11 Cara Mengatasi Diare Secara Alami, Pertolongan Pertama Saat di Rumah

Senin, 23 November 2020 10:55 Penulis: Dita Tamara
11 Cara Mengatasi Diare Secara Alami, Pertolongan Pertama Saat di Rumah
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara mengatasi diare tentu banyak dicari bagi mereka yang mengalami buang air besar secara terus menerus disertai dengan perut mulas dan melilit. Biasanya gejala diare yang paling umum yaitu buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari disertai tekstur feses yang cair. Akibatnya, tubuh menjadi lemas hingga dehidrasi lantaran banyaknya cairan yang dikeluarkan. Tentu saja masalah kesehatan ini membuat kalian tidak nyaman dan mengganggu rutinitas sehari-hari.

Perlu kalian ketahui juga diare disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari infeksi bakteri hingga bakteri keracunan makanan. Meski begitu, diare juga bisa terjadi akibat hal lain, misalnya terlalu banyak minum minuman beralkohol, efek samping obat, atau penyakit tertentu. Umumnya, diare berlangsung selama tak lebih dari dua minggu.

Supaya kondisi diare tidak semakin parah, tentu saja banyak cara mengatasi diare yang perlu kalian lakukan. Ya, ada banyak cara untuk mengatasi diare mulai dari mengonsumsi obat hingga menggunakan bahan alami. Bahkan, dalam kasus yang parah, mungkin seseorang akan membutuhkan perawatan di rumah sakit selama beberapa hari. Nah, sebagai pertolongan pertama, kalian bisa mengatasi diare dengan cara alami dan mudah seperti berikut ini.

1. Daun Jambu Biji

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa buah jambu biji mempunyai khasiat melancarkan pencernaan, khususnya mengatasi diare. Hal ini karena buah jambu mempunyai kandungan serat yang tinggi.

Cara mengatasi diare tidak hanya bisa diperoleh dengan mengonsumsi buahnya saja. Khasiat buah jambu biji untuk mengatasi diare bisa juga diperoleh dengan meminum air rebusan daun jambu biji. Caranya, kalian perlu merebus 4-5 lembar daun jambu biji yang sudah dicuci. Rebus hingga airnya berubah warna, lalu minum air rebusan saat hangat.

 

2. Kentang

Cara mengatasi diare selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi kentang. Kentang mengandung kalium yang bisa meredakan diare. Cara memanfaatkan kentang untuk diare pertama-tama yaitu kupas bersih kulit kentang, kemudian kukus atau rebus dengan menambahkan sedikit garam. Konsumsilah sebagai menu makanan saat diare.

 

3. Pisang

Mengonsumsi pisang menjadi salah satu cara mengatasi diare secara alami. Pisang yang mengandung kalium bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang akibat terjadinya diare.

Selain itu, pisang mengandung serat dan pektin yang dapat menyerap cairan di usus. Untuk itu, makanlah satu atau dua buah pisang setiap hari untuk memulihkan kerja sistem pencernaan.

 

4. Jahe

Jahe menjadi salah satu rempah yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi diare. Kalian bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengubahnya menjadi wedhang jahe. Jenis jamu yang menggunakan bahan dasar jahe ini terkenal sebagai minuman yang berfungsi menghangatkan tubuh.

Selain itu, struktur jahe mengandung senyawa genarial, lypdis dan protein yang dapat membantu mencegah penyakit diabetes, mengobati diare, hingga mencegah kanker.

 

5. Konsumsi Makanan Prebiotik

Cara mengatasi diare selanjutnya yaitu bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik. Makanan jenis ini bisa kalian temukan pada produk susu maupun keju. Makanan yang mengandung prebiotik dipercaya ampuh dalam melawan kuman penyebab diare dalam saluran pencernaan. Pastikan minuman yang kalian pilih rendah gula ya.

 

6. Pandan

Daun pandan tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Daun yang memiliki aroma wangi ini memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengatasi diare.

Hal ini karena ekstrak daun pandan memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu membersihkan bakteri berbahaya di dalam usus. Untuk mendapatkan manfaatnya, kalian bisa mengonsumsi air rebusan daun pandan yang sangat efektif mengatasi diare.

 

7. Wortel

Wortel yang terkenal dengan manfaat baiknya untuk menjaga kesehatan mata, rupanya wortel juga baik untuk mengatasi diare lho. Hal ini lantaran wortel termasuk salah satu jenis sayur yang dapat mengeraskan feses karena kandungan pektinnya. Cara memanfaatkannya, kalian hanya perlu memblender wortel yang diberikan sedikit air hingga halus. Dengan begitu, diare akan segera teratasi.

 

8. Oralit

Oralit merupakan salah satu obat diare yang paling ampuh. Tapi jika kalian tidak punya oralit di rumah kalian bisa membuatnya sendiri dengan bahan sederhana.

Caranya dengan larutkan enam sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam dalam satu liter air. Aduk hingga rata dan minum satu gelas tiap 4-6 jam sekali. Gula dan garam sendiri merupakan elektrolit yang bisa menghindarkan tubuh kalian dari dehidrasi akibat diare.

 

9. Daging Kukus

Cara mengatasi daging kukus selanjutnya yakni dengan mengonsumsi daging kukus. Jenis-jenis daging seperti sapi, ikan atau ayam selain sebagai sumber protein yang baik juga bisa mengobati diare. Namun, perlu diingat untuk memastikan agar daging-daging yang dikukus ini tidak diolah dengan menggunakan minyak atau mentega.

 

10. Teh Chamomile

Teh Chamomile juga mempunyai manfaat yang ampuh untuk mengatasi diare. Hal ini lantaran teh chamomile memiliki sifat antiradang yang meredakan peradangan, memperbaiki kerusakan usus serta menenangkan kram usus. Dengan begitu, membantu usus tetap sehat dan tenang.

 

11. Roti Gandum

Makanan olahan gandum seperti roti dan pasta juga bisa digunakan untuk menangani diare. Kedua makanan ini memiliki serat yang rendah sehingga mudah dicerna dan dapat memadatkan feses. Namun, perlu diingat pula untuk menghindari menambahkan mentega, selai, dan tambahan topping lainnya.

Itulah sederet cara mengatasi diare secara alami. Namun, apabila diare tak segera teratasi dengan cara di atas, segera konsultasikan ke dokter. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI