa saat setelah dipetik lho.

5. Kurma Safawi

Selanjutnya, jenis kurma yang tak kalah menjadi favorit yaitu kurma safawi. Jika kebanyakan kurma mempunyai warna kecoklatan, kurma safawi justru berwarna hitam. Kurma ini memiliki tekstur seperti daging dengan rasa yang sangat manis. Kurma yang dibudidayakan di Madinah ini terkenal dengan berbagai macam manfaatnya untuk kesehatan. Seratnya yang tinggi, membuat kurma jenis ini dapat melancarkan sistem pencernaan secara optimal.

6. Kurma Thory

Kurma Thory tak kalah populer di Aljazair nih. Buah yang satu ini memiliki ciri khas kulit buah yang berkerut berwarna coklat kemerahan. Kurma ini memiliki tekstur yang cukup kering dan memiliki rasa manis dan pedas. Keunikan dari thoory terletak pada warnanya yang bisa berubah. Kalau kalian awetkan, warnanya akan berubah dari cokelat kemerahan menjadi biru. Biasanya, thory disajikan dengan memasukkan kacang lebih dulu ke dalam dagingnya.

7. Kurma Palm Fruit

Bagi sebagian orang tentu saja sudah tidak asing lagi dengan jenis kurma yang satu ini. Ya, kurma jenis ini menjadi kurma yang paling banyak dicari saat Ramadhan tiba. Memiliki cita rasa manis sekaligus gurih ketika berada di mulut, kurma yang konon asal Tunisia ini juga dipercaya dapat membersihkan perut dari bekas makanan secara maksimal.

8. Kurma Deglet Noor

Selanjutnya, jenis kurma yang populer yaitu Degket Noor. Dalam bahasa Indonesia, kurma ini memiliki arti 'kurma yang bercahaya'. Hal ini karena buah kurma jenis ini memiliki warna emas atau terang ketika terkena paparan sinar matahari. Selain itu, kurma ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya mirip seperti madu. Kurma deglet noor biasanya banyak digunakan sebagai bahan masakan.

9. Kurma Kudri

Kurma khudri menjadi salah satu kurma dengan cita rasa yang manis. Kurma ini memiliki ciri warna merah kecoklatan dengan ukuran yang besar dan daging yang tebal. Kurma ini memiliki tekstur yang kering sehingga menjadi salah satu kurma yang banyak diekspor.  Bahkan, harga dari kurma ini juga sangat terjangkau.

Itulah sederet jenis kurma yang populer dan menjadi kurma favorit dengan cita rasanya. Kira-kira jenis kurma mana nih yang belum kalian coba?

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI