Arti dari Barakallah Fii Umrik dan Cara Menjawabnya, Lalu Apa Hukum Merayakan Ulang Tahun dalam Islam?

Senin, 22 November 2021 14:22 Penulis: Dhia Amira
Arti dari Barakallah Fii Umrik dan Cara Menjawabnya, Lalu Apa Hukum Merayakan Ulang Tahun dalam Islam?
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Ucapan Barakallah Fii Umrik dari teman ataupun keluarga mungkin sudah tak asing didengar. Namun apakah KLovers tahu arti dari Barakallah Fii Umrik itu? Apakah arti dari Barakallah Fii Umrik adalah sebuah doa? Ya, dalam agama Islam, setiap ucapan yang diberikan harus memiliki nilai baik.

Salah satunya nilai baik dalam memberikan doa pada seseorang. Barakallah Fii Umrik merupakan sebuah ucapan yang sering diberikan saat seseorang sedang berulang tahun. Ya, selain Happy Birthday, muslim memiliki cara lain dalam mengungkapkan ulang tahun pada seseorang dalam bentuk doa.

Tidak hanya perlu mengetahui arti dari Barakallah Fii Umrik, nyatanya KLovers juga perlu memahami arti dari Barakallah Fii Umrik sendiri. Dan bagaimana hukumnya merayakan ulang tahun di Islam. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah arti dari Barakallah Fii Umrik beserta cara menjawabnya, dan hukum merayakan ulang tahun.

1. Arti Barakallah Fii Umrik

Sebenarnya apa sih arti dari Barakallah Fii Umrik? Ya, arti dari Barakallah Fii Umrik yaitu "Semoga Allah memberkahimu". Barakallah Fii Umrik merupakan sebuah doa dan makna baik yang kita berikan pada seseorang.

Untuk memahami arti Barakallah Fii Umrik, harus kita jabarkan. Barakallah dalam bahasa Arab berarti 'Semoga Allah SWT memberikan berkah' atau 'Semoga Allah memberkahi'. Sementara umrik dalam bahasa Indonesia berarti 'umur'.

Sehingga, memahami Barakallah Fii Umrik arti dalam bahasa Indonesia adalah 'Semoga Allah memberkahi umurmu'. Selain itu, ada pula cerita di zaman nabi dimana para sahabat Rasulullah SAW mengucapkan sebuah selamat. Dilansir dari laman NU Online, ada dalil qiyas untuk peristiwa mengucapkan Barakallah Fii Umrik. Mengqiyaskan hal ini dengan perilaku sahabat nabi seperti riwayat berikut ini:

Imam Bukhari meriwayatkan bahwa sewaktu sahabat Ka'ab bin Malik menerima kabar gembira dari Nabi SAW mengenai penerimaan taubatnya. Sahabat Thalhah bin Ubaidillah menyampaikan kepadanya ucapan selamat (tahni'ah). Berdasarkan riwayat tersebut, maka hukum memberikan sebuah selamat adalah mubah, bahkan sebagian ulama mengatakan sunnah.

Rasulullah SAW memberi tahu kepada kami tentang diterimanya taubat saat Subuh, Saya (Ka'b bin Malik) berjalan menuju Rasulullah SAW, lalu para Sahabat menemui saya secara berkelompok seraya mengucapkan selamat. Mereka berkata: "Selamat atas diterimanya taubatmu oleh Allah"(HR al-Bukhari).

2. Jawaban dari Barakallah Fii Umrik

Bila kita mendapatkan sebuah ucapan Barakallah Fii Umrik, tentu kita juga perlu memberikan sebuah jawaban atas ucapan tersebut. Baik bagi seorang muslim untuk menyambut doa baik dengan memberikan doa yang baik pula. Tidak jauh beda dengan ucapan Barakallah Fii Umrik, ada pula beberapa jawaban yang bisa kalian sampaikan untuk membalas ucapan Barakallah Fii Umrik.

1. Wa Fiika Barakallah: Semoga Allah juga memberkahimu (pria).

2. Wa Fiiki Barakallah: Semoga Allah juga memberkahimu (wanita).

3. Wafiikum Baarakallah: Semoga Allah juga memberkahi kalian semua (Jamak).

3. Hukum Merayakan Ulang Tahun dalam Islam

Sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana memberikan sebuah selamat pada seseorang hukumnya mubah. Beberapa ulama ada yang mengatakan hukum dalam mengucapkan Barakallah Fii Umrik di ulang tahun adalah sunnah namun dengan catatan tanpa melakukan hal-hal munkar atau keluar dari syariat agama di dalamnya.

Untuk memahami lebih jelas bagaimana hukum mengucapkan ulang tahun dalam agama Islam. Berikut ini ada penjelasan hadis tentang hukum yang berasal dari kitab "al-iqna" juz 1 hal: 162, yang dikutip dari laman NU Online.

"Imam Qommuli berkata: kami belum mengetahui pembicaraan dari salah seorang ulama kita tentang ucapan selamat hari raya, selamat ulang tahun tertentu atau bulan tertentu, sebagaimana yang dilakukan oleh banyak orang, akan tetapi al-hafidz al-Mundziri memberi jawaban tentang masalah tersebut: memang selama ini para ulama berselisih pendapat, menurut pendapat kami, tahni'ah itu mubah, tidak sunnah dan tidak bid'ah, Imam Ibnu Hajar setelah mentelaah masalah itu mengatakan bahwa tahni'ah itu disyari'atkan, dalilnya yaitu bahwa Imam Baihaqi membuat satu bab tersendiri untuk hal itu dan dia berkata: "Maa ruwiya fii qaulin nas" dan seterusnya, kemudian meriwayatkan beberapa hadits dan atsar yang dla'if-dla'if".

Namun secara kolektif riwayat tersebut bisa digunakan dalil tentang tahni'ah. Secara umum, dalil tahni'ah bisa diambil dari adanya anjuran sujud syukur dan ucapan yang isinya menghibur sehubungan dengan kedatangan suatu nikmat atau terhindar dari suatu mala petaka.

Dan juga dari hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa sahabat Ka'ab bin Malik sewaktu ketinggalan atau tidak mengikuti perang Tabuk dia bertaubat. Ketika menerima kabar gembira bahwa taubatnya diterima, dia menghadap kepada Nabi SAW. Maka sahabat Thalhah bin Ubaidillah berdiri untuk menyampaikan ucapan selamat kepadanya.

4. Contoh Ucapan Menggunakan Barakallah Fii Umrik

Setelah mengetahui arti dari Barakallah Fii Umrik, serta hukum mengucapkannya di dalam Ulang Tahun. Maka berikut ini ada beberapa contoh kata atau kalimat yang bisa kalian gunakan dalam mengucapkan Barakallah Fii Umrik. Berikut ini beberapa contoh kalimat dari Barakallah Fii Umrik tersebut:

1. "Barakallahu fii umrik wahai soohibuni, semoga selalu diberi umur yang berkah, sehat selalu dan bahagia di dunia dan akhirat."

2. "Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak."

3. "Barakallahu fii umrik ukhti (saudara perempuan). Semoga selalu diberi kesehatan, selalu diberi umur yang berkah, dan sukses selalu, amin."

4. "Barakallahu fii umrik anakku. Semoga keberkahan menyertai perjalanan usiamu. Jadikan mimpi dan harapanmu sebagai pemacu untuk semakin giat belajar. Doaku menyertai setiap langkahmu!"

5. "Selamat ulang tahun Nak! Semoga engkau menjadi lebih baik, lebih sholeh,dan bisa menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus ayah bunda menyertai langkahmu."

6. "Barakallah fii umrik Sahabatku, Semoga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih bertaqwa lagi, dan semoga engkau selalu diberikan rezeki yang berlimpah serta keselamatan di dunia dan akhirat nanti."

7. "Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak."

8. "Met milad, barakallahu fii umrik, semoga cita-citanya tercapai, senantiasa ada di dalam rahmat Allah."

9. "Barakallahu fii umrik yaa. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat."

10. "Barakallah fii umrik, Ibuku tersayang. Semoga selalu sehat, panjang umur dan bahagia menyaksikan anak-anaknya tumbuh dewasa dan sukses."

11. "Barakallahu fii umrik suamiku! Semoga di tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang, kamu selalu sehat dan bahagia. Selamat ulang tahun."

12. "Miladuki sa'idy istriku. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikan-Nya, semoga dapat menjadi wanita yang dirindukan oleh surga dan menjadi istri serta ibu yang dilimpahkan kebahagiaan selalu. Amin."

13. "Barakallah fii umrik ya, suami, ayah dari anak-anakku. Semoga engkau selalu dalam keberkahan."

14. "Barakallahu fii umrik. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat."

15. "Barakallah fii umrik! Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat di sepanjang fase kehidupan kamu ke depannya, termasuk kesehatan dan umur yang panjang."

Itulah arti dari Barakallah Fii Umrik yang bisa kalian ketahui. Bukan hanya arti dari Barakallah Fii Umrik saja, kalian juga bisa mengetahui bagaimana hukum mengucapkan Barakallah Fii Umrik dalam ulang tahun.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI