7 Cara Mengatasi Overthingking, Lakukan Sebelum Menjadi Stres

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

7 Cara Mengatasi Overthingking, Lakukan Sebelum Menjadi Stres
Ilustrasi (credit: pixabay)

Kapanlagi.com - Overthinking merupakan kecenderungan seseorang untuk memikirkan suatu permasalahan secara berlebihan. Belakangan, overthinking jadi salah satu hal yang cukup sering dibahas di media sosial. Perilaku overthinking akan berdampak pada kesehatan, terutama kaitannya dengan kesehatan mental atau psikis. Oleh karena itu, sangat penting untuk bagaimana cara mengatasi overthinking?

Overthinking harus segera diatasi sebelum menjadi stres, bahkan depresi. Menjaga diri agar tetap tenang dan tidak overthinking tentu bukan hal yang mudah. Pasalnya perasaan cemas, khawatir, dan takut kerap hadir sewaktu-waktu. Namun, layaknya gangguan kesehatan lainnya, overthinking juga bisa dihilangkan. Bukan dengan obat-obatan, overthingking bisa diatasi dengan sejumlah cara.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengatasi overthinking.

 

 

1. Melakukan Tindakan Nyata

Salah satu penyebab orang overthinking dikarenakan perasaan ragu untuk melakukan sesuatu. Sehingga, pikiran atau dorongan untuk melakukan hal yang tertunda tersebut sering kali bermunculan kembali. Padahal tidak ada salahnya, untuk mencoba memulai hal yang meragukan tersebut. Artinya, dengan melakukan tindakan nyata, beban pikiran akan jadi lebih berkurang.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Menyelesaikan Permasalahan Satu Persatu

Selain rasa ragu, permasalahan yang menumpuk juga bisa menjadi penyebab overthinking. Ya, masalah yang datang bersamaan dan menumpuk memang jadi terkesan sulit diselesaikan. Padahal, menunda-nunda justru akan membuat keadaan semakin sulit. Tapi kita juga sering kali kebingungan dari mana harus memulai.

Oleh karena itu, agar lebih mudah kalian bisa membuat semacam skala prioritas. Kalian bisa mengurutkan dari permasalahan yang mudah hingga yang sulit. Jika sudah, kalian bisa mulai mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah yang menumpuk. Menyelesaikan masalah mulai dari yang termudah, secara tidak langsung akan membantu kita dalam mengontrol emosi dan pikiran. Dengan begitu, kita akan lebih terhindar dari perilaku overthinking.

3. Pergi ke Keramaian

Overthinking sering kali terjadi saat kita sedang sendirian dan merasa kesepian. Tidak adanya teman ngobrol atau diskusi, serta kegiatan yang bisa dikerjakan membuat kita memikirkan banyak hal. Sialnya, sering kali pikiran kita hanya terfokus pada hal-hal negatif seperti permasalahan hidup atau komentar orang lain. Hal inilah yang kemudian membuat seseorang jadi overthinking.

Solusinya, saat mulai merasa sendiri atau kesepian, kalian bisa mengunjungi teman, keluarga, atau tempat yang ramai. Dengan begitu, pikiran akan lebih terbuka. Selain itu, kalian juga akan menghirup udara segar yang bisa membuat pikiran menjadi jernih kembali. Namun, cara mengatasi overthinking yang satu ini barang kali akan kurang cocok bagi sebagian orang. Khususnya, mereka yang introvert atau tidak menyukai keramaian.

4. Menghubungi Teman

Jika kalian termasuk orang yang tidak begitu menyukai keramaian, kalian tidak harus pergi ke luar. Sebagai gantinya, kalian bisa menelpon teman atau keluarga. Melalui telepon kalian bisa melakukan obrolan ringan, sehingga membuat kalian lupa dengan permasalahan yang ada di pikiran.

Namun, jika cukup yakin kalian juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk membicarakan permasalahan yang sedang dihadapi. Tak hanya bisa melegakan, cara ini juga bisa jadi jalan menemukan solusi dari permasalahan yang ada di pikiran.

5. Mencari Aktivitas

Seperti yang disinggung sebelumnya, overthinking kerap menghampiri saat kita sendirian dan merasa kesepian. Oleh karena itu, penting untuk sesegera mungkin mengatasi rasa kesepian. Salah satu caranya, yaitu dengan melakukan suatu aktivitas. Ada berbagai aktivitas yang bisa kalian lakukan saat sendiri dan merasa kesepian. Misalnya, membaca buku, menonton film, melukis, berkebun, dan sebagainya.

Kalian bisa menyesuaikan jenis aktivitas tersebut dengan hobi atau kegemaran. Namun perlu dipahami, aktivitas yang dilakukan sebaiknya tergolong ringan. Misalnya, saat membaca buku atau menonton film kalian bisa memilih buku atau film yang ringan dan menghibur. Sebab, salah satu tujuan dari melakukan aktivitas ini ialah untuk menghilangkan rasa sepi sekaligus me-refresh otak. Sehingga, film atau bacaan yang berat tentu bukan pilihan yang tepat.

6. Olahraga

Selama ini olahraga dipercaya jadi salah satu kegiatan yang paling menyehatkan. Tidak hanya secara fisik, olahraga ternyata juga membawa manfaat untuk kesehatan mental atau psikis seseorang. Hal ini dikarenakan, olahraga bisa memicu seseorang untuk kembali bersemangat. Tak heran jika selama ini olahraga menjadi kegiatan yang digemari beberapa orang. Agar lebih efektif, sebaiknya lakukan olahraga di luar ruangan. Sebab udara segar dijamin akan mampu kembali menjernihkan pikiran.

7. Meditasi

Meditasi juga bisa jadi cara mengatasi overthinking. Sudah bukan rahasia lagi, kalau banyak orang melakukan meditasi untuk mendapat ketenangan jiwa dan pikiran. Agar didapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa mengatur ruangan sebaik mungkin. Misalnya, dengan memasang aroma terapi atau menyetel musik-musik yang menenangkan. Meditasi terbukti ampuh dapat membuat kalian menjadi rileks dan tenang.

Itulah beberapa cara mengatasi overthinking. Kalian bisa langsung mencoba menerapkannya saat tiba-tiba merasa overthinking. Semoga bermanfaat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending