Tak Kalah dari Madu, 7 Manfaat Sarang Lebah Bagi Kesehatan

Selasa, 20 Oktober 2020 16:33 Penulis: Dita Tamara
Tak Kalah dari Madu, 7 Manfaat Sarang Lebah Bagi Kesehatan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mendengar sebutan lebah pasti yang ada di benak kalian yaitu hewan penyengat yang terkenal dengan madunya yang manis alami. Namun, tidak hanya madu yang sangat berguna melainkan sarang lebah pun sangat berguna bagi kesehatan. Sudah bukan jadi rahasia umum jika lebah madu menghasilkan sarang yang terdiri dari lilin lebah.

Sarang lebah sendiri memiliki struktur berbentuk segi enam yang digunakan untuk menyimpan madu. Nah, lilin yang digunakan menyimpan madu inilah memiliki nilai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Jangan khawatir, sebab semua sarang lebah dapat dimakan termasuk sel lilin dan madu mentah yang dikandungnya. Madu mentah mengandung enzim dan antioksidan, sedangkan lilin lebah mengandung asam lemak rantau panjang dan alkohol yang bermanfaat bagi kesehatan.

Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Melindungi Kesehatan Fungsi Hati

Sarang lebah pada madu murni mengandung banyak antioksidan yang berguna bagi tubuh manusia. Nah, salah satu manfaat antioksidan sendiri dapat melindungi organ hati manusia. Menurut sebuah penelitian, seseorang diuji untuk mengonsumsi lilin selama 24 minggu. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa hal tersebut dapat membantu menormalkan fungsi hati dan memperbaiki gejala perlemakan hati.

Meski begitu, belum diketahui pasti berapa jumlah banyak sarang lebah yang harus dikonsumsi untuk mencapai manfaat tersebut. Studi ini diterbitkan dalam edisi Juli 2013 Journal of Internal Medicine Korea.

2. Turunkan Kolesterol

Asam lemak dan alkohol dari rantai madu mempunyai manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, pada manusia data klinis dalam sebuah studi menunjukkan bahwa asam lemak dan alkohol sarang lebah menurunkan lipoprotein densitas rendah sebesar 21 hingga 29 persen. Selain itu, antioksidan madu dapat membantu melebarkan arteri yang menuju ke jantung.

3. Anti Tumor

Tumor menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti lantaran hal tersebut bisa berubah menjadi tumor ganas. Tumor sendiri merupakan sel cacat atau bebas yang secara tiba-tiba menjadi tidak terkendali. Kecacatan pada sel ini disebabkan oleh berkurangnya anti oksidan tubuh untuk melindungi sel dari serangan radikal bebas.

Untuk itu, mengonsumsi sarang lebah bisa menjadi pilihan yang efektif guna melindungi diri dari tumor. Hal ini lantaran sarang lebah mengandung banyak antioksidan yang baik bagi kesehatan.

4. Membantu Metabolisme Glukosa

Tubuh manusia sangat membutuhkan glukosa. Hal ini lantaran glukosa dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh. Rupanya, kandungan alkohol lilin yang ada pada sarang lebah dapat meningkatkan metabolisme glukosa sehingga dapat mengembalikan energi kalian.

Selain itu, sarang lebah juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk pengganti gula bagi penderita diabetes. Sebab, ekstrak alkohol yang terdapat pada lilin lebah dapat mengurangi kadar insulin lebih rendah sehingga baik bagi penderita diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Selanjutnya, sarang lebah ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan mulut. Ya, sebab sarang lebah terdapat antibakteri yang bisa membersihkan dan menyembuhkan infeksi gigi maupun gusi. Getah madu yang ada dalam sarang lebah juga bisa menghilangkan plak pada gigi, sekaligus memperkuat gusi. Lantaran banyaknya manfaat sarang lebah, tidak ada salahnya kalian untuk rutin mengonsumsinya.

6. Mengobati Peradangan

Sarang lebah mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan protein yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, sarang lebah juga bisa mengobati peradangan akibat bakteri maupun virus. Hal ini lantaran adanya kandungan bioflavonoidnya yang dapat membunuh virus maupun bakteri dalam tubuh.

7. Perawatan Luka

Mengonsumsi sarang lebah ternyata dapat membantu perawatan luka. Hal ini lantaran sarang lebah dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan jamur tertentu. Sebuah studi menunjukkan jika ekstrak lilin lebah dapat melindungi luka dari jamur penyebab penyakit.

Itulah sederet manfaat sarang lebah bagi kesehatan. Meski mempunyai banyak manfaat, namun sarang lebah tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak ya. Sebab, hal ini bisa memicu sakit perut maupun alergi. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI