Gagasan Pokok Adalah Ide Utama dalam Paragraf, Kenali Ciri-Ciri dan Cara Menemukannya

Rabu, 27 Oktober 2021 11:11 Penulis: Nurul Wahida
Gagasan Pokok Adalah Ide Utama dalam Paragraf, Kenali Ciri-Ciri dan Cara Menemukannya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Setiap paragraf atau bacaan setidaknya mengandung dua gagasan. Di antaranya yakni gagasan pokok dan gagasan penjelas. Sedangkan pengertian gagasan pokok adalah ide utama dalam paragraf. Gagasan pokok dapat terletak di bagian awal, akhir atau justru campuran keduanya.

Paragraf mengandung beberapa kalimat serta gagasan pokok ataupun gagasan penjelas. Mengetahui gagasan pokok memudahkan pembaca mengenali ide utama atau ide pokok dalam kalimat. Artinya, dengan gagasan pokok dapat mengetahui isi dari paragraf itu sendiri.

Untuk menemukan gagasan pokok ada beberapa ciri-ciri atau teknik yang perlu diketahui. Pasalnya gagasan pokok dapat terletak pada bagian awal (deduktif), akhir (induktif) ataupun di antara keduanya.

Untuk lebih tahu selengkapnya tentang gagasan pokok adalah ide utama dalam paragraf, berikut ini ulasannya yang bisa membantumu menentukan gagasan pokok. Langsung saja simak ulasannya tentang gagasan pokok adalah ide utama telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pengertian Gagasan Pokok Adalah Ide Utama

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, memahami gagasan pokok sangatlah penting. Apalagi gagasan pokok seringkali muncul dalam soal sebuah bacaan. Karena itulah memahami gagasan pokok perlu kalian ketahui. Berdasarkan pengertiannya, gagasan pokok adalah ide utama. Selain itu arti lain gagasan pokok adalah kalimat utama dalam sebuah paragraf dan bacaan.

Sedangkan melansir dari modul terbitan Kemdikbud berjudul Indahnya Kebersamaan, menyebutkan bahwa gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan. Selain itu ada juga menyebutkan bahwa gagasan pokok adalah pemikiran utama dalam bacaan. Artinya gagasan pokok adalah inti atau poin penting dari bacaan itu sendiri. Karena itulah dari gagasan pokok ini pula kalian bisa langsung memahami makna sebuah bacaan.

Sedangkan menurut Suryono (2004) melansir dari liputan6.com, arti gagasan pokok adalah segala yang dilengkapi dengan data, fakta, informasi atau pendukung lainnya yang diharapkan bisa memperjelas gagasan tersebut. Selain itu dari gagasan pokok pula dapat digunakan untuk meyakinkan pembaca.

Letak gagasan pokok biasanya ada pada kalimat utama paragraf. Meski begitu, untuk menemukan gagasan pokok memerlukan ketelitian. Pasalnya gagasan pokok dapat terletak pada bagian awal, akhir atau justru di antara keduanya. Ada cara mudah menentukan gagasan pokok adalah dengan memahami kalimat pokok atau kalimat utama. Dengan begitu, maka gagasan pokok akan mudah kalian tentukan.

2. Ciri-Ciri Gagasan Pokok Adalah

Setelah mengetahui pengertian gagasan pokok adalah ide utama, pikiran utama, inti utama dalam suatu bacaan atau paragraf, ada juga ciri-ciri gagasan pokok yang penting kalian ketahui. Pasalnya dengan memahami ciri-ciri gagasan pokok dapat memudahkan kalian menentukan ide utama dalam suatu bacaan. Selain itu ada beberapa ciri-ciri gagasan pokok adalah membahas.

Mengenai topik permasalahan. Ada juga ciri-ciri gagasan pokok adalah memiliki arti jelas tanpa memerlukan gagasan penjelas atau pendukung. Lalu apa saja ciri-ciri gagasan pokok? Nah, berikut ini ciri-ciri gagasan pokok yang penting kalian ketahui dilansir dari liputan6.com.

- Gagasan pokok dapat berdiri sendiri tanpa memerlukan gagasan pendukung atau gagasan penjelas.

- Gagasan pokok mengandung topik utama permasalahan atau topik bahasan.

- Gagasan pokok memiliki arti yang jelas meskipun tidak dihubungkan dengan kalimat lainnya.

- Gagasan pokok biasanya tidak memiliki atau dibentuk dari kata sambung.

- Gagasan pokok pada jenis paragraf induktif (akhir) ditandai dengan kata sebagai, kesimpulan, jadi, yang penting, oleh karena itu, dengan demikian ataupun kalimat seolah menyimpulkan atau inti dari paragraf atau bacaan itu sendiri.

3. Cara Menentukan Gagasan Pokok

Setelah mengetahui pengertian gagasan pokok, ada juga cara menentukan gagasan pokok. Di mana cara menentukan gagasan pokok ini juga penting kalian ketahui. Pasalnya sejumlah pembaca seringkali dibuat bingung saat harus menentukan sebuah gagasan pokok dalam suatu bacaan. Maka dari itu, berikut ini cara menentukan gagasan pokok dalam suatu bacaan atau paragraf.

- Membaca setiap kalimat dalam paragraf atau bacaan dengan cermat untuk menemukan gagasan pokok baik itu terletak pada bagian awal, akhir atau justru keduanya.

- Mengidentifikasi topik pada bacaan dengan cermat untuk menemukan inti dan ide utama dalam bacaan serta paragraf.

- Rangkum bacaan tersebut dalam satu kalimat untuk menemukan gagasan pokok dengan mudah.

- Jika ada pengulangan kata ataupun kalimat coba perhatikan dengan seksama untuk menentukan gagasan pokok. Biasanya pengulangan bahasan ini dapat memudahkan kalian dalam menentukan gagasan pokok suatu bacaan atau kalimat.

- Menentukan gagasan pokok sesuai dengan jenis paragraf misalnya saja deduktif, induktif atau justru campuran.

4. Contoh Gagasan Pokok

Contoh gagasan pokok bisa dilihat dari jenis paragraf baik itu deduktif (awal), induktif (akhir) atau deduktif dan induktif (campuran). Nah berikut ini contoh gagasan pokok yang memudahkan kalian dalam memahami dan menentukan gagasan pokok adalah ide utama, pikiran utama, inti dalam bacaan atau paragraf.

Hari Senin Guru Sekolah Nusa Indah mengikuti pelatihan mengajar di Hotel Arwana. Pelatihan mengajar tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetisi guru terutama dalam pembelajaran online. Pelatihan dimulai pukul 07.00 pagi hingga 16.00. Ada beberapa bidang yang dipelajari salah satunya memanfaatkan aplikasi pembelajaran online.

Contoh di atas gagasan pokok adalah Hari Senin Guru Sekolah Nusa Indah mengikuti pelatihan mengajar di Hotel Arwana. Sedangkan gagasan pendukung atau penjelas yakni, Pelatihan mengajar tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetisi guru terutama dalam pembelajaran online.

Nah itulah, pengertian gagasan pokok adalah ide utama dalam paragraf. Semoga ulasan di atas dapat memudahkan kalian menentukan gagasan pokok dalam suatu bacaan atau paragraf.

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI