6 Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan, Salah Satunya dengan Jahe

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

6 Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan, Salah Satunya dengan Jahe
(credit: freepik)

Kapanlagi.com - Ikan adalah bahan makanan yang sangat bergizi dan cocok dipadukan dengan aneka resep masakan. Kandungan Omega 3 dan mineral yang terdapat pada ikan segar sangat baik untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam darah dan mendukung tumbuh kembang anak secara maksimal. Selain mengenyangkan, mengonsumsi ikan tentu saja mempunyai banyak segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun seringkali seseorang tidak menyukai ikan lantaran bau amis yang dihasilkan. Tentu hal tersebut sangat sayang dilewatkan jika kalian memilih tidak mengonsumsi ikan lantaran hal tersebut.

Pada dasarnya, ikan yang segar umumnya tidak berbau amis. Tapi jika kalian menyimpan terlalu lama di freezer tentu saja akan mengeluarkan bau amis. Namun, hal tersebut bukan berarti kalian bebas membuangnya. Selama ikan masih cukup padat dan kenyal, serta kulitnya masih tampak cerah dan tidak berlendir, kalian masih bisa mengonsumsi ikan tersebut. Nah, kalian bisa menghilangkan bau amis pada ikan dengan cara yang mudah dengan bahan yang mudah ditemukan.

Apa saja? Yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Susu

Siapa sangka jika susu ternyata menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Bahkan, caranya pun terbilang mudah. Pertama-tama, kalian hanya perlu merendam ikan dalam susu. Setelah itu, bilas ikan dengan bersih dan bau amis akan hilang.

Ya, ikan memang dapat membantu menyerap bau abis makanan laut. Sebab, di dalam susu terdapat zat kasein, zat dalam susu akan berikatan dengan trimetilamin oksida, zat kimia yang mengarah ke bau amis, sehingga susu dapat mengurangi bahkan menghilangkan amis pada ikan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Perasan Jeruk Nipis

Cara selanjutnya menghilangkan bau amis pada ikan yaitu dengan perasan jeruk nipis dan garam. Sebab, kedua bahan ini sangat ampuh menetralisir bau amis yang ada pada ikan. Caranya pun juga sangat mudah, pertama- tama bersihkan ikan menggunakan air yang mengalir, buang sisik dan insang ikan.

Setelah bersih, balurkan campuran garam dan perasan jeruk lemon pada bagian-bagian ikan secara merata. Diamkan hingga 10-20 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Dengan demikian, ikan akan bebas dari bau amis dan siap dimasak lezat untuk disantap.

3. Jahe

Tak hanya untuk bumbu dapur, jahe juga efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan nih. Tak hanya itu saja, jahe juga dipercaya mampu menambah rasa, menghilangkan racun, hingga menghilangkan alergi pada ikan. Hal ini lantaran aroma jahe yang khas bisa digunakan untuk mengatasi bau amis pada ikan. Caranya bisa dengan menyiapkan jahe yang sudah dihaluskan atau diparut, kemudian dibalurkan ke ikan selama 30 menit untuk kemudian dicuci bersih.

4. Tepung

Meski terdengar asing, namun rupanya tepung bisa digunakan untuk menghilangkan rasa amis pada ikan. Bahkan, caranya pun terbilang sangat mudah. Pertama, bersihkan ikan dari sisik dan ingsang menggunakan air bersih yang mengalir. Selanjutnya, kalian langsung membalurkan tepung ke ikan hingga menutup sempurna. Setelah itu, tunggu sekitar 10 menit terlebih dahulu.

Nah, tepung yang dibalurkan pada ikan tersebut dapat menyerap bau manis dari ikan. Setelah 10 menit, bilas ikan dari tepung hingga bersih. Menggunakan tepung untuk menghilangkan bau amis juga tidak mengubah rasa asli dari ikan tersebut.

5. Gula Pasir

Selain tepung, gula pasir juga menjadi pilihan untuk membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Ya, ternyata bau amis pada gula pasir bisa bermanfaat menghilangkan bau amis pada ikan. caranya, bersihkan ikan terlebih dahulu. Setelah itu, balurkan ikan dengan gula pasir hingga merata. Diamkan selama 5 menit sebelum dibilas dengan air hangat dan ikan siap diolah.

6. Asam Jawa

Cara menghilangkan bau amis pada ikan kalian bisa menggunakan bumbu dapur yang satu ini, asam jawa. Caranya pun sangat mudah, pertama-tama remas asam jawa lalu balurkan ke daging ikan sampai merata. Diamkan dulu selama 20 menit lalu bilas dengan air mengalir. Jika mempunyai daun serai, kalian bisa mencampurkannya dengan asam jawa sehingga bisa membantu menetralkan bau amis pada ikan.

Itulah sederet cara menghilangkan bau amis pada ikan yang langsung bisa kalian praktekkan di rumah. Kalian bisa memilih salah satu dari cara di atas. Semoga bermanfaat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending