9 Jenis Minuman Menyehatkan Beserta Manfaatnya, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

9 Jenis Minuman Menyehatkan Beserta Manfaatnya, Baik untuk Kesehatan Tubuh
(credit: freepik)

Kapanlagi.com - Tak hanya beragam jenis makanan yang bisa membuat tubuh menjadi sehat, beragam jenis minuman juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Ya, memilih minuman yang sehat juga menjadi salah satu kunci mewujudkan pola hidup yang sehat lho. Jadi jangan anggap sepele ya, asupan minuman yang kalian konsumsi setiap harinya. Meskipun terdengar mudah dijalani, tapi sebagian orang justru merasa sulit menjalankannya lho. Itulah mengapa sangat dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk terus rutin mengonsumsi minuman sehat.

Lalu, sudahkah kalian menerapkan mengonsumsi jenis minuman sehat? Nah, jika kalian ingin benar-benar memperoleh tubuh yang sehat, ada baiknya kalian juga mengetahui jenis minuman sehat yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Kira-kira apa saja? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Air Perasan Lemon

Jenis minuman sehat pertama yang baik dikonsumsi yaitu air perasan lemon. Manfaat dari air perasan lemon memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Air lemon sendiri mempunyai rasa asam menyegarkan. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan membantu meningkatkan stamina tubuh dan kekebalan tubuh.

Selain itu, dalam air jeruk dan lemon juga terkandung antioksidan dan mineral. Keduanya berguna dalam membersihkan racun dari dalam tubuh, sehingga secara tidak langsung daya tahan tubuh akan meningkat. Kalian bisa mengonsumsi satu gelas air perasan lemon setiap paginya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Air Kelapa

Minuman menyehatkan dan menyegarkan selanjutnya yaitu air kelapa. Nggak heran nih jika minuman satu ini begitu populer, dan masih menjadi salah satu air buah yang sangat digemari. Diketahui, rajin mengonsumsi air kelapa murni dapat membantu mengembalikan kebugaran tubuh setelah lelah melakukan aktivitas.

Selain itu, air sari kelapa juga diketahui memiliki kandungan potasium tinggi tapi dengan jumlah kalori yang sedikit, sehingga cocok diminum bagi kalian yang sedang menjalani diet. Air kelapa juga menjadi pilihan yang tepat untuk membuang racun dalam tubuh lho.

3. Infused Water

Selanjutnya, jenis minuman yang menyehatkan yaitu infused water. Infused water sendiri merupakan air mineral yang dicampurkan dengan berbagai potongan buah, sayur, dan rempah. Jenis minuman yang satu ini sangat erat dengan manfaatnya untuk melancarkan sistem pencernaan, detoksifikasi, dan membantu menurunkan berat badan. Supaya nggak bosan, kalian bisa mengombinasikan berbagai bahan infused water supaya nggak bosan.

4. Teh Hijau

Teh hijau menjadi salah satu bahan alami yang begitu direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tanaman herbal ini tinggi antioksidan seperti asam amino, polifenol, enzim dan juga vitamin B, folat, dan magnesium yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Teh hijau juga banyak dimanfaatkan untuk menjaga dan merawat kecantikan wanita dari luar maupun dalam. Dengan begitu, kalian bisa mengonsumsi teh hijau secara rutin.

5. Teh Jahe

Selain teh hijau, teh jahe juga menjadi salah satu alternatif jenis minuman yang menyehatkan. Jahe sendiri sudah terbukti sebagai rempah yang baik untuk mengatasi masalah perut dan meringankan pencernaan. Kalian bisa membuat secangkir jahe segar dengan merendam satu atau dua irisan tipis jahe segar dalam secangkir air panas.

6. Yogurt

Jenis minuman menyehatkan selanjutnya yaitu yogurt. Yogurt sendiri merupakan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yogurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai.Yogurt sendiri termasuk sumber makanan tinggi probiotik, bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Minuman populer di berbagai belahan dunia ini pun banyak dicari orang karena rasanya yang lezat dan beragam manfaat untuk tubuh. Ada baiknya, kalian mengonsumsi yogurt dalam kondisi perut kosong.

7. Susu Rendah Lemak

Susu memang menjadi minuman pilihan banyak orang untuk kesehatan tubuh. Namun, alangkah baiknya, kalian memilih jenis susu yang rendah lemak ya. Sebab, susu rendah lemak memiliki kandungan yang baik seperti protein, kalsium, dan vitamin D. Susu rendah lemak juga dianggap lebih baik dibandingkan susu sapi murni karena kandungan lemak jenuhnya yang sangat minim.

8. Jus dan Smoothies

Sudah tidak diragukan lagi jika jus dan smoothies menjadi salah satu minuman menyehatkan yang baik untuk kalian konsumsi. Sebab, buah-buahan maupun sayuran yang kaya akan vitamin sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh sehingga membuat segar sepanjang hari. Kalian bisa mengombinasikan jenis jus dan smoothies setiap harinya sesuai selera.

9. Air Putih

Terakhir, air putih rupanya menjadi minuman menyehatkan yang paling diincar oleh banyak orang. Tak perlu ribet, kalian hanya perlu mengonsumsi air putih 8 gelas perharinya untuk memberikan asupan cairan pada tubuh. Selain itu, air putih juga terbukti bisa membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu tubuh akan lebih terasa segar dan lebih siap beraktivitas.

Itulah sederet jenis minuman menyehatkan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsinya secara teratur ya. Kira-kira, jenis minuman mana nih yang menjadi favorit kalian?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending