Manis Menyehatkan, Ini 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Bisa Menghangatkan Badan

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

Manis Menyehatkan, Ini 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Bisa Menghangatkan Badan
Manfaat gula aren (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Jenis gula yang juga populer digunakan masyarakat salah satunya adalah gula aren. Manfaat gula aren bagi kesehatan punya segudang nutrisi yang baik bagi tubuh. Manis dan memiliki kandungan nutrisi tinggi menjadi faktor banyaknya gula aren dipakai sebagai penganti gula pasir.

Dalam olahan makanan dan minuman nama gula aren tentunya sudah kerap dipakai sebagai penambah rasa manis. Gula aren memiliki warna khas coklat yang dibuat dari pohon aren dengan nama latin Arenga Pinnata Merr. Meski terbilang mirip dengan gula merah namun gula aren punya ciri khusus diantara yang lainnya.

Salah satu ciri dari gula aren dapat dilihat dari warna, rasa, dan teksturnya. Dimana gula aren punya warna coklat kemerahan dengan rasanya yang lebih manis dengan tekstur lebih empuk mudah dihancurkan.

Sehingga gula aren ini biasanya kerap digunakan sebagai penambah saus bubur sumsum, minuman dawet, jamu-jamuan, dan lain sebagainya. Dibalik rasa manis yang nikmat, manfaat gula aren rupanya sangat baik bagi kesehatan.

Lalu apa saja manfaat gula aren bagi kesehatan?

Adapun manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh salah satunya diperoleh dari rendahnya kalori dalam gula tersebut. Beberapa masalah kesehatan diyakini bisa terbantu dengan mengonsumsi gula aren. Berikut manfaat gula aren bagi kesehatan bersumber dari liputan6.com, honestdoc.id, healthnews24seven.com.

 

1. Menghangatkan Badan

Manfaat gula aren bagi kesehatan salah satunya dapat menjaga kondisi suhu badan tetap stabil. Dengan kata lain gula aren yang dicampurkan dalam sebuah minuman hangat dapat membantu menjaga suhu badan Kembali normal.

Gula aren ini cocok banget dikonsumsi ketika tubuh kedinginan ataupun saat cuaca sedang dingin. Untuk itulah gula aren kerap menjadi bahan penambah dalam obat tradisional serta minuman hangat lainnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat gula aren bagi kesehatan selanjutnya dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah. Dalam pengertian lain gula aren relatif cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Sebab dibandingkan dengan gula pasir dan gula lainnya kadar glukosa dalam gula aren cukup rendah.

Mengutip dari livestrong.com setidaknya nilai indeks glikemik dalam gula aren lebih rendah dibanding gula pasir. Namun meski rendah glukosa konsumsi gula aren untuk penderita diabetes harus dilakukan dalam batas wajar.

Kadar glukosa bisa saja naik sewaktu-waktu apabila gula aren dikonsumsi tanpa memperhatikan batas wajarnya. Selain itu akan lebih baik untuk melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan agar dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat gula aren bagi kesehatan dapat juga membantu menyehatkan pencernaan. Kandungan nutrisi dalam gula aren diketahui dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga konsumsi gula aren dapat membantu memproses makanan dalam usus. Mengutip dari healthnews24seven.com.gula aren yang digunakan untuk menyehatkan pencernaan bisa dikonsumsi setelah makan berat ataupun makan malam.

Namun untuk mendapatkan manfaat lebih agar pencernaan tetap terjaga kesehatannya diperlukan beberapa pendukung lainnya seperti konsumsi buah dan sayur.

4. Mencegah Anemia

Dalam gula aren setidaknya memiliki beberapa sumber vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Adapun vitamin tersebut diantaranya vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12. Sedangkan mengutip dari healthnews24seven.com dalam gula aren juga mengandung zat besi cukup tinggi yang dapat membantu mencegah anemia.

5. Membantu Meningkatkan Energi

Gula aren diketahui juga bisa digunakan untuk membantu meningkatkan energi. Kandungan vitamin dan mineral dalam gula aren menjadi faktor manfaat gula aren ini cocok untuk membangkitkan energi tubuh. Selain itu gula aren ini juga cocok untuk konsumsi anak-anak hingga orang dewasa.

6. Sumber Antioksidan

Manfaat gula aren bagi kesehatan rupanya memiliki kandungan antioksidan tinggi. Dimana antioksidan ini dapat membantu menangkal paparan radikal bebas. Seperti diketahui radikal bebas dapat disebabkan oleh polusi udara yang sangat mudah menyerang tubuh terutama kulit.

Mengutip dari hasil penelitian berjudul Pengaruh Pemanasan Terhadap Aktivitas Antioksidan Dalam Pembuatan Gula Aren oleh Klaudi Pelealu, Julius Pontoh dan Edi Suryanto tahun 2011 menunjukkan kandungan antioksidan gula aren cenderung stabil setelah melalui proses pemanasan pada suhu 100 derajat celcius selama 60 menit. Namun beberapa menit setelahnya sempat mengalami penurunan.

Meski begitu secara umum kandungan antioksidan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan mampu melawan radikal bebas.

7. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan tinggi dalam gula aren dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. salah satunya mencegah penuaan dini. Penuaan dini sendiri ditandai dengan munculnya kerutan atau garis-garis pada kulit.

Adapun untuk mendapat manfaat gula aren bagi kulit ini dapat dicampurkan dengan beberapa bahan alami lainnya agar efektif mencegah kerutan yang menjadi faktor penuaan dini.

8. Redakan Nyeri Menstruasi

Manfaat gula aren bagi kesehatan yang jarang diketahui adalah dapat meredakan nyeri menstruasi. Seperti diketahui Sebagian wanita mengalami nyeri pada perut saat menstruasi. Namun rupanya gula aren dapat bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri tersebut. Kandungan kalium dan zat besi dalam gula aren menjadi faktor gula ini bisa mengatasi rasa nyeri saat menstruasi.

Nah itulah 8  manfaat gula aren bagi kesehatan bisa menghangatkan badan hingga redakan nyeri haid. Namun sekali lagi akan lebih baik untuk melakukan konsultasi dengan tenaga medis apabila ingin konsumsi gula aren untuk membantu mengatasi masalah kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending