Ini 6 Tanda Stres yang Bisa Kalian Ketahui Lewat Kulit

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

Ini 6 Tanda Stres yang Bisa Kalian Ketahui Lewat Kulit
Tanda-tanda stres (credit: Freepik)

Kapanlagi.com - Kulit memang menjadi salah satu hal yang selalu dijaga agar tidak rusak. Dan kerusakan kulit juga bisa terjadi karena beberapa hal loh KLovers, dan salah satunya stres. Maka dari itu tanda stres bisa kalian ketahui hanya dengan lewat kulit kalian.

Tanda-tanda kulit akan berbeda, sesuai dengan stres apa yang kalian alami. Dan hal ini tidak bisa dibiarkan ya KLovers, harus segera kalian sembuhkan. Kira-kira apa saja ya tanda stres yang bisa membuat kulit rusak? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek.

 

 

1. Iritasi yang Berlebihan

Kesehatan pada kulit memang sering menjadi masalah, salah satunya ruam kemerahan, eksim, dermatitis, dan rosasea yang biasa timbul akibat adanya peradangan pada kulit. Namun, penelitian membuktikan bahwa kondisi otak yang sedang stres juga akan memengaruhi kesehatan kulit loh.

Saat kalian mengalami stres yang berlebihan, maka hal ini bisa terjadi. Maka dari itu mengatasi peradangan kulit akibat stres bisa dilakukan dengan mengenali dan menghilangkan pemicunya. Atau kalian bisa optimalkan dengan pola makan sehat, rutin berolahraga, atau terapi tertentu.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Minyak Berlebihan dan Jerawat

Ternyata kondisi minyak berlebih serta jerawat juga mampu menjadi salah satu tanda seseorang mengalami stres loh KLovers. Dan hal ini biasanya terjadi pada kalian yang seorang wanita. Hal ini karena, emosi yang tidak terkontrol dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh.

Dan jerawat bisa muncul akibat ketidakseimbangan hormon yang merangsang peningkatan produksi minyak. Itulah mengapa mengetahui masalah dalam kulit kalian dengan mengetahui emosi pada tubuh dapat membuat kulit lebih sehat.

3. Kulit Kepala Berminyak

Bukan hanya kulit wajah saja, nyatanya kulit kepala juga mampu mempengaruhi seseorang yang sedang stres loh KLovers. Karena saat kulit kepala berminyak secara berlebihan, itu dapat menimbulkan kerontokan rambut.

Namun bukan berarti hal tersebut menjadi penyebab utama stres ya KLovers. Kalian bisa memeriksakan hal tersebut pada dokter untuk memastikannya. Dalam kasus kulit kepala berminyak dan mengelupas, ini bisa menandakan gejala eksim. Lalu, pada kondisi rambut rontok bisa jadi itu tanda kekurangan nutrisi tertentu.

Jadi jangan langsung menyimpulkan bahwa itu merupakan tanda stres. Namun hal tersebut juga bisa menjadi hal utama kalian terkena stres. Maka dari itu periksakan pada dokter adalah hal yang utama bila gejala ini terjadi.

4. Kulit di Mata Menghitam

Siapa yang di sini memiliki mata panda? Setiap orang biasanya akan memiliki mata panda bila merasa lelah dan kurang istirahat. Dan ternyata hal tersebut memang benar loh KLovers, lingkar hitam di mata menandakan waktu tidur yang kurang.

Selain itu stres juga mampu membuat mata memiliki kantung mata. Hal ini karena pembuluh darah di bawah mata menjadi lebih kendur dan membengkak akibat stres. Kalau sudah seperti ini obatnya adalah istirahat yang cukup ya KLovers.

Kalian bisa mengurangi aktivitas smartphone di malam hari sebelum tidur. Selain itu mencoba kegiatan seperti yoga hingga mengenakan minyak esensial, agar pikiran tenang dan mudah untuk tidur di malam hari.

5. Garis Halus di Wajah

Garis halus di wajah nyatanya menjadi tanda stres loh pada seseorang. Stres nyatanya memang mampu membuat orang lebih tua dengan memberikan kerut di wajah. Dan kerut di wajah ini biasanya terjadi akibat seseorang marah yang terlalu sering atau berlebihan.

Raut muka marah bisa meninggalkan tanda pada wajah, seperti garis di sekitar bibir, kerutan di sekitar mata, dan garis di antara alis bila hal ini sering dilakukan. Dan cara untuk menghilangkan ini cukup mudah kok KLovers, tidak perlu perawatan yang sulit.

Kalian hanya perlu mengurangi kegiatan marah yang terlalu berlebihan, dan hidup lebih tenang serta rileks. Selain itu kalian bisa melakukan pijatan halus di sekitar wajah yang terkena kerutan secara perlahan setiap waktu dengan rutin.

6. Luka yang Lama Sembuh

Dan tanda stres yang terakhir yaitu ketika luka yang kalian miliki tidak kunjung sembuh. Yup! Kulit yang terkena dampak stres cenderung lebih lemah dan rentan terkena infeksi. Akhirnya kemampuan kulit untuk menyembuhkan luka, bekas luka, dan jerawat menjadi menurun.

Bila hal ini terjadi maka kalian bisa menggunakan produk berbahan dasar gliserin serta asam hialuronat. Hal ini karena kedua obat tersebut dapat mengatasi efek paparan sinar matahari yang berlebihan, sehingga penyembuhan luka lebih cepat kering.

Itulah 6 tanda stres yang bisa kalian lihat dari kulit di tubuh kalian. Tanda-tanda di atas bukan berarti semua stres ya KLovers, pola hidup tidak sehat juga mampu mempengaruhi kerusakan pada kulit. Jadi ada baiknya berkonsultasi pada dokter.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending