Macam-macam Talak dari Berbagai Segi Menurut Islam

Senin, 28 Desember 2020 14:11 Penulis: Dita Tamara
Macam-macam Talak dari Berbagai Segi Menurut Islam
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Dalam Islam, talak merupakan memutuskan hubungan antara suami istri dari ikatan pernikahan yang sah menurut syariat agama. Meski talak dibolehkan dalam Islam, namun, talak sendiri sesuatu hal yang tidak disenangi oleh Allah SWT dan sebaiknya dihindari. Meski begitu, seringkali berbagai macam permasalahan rumah tangga membuat sebuah hubungan tidak bisa diteruskan dan berujung pada perpisahan.

Oleh sebab itulah, kalian juga harus mengetahui macam-macam talak terutama bagi kalian yang sudah menikah. Hal ini sebagai pencegahan serta menambah pengetahuan, demi menjaga keharmonisan sebuah keluarga. Perlu kalian ketahui pula talak juga dibagi menjadi beberapa klasifikasi dari berbagai macam sudut seperti jumlah talak, hingga boleh tidaknya rujuk kembali. Merangkum dari beberapa sumber, berikut ini macam-macam talak menurut Islam yang perlu kalian ketahui. Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Macam-macam Talak Berdasarkan Jumlah

Macam-macam talak jika ditinjau dari segi jumlah, maka akan ada beberapa klasifikasi sebagai berikut ini.

Talak Satu

Sesuai namanya, talak satu merupakan talak yang dijatuhkan oleh suami kepada istri sebanyak satu kali talak

Talak Dua

Talak dua merupakan talak yang dijatuhkan oleh suami kepada istri sebanyak dua kali atau untuk yang pertama kali tetapi dengan jumlah talak dua sekaligus.

Talak Tiga

Talak tiga merupakan talak yang dijatuhkan oleh suami kepada istri sebanyak tiga kali atau untuk yang pertama kali tetapi dengan jumlah talak tiga sekaligus.

2. Macam-macam Talak dari Keadaan Istri

Talak pun juga harus ditinjau dari segi keadaan istri. Adapun macam-macam talak yang ditinjau dari keadaan istri yaitu seperti penjelasan berikut ini.

Talak Sunny

Talak sunny merupakan talak yang dijatuhkan pada suami kepada istri yang pernah digauli dan pada saat itu kondisi sang istri dalam keadaan suci dan pada waktu suci belum digauli, sedang hamil dan jelas kehamilannya.

Talak Bid'iy

Selanjutya, talak bid'iy merupakan talak yang diucapkan oleh suami kepada istri yang pernah digaulinya saat sedang haid dan dalam keadaan suci.

Talak La Sunny Wala Bid'iy

Talak La Sunny Wala Bid'iy merupakan talak yang diucapkan oleh suami kepada istri yang belum digauli dan belum pernah haid (belum baligh atau menopause.

3. Macam-macam Talak dari Segi Menjatuhkan Talak

Talak Muallaq

Talak jenis adalah talak yang memiliki syarat tertentu, yakni dapat dijatuhkan apabila syarat yang disebutkan sang suami terwujud. Contohnya yakni jika sang suami mengatakan, "Kau akan tertalak jika kau meninggalkan satu kali ibadah wajibmu." dan sang istri benar-benar telah meninggalkan ibadah wajib.

Talak Ghairu Muallaq
Talak jenis ini adalah talak yang tidak dikaitkan dengan syarat tertentu. Jadi, apabila sang suami telah berkata untuk bercerai maka talak sudah dapat menjadi faktor untuk bercerai.

4. Macam-macam Talak Tegas dan Tidaknya Perkataan

Adapun macam-macam talak tegas dan tidaknya perkataan yang dibagi menjadi dua. Apa saja? simak penjelasannya berikut ini.

Talak Kinaya

Talak kinaya merupakan jenis talak dimana makna dan artinya masih belum jelas. Contohnya: Aku sudah bosan hidup dengan mu lagi.

Talak Sarih

Selanjutnya yaitu talak sarih. Talak jenis ini merupakan talak yang sudah jelas menurut makna dan kata-katanya. Sebagai contoh : Aku ingin bercerai denganmu.

5. Macam-macam Talak dari Cara Suami Menyampaikan Talak

Berikut ini merupakan macam-macam talak dari cara suami menyampaikan talak. Adapun penjelasannya seperti berikut ini.

Talak Tulisan

Talak tulisan merupakan talak yang diberikan suami kepada istri melalui tulisan dan kemudian sang istri membaca isi surat talak tersebut.

Talak Ucapan

Talak ucapan merupakan talak yang disampaikan oleh suami kepada istri melalui lisan dihadapan istrinya dan mendengar secara langsung.

Talak Utusan

Talak utusan merupakan talak yang disampaikan melalui perantara orang lain yang diberi utusan untuk menyampaikan maksud dan tujuannya kepada sang istri

Talak Isyarat

Talak isyarat merupakan talak yang disampaikan sang suami dimana pada saat itu tidak memiliki kemampuan untuk berbicara atau dalam arti tuna wicara. Dengan begitu sang suami memberikan isyarat tersebut kepada sang istri dan dimengerti oleh sang istri.

6. Macam-macam Talak dari Segi Boleh Tidaknya Rujuk

Setiap pasangan pasti berusaha mempertahankan biduk rumah tangga dan menghindari perceraian atau talak. Oleh sebab itulah, kalian harus mengetahui macam-macam talak dari segi boleh tidaknya rujuk kembali.

Talak Bain
Talak bain merupakan jenis talak yang tidak boleh untuk rujuk kembali. Talak bain ini terbagi menjadi dua yakni talak bain sugra, yaitu talak yang menghilangkan kepemilikan sang suami terhadap istri, namun tidak berlaku sebaliknya yakni dengan melakukan akad nikah ulang. Selanjutnya yaitu talak kubra yaitu talak tiga yang tidak memperbolehkan rujuk kebali, kecuali jika sang istri pernah menikah dengan laki-laki lain dan sudah digauli serta diceraikan.

Talak Raj'i

Talak raj'i merupakan jenis talak yang memperbolehkan untuk rujuk kembali setelah bercerai. Namun, syaratnya adalah saat istri masih sedang dalam masa iddah. Jika istri sudah berada di luar masa iddah, maka dapat rujuk kembali dengan melakukan akad nikah ulang. Jenis talak ini berlaku jika sang suami hanya menjatuhkan talak 1 dan 2.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI