Perlu Diwaspadai, Ini 6 Penyebab Batu Ginjal yang Bisa Disebabkan Jenis Makanan Tertentu

Selasa, 06 Oktober 2020 16:33 Penulis: Puput Saputro
Perlu Diwaspadai, Ini 6 Penyebab Batu Ginjal yang Bisa Disebabkan Jenis Makanan Tertentu
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Ginjal jadi salah satu organ dalam manusia yang sangat penting. Dalam tubuh kita, ginjal berperan untuk mengatur keseimbangan cairan dan menjalankan proses pembuangan racun. Namun, ginjal juga termasuk organ yang kerap mengalami gangguan. Salah satu gangguan ginjal yang cukup umum terjadi ialah batu ginjal. Meski umum terjadi, nyatanya tak banyak orang yang tahu penyebab batu ginjal.

Batu ginjal bisa dialami oleh siapa saja. Selain itu, batu ginjal juga bisa terjadi kapan saja tanpa disadari adanya gejala yang dirasakan. Tak jarang, penderita batu ginjal baru sadar setelah batu tersebut sudah berukuran besar dan menimbulkan nyeri. Lantas, apa sajakah hal-hal penyebab batu ginjal?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan batu ginjal.

 

1. Kurang Asupan Cairan

Munculnya batu ginjal sering dikaitkan dengan kondisi kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Selama ini yang kita tahu kurang cairan bisa menyebabkan dehidrasi. Hal ini lantaran, dalam tubuh cairan sangat dibutuhkan sebagai zat pelarut.

Tanpa cairan yang cukup, endapan-endapan dalam tubuh bisa lebih cepat mengkristal dan menjadi batu. Termasuk, endapan di ginjal yang kemudian mengkristal akan menjadi batu ginjal.

2. Kelebihan Vitamin D

Vitamin memang jadi salah satu asupan nutrisi yang diperlukan tubuh. Namun ternyata, kelebihan asupan vitamin juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya kelebihan vitamin D yang bisa mengakibatkan munculnya batu ginjal.

Dalam tubuh vitamin D sangat berguna untuk mendukung penyerapan kalsium. Artinya, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium juga akan di atas batas wajar. Akibatnya kalsium tidak akan terserap dengan baik, dan justru bisa mengendap jadi batu ginjal. Jadi, mulai sekarang perhatikan asupan vitamin D. Baik dari makanan maupun sinar matahari.

3. Asupan Garam yang Berlebih

Garam atau natrium jadi salah satu kandungan yang bisa mengganggu kerja ginjal. Bahkan, asupan garam atau natrium yang berlebihan dalam jangka panjang diyakini bisa merusak ginjal. Dalam tubuh, garam diketahui bisa mengikat cairan. Selain itu, garam juga diyakini bisa mempercepat pembentukan batu ginjal yang berasal dari kalsium.

Oleh karena itu penting untuk memperhatikan jumlah konsumsi garam sehari-hari. Sebab, garam dalam hal ini bukan saja yang digunakan sebagai bumbu masakan, melainkan juga yang biasa terdapat dalam makanan kemasan dan instan. Sehingga, harus benar-benar berhati-hati dan memperhatikan jumlah konsumsinya.

4. Konsumsi Protein Hewani Berlebihan

Selain garam, asupan protein hewani juga sebaiknya dibatasi demi mencegah terjadinya batu ginjal. Sebab, jenis protein yang didapat dari daging merah dan telur ini juga bisa jadi penyebab batu ginjal.

Tak banyak yang tahu, asupan protein hewani ternyata bisa mempengaruhi tingkat keasaman urine. Selain itu asupan protein hewani berlebihan juga akan menyebabkan meningkatnya asam urat. Inilah yang secara tidak langsung bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal.

5. Gangguan Pencernaan

Jika mengalami gangguan pencernaan, apapun itu sebaiknya segera diatasi. Sebab selain mengganggu kenyamanan dan menghambat penyerapan nutrisi, gangguan pencernaan juga bisa menyebabkan batu ginjal. Saat mengalami gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit yang juga berpengaruh pada intensitas buang air kecil yang terganggu.

Dengan begitu, risiko mengalami batu ginjal juga semakin besar. Hal ini juga didukung dengan banyaknya temuan kasus batu ginjal pada penderita gangguan pencernaan seperti peradangan usus.

6. Konsumsi Oksalat Berlebihan

Pada dasarnya mengonsumsi buah dan sayuran merupakan hal yang sangat baik bagi kesehatan. Namun ternyata, konsumsi jenis buah dan sayuran tertentu secara berlebihan juga bisa jadi penyebab batu ginjal. Terutama jenis buah dan sayur yang mempunyai kandungan oksalat tinggi, buah bit, belimbing, kacang, dan sayur bayam.

Oksalat merupakan salah satu senyawa yang berpotensi bisa mengendap, sehingga bisa memicu batu ginjal. Jadi, perhatikan jumlah konsumsi buah dan sayur dengan kandungan oksalat tinggi. Agar lebih terhindar dari risiko batu ginjal.

Itulah beberapa penyebab batu ginjal yang perlu kalian hindari. Selain itu, tentu saja selalu terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, dan berolahraga, agar tubuh tetap sehat dan bugar. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI