Bisa Picu Penyakit Serius, Ini 7 Cara Mengencerkan Darah Kental Pada Tubuh

Sabtu, 26 September 2020 13:44 Penulis: Dita Tamara
Bisa Picu Penyakit Serius, Ini 7 Cara Mengencerkan Darah Kental Pada Tubuh
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Apakah kalian pernah mendengar istilah darah kental? Darah kental sendiri suatu kondisi di mana darah seseorang lebih kental yakni tebal dan lengket dari darah normal. Pengentalan darah terjadi ketika adanya kelainan dalam proses pembekuan. Dalam kondisi normal, menggumpalnya darah ini terjadi ketika tubuh mengalami luka. Setelah penyembuhan luka selesai, gumpalan darah yang terbentuk ini akan hilang.

Namun, pada kondisi darah kental, gumpalan darah ini dapat terjadi meskipun tubuh sedang tidak mengalami luka. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko mengalami darah kental, seperti keturunan, obat-obatan tertentu, gumpalan kolesterol di pembuluh darah, memiliki penyakit tertentu seperti kanker, diabetes, hingga radang pembuluh darah, obesitas, hingga kebiasaan hidup kurang sehat.

Kondisi ini tergolong berbahaya karena bisa membuat penderitanya kehilangan nyawa sebab meningkatkan risiko penggumpalan darah secara spontan. Mengingat pentingnya peranan darah sangat penting untuk pengangkut zat-zat yang diperlukan tubuh untuk disalurkan ke organ-organ, kalian juga harus peduli dengan kesehatan tubuh supaya terhindar dari pengentalan darah.

Biasanya, gejala umum yang dirasakan oleh penderita darah kental seperti, sakit mata, terasa sakit kepala, badan menjadi lemas, pusing, migrain dengan frekuensi yang sering, mudah mengantuk, pegal, hingga mengalami gejala anemia. Maka dari itu, perlunya menerapkan langkah aman untuk mengencerkan kembali darah kental tersebut dengan mengonsumsi makanan seperti berikut ini.

 

 

1. Konsumsi Jus Kiwi

Cara mengencerkan dara yang pertama yakni kalian bisa secara rutin mengonsumsi jus kiwi. Rasanya yang menyegarkan dari jus tersebut, ternyata juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Kiwi cukup berkhasiat dalam menunjang program diet dan membantu menyehatkan jantung. Orang yang mengonsumsi 2-3 buah kiwi per hari mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena risiko pembekuan darah dapat dikurangi.

2. Nanas

Selain rasa yang nikmat dari buah nanas, ternyata buah berwarna kuning ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Tak hanya itu saja, kandungan bromelain dalam nanas cukup membantu meminimalkan risiko pembekuan darah abnormal, maupun mengurangi pembentukan plak di arteri. Sehingga mengonsumsi nanas tiap hari juga dianjurkan sebagai makanan pengencer darah dalam tubuh. Untuk mengonsumsinya, kalian bisa memakan buah nanas segar secara langsung.

3. Kunyit

Kunyit sebagai salah satu bumbu dapur yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat membantu mengencerkan darah. Rempah berwarna kuning ini mempunyai kandungan kurkumin yang berperan sebagai antikoagulan. Nah, kurkumin inilah yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan menghambat faktor-faktor pembekuan darah. Kalian bisa mengolah kunyit menjadi jamu, menambahkannya dalam makanan, atau mengonsumsi suplemen kunyit.

4. Konsumsi Kacang Almond

Seperti yang kita tahu jika manfaat kacang almond sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kacang almond rupanya juga mempunyai manfaat untuk mengencerkan darah pada tubuh. hal ini lantaran kacang almond mengandung vitamin E yang dapat dikategorikan sebagai antikoagulan ringan.  Selain kacang almond, kalian bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E lainnya seperti biji-bijian, minyak biji gandum, atau biji bunga matahari.

5. Bawang Putih

Keberadaan bawang putih memang tidak lepas dari beragam manfaatnya yang baik bagi kesehatan. Bawang putih memiliki sifat antibiotik alami dan antimikroba. Nah, mengonsumsi satu suing bawang putih saja mengandung alisin, yakni senyawa aktif yang dipercaya berperan menjadi antikoagulan.

6. Tomat

Selain keberadaan tomat yang mudah ditemukan, namun ternyata rasa segar dari tomat mampu mengencerkan darah pada tubuh lho. Hal ini karena tomat mengandung enzim bromelain yang membantu mengencerkan darah. sebaiknya, kalian bisa mengonsumsi tomat tiga hingga lima tomat dalam sehari.

7. Jus Anggur

Mengonsumsi jus anggur juga menjadi langkah yang efektif untuk membantu mengencerkan darah. Kandungan Flavonoid dalam anggur ungu cukup kuat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah dan sebagai pengencer darah alami.

Itulah sederet cara mengatasi darah kental yang bisa kalian lakukan untuk memperoleh hidup sehat. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI