Bisa Usir Bau Mulut, Ini 8 Makanan Bikin Napas Segar

Rabu, 14 Oktober 2020 17:44 Penulis: Nurul Wahida
Bisa Usir Bau Mulut, Ini 8 Makanan Bikin Napas Segar
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Masalah bau mulut menjadi salah satu gangguan kesehatan yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Ada berbagai penyebab bau mulut yang dapat terjadi salah satunya disebabkan oleh konsumsi makanan berbau tajam. Namun ternyata ada juga sederet makanan bikin napas segar dan mencegah bau mulut terjadi.

Berdasarkan penyebabnya, bau mulut dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya yakni makanan berbau tajam, mulut kering, efek samping obat-obatan, serta memiliki penyakit tertentu, seperti melansir dari hellosehat.com. Aroma napas tak sedap tersebut tentunya dapat membuat pengidapnya merasa tak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain.

Namun kondisi tersebut ternyata dapat dicegah secara alami yang mudah dipraktikkan. Salah satunya konsumsi makanan bikin napas segar dan mengusir bau mulut. Napas segar dan wangi tersebut pastinya bisa meningkatkan rasa percaya diri ketika berkomunikasi langsung dengan orang lain termasuk membuat mereka merasa nyaman berada dekat dengan kalian.

Lalu apa saja makanan bikin napas segar?

Adapun makanan bikin napas segar dan bisa usir bau mulut terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui makanan bikin napas segar berikut bisa menjadi pilihan kalian mengatasi dan mencegah napas bau secara alami tanpa konsumsi obat. Berikut 8 makanan bikin napas segar yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Jeruk

Makanan bikin napas segar dan bisa mengusir bau mulut salah satunya adalah buah jeruk. Seperti diketahui buah jeruk mengandung cukup banyak nutrisi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Diantara kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah jeruk yakni seperti kaya vitamin C, vitamin A, antioksidan tinggi dan lain sebagainya.

Dalam hal ini untuk mencegah bau mulut salah satunya karena kandungan vitamin C yang mampu memproduksi air liur yang dapat mengusir bakteri penyebab bau mulut. Melansir dari liputan6.com, vitamin C juga bisa mencegah radang gusi dan sariawan. Aneka jenis jeruk memiliki efek serupa untuk memerangi bau di mulut.

2. Yogurt

Makanan bikin napas segar selanjutnya yakni yogurt. Sebab yogurt termasuk makanan mengandung probiotik tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari smiledirectclub.com, kandungan bakteri baik dalam yogurt bermanfaat untuk mencegah bau mulut. Sebab bakteri tersebut diketahui mampu melawan bakteri penyebab bau mulut yang menjadi faktor utama aroma napas tak sedap.

Melansir dari sumber yang sama berdasarkan penelitian international associations for dental research menemukan bahwa konsumsi sebanyak tiga ons yogurt tanpa gula dua kali sehari selama enam minggu memiliki kadar senyawa penyebab bakteri yang lebih rendah.

3. Kemangi dan Peterseli

Makanan bikin napas segar dan mengusir bau mulut dapat diperoleh dari kemangi dan peterseli. Tentunya bukan rahasia lagi aroma kedua bahan sayuran ini memang sangat harum. Termasuk dapat mencegah bau mulut dan membuat napas jadi lebih segar. Kandungan polifenol dalam bahan tersebut menjadi bahan alami mengatasi bau mulut. Sebab melansir dari smiledirectclub.com, senyawa tersebut dalam sejumlah penelitian berfungsi sebagai obat bau mulut.

4. Melon

Sama halnya dengan jeruk yang kaya akan vitamin C, buah melon juga mengandung vitamin C tinggi. Untuk itulah melon termasuk bagian dari makanan bikin napas segar dan mengusir bau mulut. Melansir dari smiledirectclub.com, makanan kaya akan vitamin C mampu membantu mencegah radang gusi serta masalah mulut dan gigi lainnya termasuk napas tak sedap. Rasa manis dan segar buah ini tentunya sangat nikmat untuk dikonsumsi. Membuat aneka resep pilihan mulai dari jus ataupun salad bisa menjadi pilihan kalian.

5. Jahe

Makanan bikin napas segar dan mengusir bau selanjutnya yakni jahe. Jahe sendiri cukup familiar dijadikan sebagai obat tradisional mengatasi masalah kesehatan tertentu. Salah satunya mencegah bau mulut. Sebab jahe diketahui mengandung senyawa bernama gingerol yang mampu membantu merangsang enzim dalam air liur. Produksi air liur yang tinggi tersebut dapat mencegah bakteri penyebab bau mulut. Selain itu membuat minuman dari bahan jahe dengan tambahan jeruk bisa menjadi minuman pilihan.

6. Teh Hijau

Selain makanan bikin napas segar, ada sejumlah minuman yang juga dapat menjadi pilihan kalian mencegah bau mulut. Salah satunya yakni teh hijau yang mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari smiledirectclub.com, kandungan katekin dan antioksidan dalam teh hijau mampu membantu melawan bakteri penyebab bau mulut.

7. Stroberi

Makanan bikin napas segar dan mengusir bau juga bisa diperoleh dari buah stroberi. Sama halnya dengan jeruk dan melon, buah berwarna merah dengan rasa manis sedikit asam ini juga mengandung vitamin C tinggi. Dimana vitamin C tersebut bisa bermanfaat untuk mencegah bau mulut termasuk melawan bakteri penyebab napas tak sedap. Sejumlah resep minuman atau makanan dari stroberi segar bisa dipilih sebagai hidangan untuk dikonsumsi.

8. Buah atau Sayur Segar

Makanan bikin napas segar dna mengusir bau mulut selanjutnya yakni buah atau sayur tekstur renyah. Sebut saja seperti apel, pir, wortel, atau seledri yang mampu meningkatkan produksi air liur untuk mengatasi bakteri penyebab bau mulut. Salah satunya buah apel yang bisa menjadi pilihan kalian karena mengandung nutrisi dan vitamin bermanfaat bagi tubuh. Tekstur renyah buah ini juga mampu membantu mengatasi plak gigi.

Nah itulah 8 makanan bikin napas segar dan bisa mengusir bau mulut. Selain dengan konsumsi sejumlah makanan tersebut, menjaga cairan tubuh tetap terpenuhi juga dapat menjadi cara mencegah napas bau serta menghindari mulut kering dan dehidrasi.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI