Arti Paradoks Beserta Contoh Kalimat dan Teka-teki yang Terkenal di Dunia

Senin, 02 Mei 2022 13:33
Arti Paradoks Beserta Contoh Kalimat dan Teka-teki yang Terkenal di Dunia
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Memahami arti paradoks mungkin memang mudah. Namun, jika kalian dihadapkan pada sebuah pernyataan atau teka-teki paradoks, belum tentu semudah itu menjawabnya.

Pada ilmu sastra, paradoks sendiri termasuk ke dalam kategori ketidaklangsungan ekspresi yang berwujud penyimpangan arti. Oleh karena itu, memahami arti paradoks sering kali memerlukan perdebatan.

Nah, agar kalian tak kesulitan, tak ada salahnya untuk mencoba mempelajari arti paradoks. Berikut ini terdapat informasi mengenai paradoks beserta berbagai contohnya yang bisa kalian simak.

 

 

1. Arti Paradoks

Arti paradoks menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani "paradoxon" yang berarti contrary to expectations, existing belief or perceived opinion.

Biasanya, gaya bahasa paradoks ini digunakan sebagai media untuk menyampaikan pernyataan retorik yang bertentangan, padahal juga berisi kebenaran. Membuat paradoks bukanlah hal mudah karena seseorang harus menelaah proposisi realitas dan polemik. Namun, jika berhasil melakukan hal tersebut, teks yang disampaikan pun akan lebih unik dan menarik. Hal ini juga bisa membuat suatu pernyataan menjadi pendorong untuk orang lain berpikir lebih luas dan kritis.

 

 

2. Arti Paradoks Menurut Para Ahli

Agar kalian lebih memahami arti paradoks, mungkin kalian membutuhkan penjelasan yang lebih lanjut. Berikut ini merupakan pendapat dari para ahli mengenai paradoks yang perlu kalian ketahui.

1. Arti Paradoks Menurut Merriam Webster

Paradoks adalah prinsip kontradiksi untuk menerima sebuah gagasan atau ide atau opini. Paradoks membuat kita berpikir akan suatu hal di luar kebiasaan umum atau di luar pandangan umum yang berlaku.

2. Arti Paradoks Menurut Tarigan (2009)

Paradoks adalah gaya bahasa yang mengandung pertentangan yang nyata dengan fakta-fakta yang ada.

3. Arti Paradoks Menurut Yusuf (1995)

Paradoks menampilkan kondisi yang bertentangan tetapi biasanya mengandung kebenaran.

4. Arti Paradoks Menurut Jensen (2011)

Paradoks bisa menarik perhatian pembaca karena mereka harus menelaah proposisi bertentangan yang eksplisit atau implisit. Paradoks dapat merangkum imajinasi, realitas dan polemik.

5. Arti Paradoks Menurut Perrine (1974)

Paradoks mempunyai ciri khas yang unik karena berbeda dari majas lainnya dalam hal penyajian pertentangan yang bisa memberi efek kejut karena proposisi dan makna di balik pertentangan yang dideskripsikan.

 

 

3. Contoh Kalimat Paradoks

Cara memahami arti paradoks dengan lebih mudah adalah dengan langsung melihat contoh. Oleh karena itu, informasi berikut ini menyertakan beberapa contoh paradoks dalam kalimat yang bisa coba kalian pelajari.

1. Kenaikan dollar berimbas pada penurunan kesejahteraan rakyat.

2. Anggota DPR berisik dalam mencari dan menambah kekayaan tetapi orang-orang bersama-sama menuju kesengsaraan.

3. Bagaimana mungkin permukiman kumuh itu berada di belakang perumahan mewah?

4. Gemerlap dunia hiburan yang ia tekuni tak membuat ia lepas dari rasa kesepian.

5. Di balik kesetiaan yang dia tunjukkan, ada niat buruk yang telah dia persiapkan.

6. Kemajuan teknologi saat ini telah mengakibatkan penurunan nilai moral dan sosial masyarakat.

7. Ingatan nenek tentang cucu-cucunya luar biasa, tetapi dia melupakan anak-anaknya.

8. Walau banyak orang di sekitarnya tapi dia merasa sendirian.

9. Dengan paras cantiknya dia menutupi sifat jeleknya.

10. Walau dia atlet pelari tercepat namun dia selalu terlambat datang ke sekolah.

 

 

4. Contoh Paradoks yang Populer di Dunia

Selain contoh kalimat seperti di atas, arti paradoks juga bisa kalian pahami melalui contoh yang populer di dunia berikut ini.

1. Unstoppable Force Paradox

Unstoppable Force Paradox juga disebut sebagai Shield and Spear Paradoks. Paradoks yang terkenal ini punya teka-teki sebagai berikut:

Apa yang terjadi ketika sebuah benda bergerak yang tidak bisa berhenti, bertemu dengan sebuah benda yang tidak bisa digerakkan sama sekali. Apakah kedua tersebut berhenti? Ataukah kedua benda tersebut bergerak? Atau juga gaya dari kedua benda tersebut saling tertukar?

2. Barbershop Paradox

Pada sebuah kerajaan hanya terdapat satu tukang cukur rambut dan di daerah itu terdapat aturan-aturan mengenai cukur rambut yang perlu ditaati. Pertama, semua warga harus mencukur rambutnya. Kedua, semua warga tak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain. Ketiga, semua warga harus mencukur rambutnya di tukang cukur. Keempat, tukang cukur hanya mencukur orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri. Teka-tekinya, siapa yang mencukur rambut si tukang cukur?

Mengingat aturan kedua, tukang cukur tidak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain. Peraturan ketiga mengatakan, tukang cukur harus mencukur rambutnya ke tukang cukur yaitu dirinya sendiri, sedangkan cuma dia satu-satunya tukang cukur di kerajaan itu. Kalau dia mencukur rambutnya sendiri, berarti dia telah melanggar peraturan keempat, yaitu tukang cukur hanya mencukur rambut orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri. Lalu siapakah yang akhirnya mencukur rambut si tukang cukur, sedangkan semua warga termasuk si tukang cukur mencukur rambutnya. Bagaimana?

3. Grandfather Paradox

Grandfather Paradox merupakan paradoks yang memiliki teka-teki waktu paling terkenal. Kalau kalian bisa kembali ke masa lalu dan membunuh kakek kalian, apa yang akan terjadi selanjutnya? Mungkin jawaban simpelnya biasa saja, ya kakek bakalan mati. Tapi, ternyata jawaban atau akibat dari kondisi tersebut tidaklah semudah dan sesimpel itu. Jika kalian membunuh kakek, otomatis orang tua kalian tidak akan terlahir ke dunia dan itu berarti kalian juga tidak akan terlahir atau tidak akan pernah ada di dunia dan itu juga berarti kalian tidak akan pernah membunuh kakek.

Bagaimana bisa terjadi kondisi kalian akan membunuh kakek kalian sendiri, sementara jika kalian membunuhnya berarti kalian tidak akan pernah lahir atau tidak pernah ada.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti paradoks beserta sejumlah contoh yang bisa kalian pahami.

 

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI