9 Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam untuk Pemula

Selasa, 15 Desember 2020 10:22 Penulis: Dita Tamara
9 Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam untuk Pemula
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Apakah kalian salah satu orang yang suka bercocok hidroponik di rumah? Bercocok tanam dengan cara hidroponik memang lagi banyak diminati oleh masyarakat nih. Apalagi buat kalian yang cocok tinggal di perkotaan, sebab menanam hidroponik tidak membutuhkan tanah yang luas. Hidroponik hanya mengandalkan air dengan nutrisi yang baik untuk bertanam. Dengan begitu, kalian tetap bisa membuat perkebunan di lahan yang sempit.

Tanaman yang tumbuh dengan sistem hidroponik berproduksi dengan cepat dan tidak membutuhkan media tanam luas. Agar dapat tumbuh dengan baik, tanaman hidroponik amat bergantung pada berbagai faktor seperti pencahayaan, kualitas air, dan sirkulasi udara yang baik. Kelebihan dari tanaman hidroponik sendiri sangat bagus untuk membantu melestarikan lingkungan. Sebab, tanaman ini tidak memerlukan tanaman pupuk maupun pestisida. Tak heran jika kalian ingin menanam jenis sayuran hidroponik sangat aman untuk dikonsumsi. Nah, sebelum kalian mencoba untuk menanamnya, ada baiknya kalian mengetahui jenis tanaman hidroponik. Apa saja? simak ulasannya berikut ini.

1. Bayam

Jenis tanaman hidroponik yang pertama yaitu bayam. Bagi kalian yang sangat menyukai sayur ini, wajib banget nih menanam tanaman hidroponik jenis ini. Dengan memanfaatkan metode ini, tak memerlukan waktu lama bayam pun akan tumbuh dengan cepat dan siap dipanen. Selain itu, kandungan nutrisi dalam bayam akan dapat terpenuhi. Dengan begitu, sayur bayam bisa menjadi rekomendasi yang baik untuk kalian memulai menanam tanaman hidroponik di rumah.

2. Tomat

Selanjutnya, jenis tanaman hidroponik yang bisa kalian tanam di rumah yaitu tomat. Meski mudah, kunci dari tanaman hidroponik jenis ini yaitu harus memilih bibit dengan kualitas yang bagus. Sebab, hal tersebut dapat memengaruhi hasil panennya nanti. Ada baiknya pula kalian menggunakan media sabut kelapa saat melakukan penyemaian bibit tomat. Setelahnya, kalian hanya perlu melakukan perawatan rutin hingga tomat siap dipanen.

3. Daun Mint

Daun mint yang biasa digunakan sebagai campuran di dalam minuman seperti teh atau perasa dalam berbagai macam kue ternyata juga bisa dijadikan sebagai tanaman hidroponik. Bahkan, cara menanamnya pun terbilang sangat mudah. Hal ini lantaran akar dari daun mint dapat menyebar dengan cepat. Oleh karena itu, tumbuhan ini ideal untuk ditanam secara hidroponik karena akan cepat menyerap air yang menjadi nutrisi utama.

4. Seledri

Daun seledri yang sering kalian jumpai pada makanan juga dapat menjadi salah satu jenis hidroponik yang bisa kalian tanam di rumah. Sayur dengan bau yang khas ini juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Kalian bisa menanam tanaman ini menggunakan sistem sumbu atau wick. Tak hanya itu saja, seledri juga bisa ditanam menggunakan metode hidroponik lainnya seperti rakit apung.

5. Selada

Jenis tanaman hidroponik selada rupanya menjadi tanaman hidroponik populer yang sering sekali kalian jumpai. Ya, rupanya selada memang menjadi salah satu sayuran yang populer untuk diolah menjadi berbagai makanan dan masakan. Selada memnag memiliki banyak mineral dan nutrisi, meski begitu, menanam sayuran selada dengan metode hidroponik juga cukup sederhana dan mudah. Waktu pertumbuhan selada yang normal adalah sekitar 40-60 hari tergantung pada jenisnya. Dengan teknologi penanaman sayuran hidroponik, panen selada hanya 24-30 hari.

6. Sawi Hijau

Jenis tanaman hidroponik yang tak kalah mempunyai manfaat baik yaitu kalian bisa memanfaatkan menanan sawi hijau. Kelebihan menanam jenis tanaman ini yaitu bisa ditanam di mana pun dan tahan terhadap hujan sehingga dapat tumbuh sepanjang tahun. Jika kalian ingin membudidayakan jenis tanaman hidroponik yang satu ini, justru menjadi pilihan yang tepat ketimbang kalian menggunakan cara konvensional.

7. Kale

Selanjutnya, jenis tanaman hidroponik yang bisa jadi referensi ditanam di rumah yaitu kale. Banyaknya permintaan pasar untuk sayur jenis ini, tak heran banyak petani yang kemudian membudidayakan tanaman ini menggunakan metode hidroponik. Adapun sederet manfaat kale yang baik bagi kesehatan yaitu dapat mencegah kanker, memiliki anti obesitas, dan anti osteoporosis. Dengan begitu banyaknya varian sayur, kalian bisa menambahkan kale di daftar list menanam kalian.

8. Kangkung

Kangkung rupanya menjadi salah satu tanaman yang paling sering diolah masyarakat Indonesia untuk menjadi sayur. Rupanya, kalian juga bisa lho menanamnya sendiri menggunakan metode hidroponik.

Mengonsumsi kangkung juga bisa membantu kamu menjaga kesehatan mata, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, dan masih banyak lagi. Melihat banyaknya manfaat kangkung, nggak ada salahnya buat kalian menanam tanaman kangkung menggunakan metode hidroponik.

9. Cabai

Ternyata, cabai menjadi salah satu jenis tanaman hidroponik yang mudah untuk ditanam. Tak hanya mudah, banyaknya kegunaan cabai untuk bahan masakan sehari-hari tentu saja membuat kalian ingin menanam cabai di pekarangan rumah. Dengan begitu, jenis tanaman hidroponik yang satu ini sangat cocok untuk kalian coba. Bahkan, perawatan cabai pun terbilang sangat mudah dan tak perlu perawatan intensif seperti jenis tanaman lain. Terpenting, kalian cukup memilih bibit cabai yang unggul dan mencukupi kebutuhan nutrisi air dengan baik.

Itulah sederet jenis tanaman hidroponik yang bisa kalian tanam sendiri di pekarangan rumah. Jenis tanaman yang mana dulu nih yang ingin kalian coba? Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI