35 Contoh Kata Dasar, Ketahui Juga Pengertian dan Ciri-Cirinya

Kamis, 14 Oktober 2021 17:11 Penulis: Dhia Amira
35 Contoh Kata Dasar, Ketahui Juga Pengertian dan Ciri-Cirinya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang memiliki banyak sekali jenis kata yang digunakan. Ya, mempelajari berbagai kata dalam bahasa Indonesia itu penting, salah satunya mempelajari kata dasar, baik itu pengertian, ciri, hingga contoh kata dasar.

Sebenarnya tidak sulit kok mempelajari kata dasar. Bila kalian sudah memahami contoh kata dasar dan cirinya, maka kalian dapat dengan mudah membuat sebuah kalimat dalam kata dasar. Kata dasar sendiri merupakan sebuah kata yang paling sederhana, dan belum memiliki imbuhan serta dapat dikelompokkan sebagai bentuk asal (tunggal) dan bentuk dasar (kompleks).

Nah, untuk memahami lebih dalam apa sih sebenarnya kata dasar dan bagaimana contoh kata dasar itu sendiri. Berikut ini beberapa contoh kata dasar beserta pengertian dan cirinya yang dilansir dari berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kata Dasar Adalah

Sebelum mengetahui contoh dari kata dasar, tentu kalian harus mengetahui apa sebenernya kata dasar itu. Ya, menurut pengertiannya kata dasar adalah unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa.

Selain itu kata dasar merupakan kombinasi morfem yang oleh bahasawan dianggap sebagai satuan terkecil yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas. Kata dasar juga menjadi sebuah kata awalan yang belum ditambahkan imbuhan untuk sebuah bahasa. Namun kata dasar juga bisa menambahkan kata lain tanpa menambahkan sebuah imbuhan.

Kemudian kata dasar juga bisa dibilang sebuah kata yang paling sederhana yang belum memiliki imbuhan, juga dapat dikelompokkan sebagai bentuk asal (tunggal) dan bentuk dasar (kompleks). Sehingga penting mengetahui apa itu kata dasar dan bagaimana cara menggunakannya.

2. Ciri-Ciri Kata Dasar

Selanjutnya ada pula ciri-ciri dari kata dasar. Ya, ciri-ciri dalam kata dasar sendiri harus kalian ketahui agar kalian paham apakah kalimat yang kalian buat terdiri dari kata dasar. Berikut ini beberapa ciri-ciri kata dasar tersebut:

1. Pertama, kata dasar merupakan satuan terkecil dalam bahasa yang mempunyai arti.

2. Kemudian yang kedua, kata dasar dapat dibagi menjadi kelompok dalam bentuk asal atau tunggal serta bentuk dasar atau kompleks.

3. Selanjutnya kata dasar merupakan pembentukan kata berimbuhan atau kata turunan.

4. Kata dasar yang mendapat tambahan atau imbuhan mengakibatkan terjadinya perbedaan makna.

5. Dan yang terakhir, gabungan kata dasar dapat membentuk kalimat tanpa membutuhkan adanya imbuhan.

3. Contoh Kata Dasar

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri dari kata dasar, berikut beberapa contoh kata dasar yang bisa kalian ketahui dan pahami:

1. Minum
2. Makan
3. Lari
4. Pergi
5. Pulang
6. Duduk
7. Buka
8. Pikir
9. Mati
10. Hidup
11. Sakit
12. Hutang
13. Maju
14. Mundur
15. Bangun
16. Tidur
17. Warna
18. Pancasila
19. Jual
20. Beli
21. Minta
22. Masak
23. Maaf
24. Sapu
25. Baca
26. Tulis
27. Tunggu
28. Jawab
29. Awal
30. Guna
31. Lelah
32. Lompat
33. Beri
34. Ganggu
35. Tanding

4. Contoh Kata Dasar dalam Kalimat

Selain itu ada pula contoh kata dasar dalam sebuah kalimat. Contoh kata dasar dalam bentuk kalimat ini akan mempermudah kalian dalam mengerti arti kata dasar itu sendiri. Berikut ini beberapa contoh kata dasar dalam kalimat yang perlu kalian pahami:

1. Kakak "pulang" sore hari ini karena ikut jam tambahan.

2. Ibu "masak" rendang saat Hari Raya Idul Fitri.

3. Ayah "pergi" ke kantor lebih "cepat" dari biasanya.

4. Pola "pikir" orang itu tidak mudah dipahami.

5. Putri "minum" kopi di kedai kopi kesukaannya.

6. Nisa tidak "masuk" sekolah, karena sedang "sakit".

7. Toko roti itu "tutup" di hari minggu.

8. Para tamu yang datang dari Subang "Tidur" di kamar depan.

9. Dini meletakkan tasnya di "meja".

10. Rudi "beli" buku di toko baru.

Itulah beberapa contoh kata dasar beserta dengan pengertian dan ciri-ciri yang bisa kalian pahami. Bukan hanya contoh dalam bentuk kata saja, namun ada pula contoh kata dasar dalam bentuk kalimat.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI