Termasuk Air Kelapa, Ini 9 Makanan dan Minuman yang Menyehatkan Ginjal

Senin, 17 Agustus 2020 10:22 Penulis: Nurul Wahida
Termasuk Air Kelapa, Ini 9 Makanan dan Minuman yang Menyehatkan Ginjal
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sebagian besar dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Untuk itu diperlukan perhatian khusus saat mengonsumsi makanan dan minuman agar dapat menjaga kesehatan tubuh. Bahkan sejumlah makanan dan minuman ternyata dapat menyehatkan beberapa organ tubuh salah satunya ginjal.

Ginjal merupakan organ yang memiliki fungsi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak main-main ginjal bertanggung jawab menjaga keseimbangan cairan tubuh termasuk memiliki fungsi penting lainnya. Diantara fungsi ginjal tersebut seperti membersihkan darah, menjaga cairan tubuh, mengontrol sel darah merah, serta membuang racun tubuh dalam bentuk urin.

Tak heran jika menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Sebab ginjal yang bermasalah dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti batu ginjal sampai ginjal akut. Selain dengan gaya hidup sehat peran asupan yang masuk dalam tubuh berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan manusia. Sejumlah makanan dan minuman bahkan diklaim sehat untuk ginjal yang bisa dikonsumsi oleh setiap orang.

Lalu apa saja makanan dan minuman yang sehat untuk ginjal?

Adapun makanan dan minuman yang sehat untuk ginjal terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut ini 9 makanan dan minuman sehat untuk ginjal bersumber dari healthline.com, dan davita.com.

 

 

1. Bawang

Makanan dan minuman sehat untuk ginjal salah satunya adalah aneka jenis bawang. Mulai dari bawang putih, bawang merah dan bawang bombay ternyata memiliki khasiat baik bagi kesehatan ginjal. Dimana bawang tersebut mengandung sejumlah nutrisi dan vitamin seperti antioksidan tinggi, vitamin C, bahkan memiliki sifat anti inflamasi dan lain sebagainya.

Tak heran bahwa bawang tersebut dapat memberikan manfaat bagi kesehatan ginjal karena kandungan nutrisi di dalamnya. Bawang tersebut dapat ditambahkan dalam sejumlah resep makanan. Bahkan bawang ini dapat menjadi bahan pengganti garam yang dapat memberikan rasa nikmat pada makanan. Dimana orang yang memiliki masalah dengan ginjal disarankan untuk menghindari makanan bernatrium seperti garam.

2. Minyak Zaitun

Makanan dan minuman sehat untuk ginjal selanjutnya dapat diperoleh dari minyak zaitun. Minyak zaitun tergolong bahan alami yang dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk dapat menyehatkan ginjal.

Sebab dalam minyak zaitun mengandung asam oleat serta memiliki sifat anti inflamasi. Dimana nutrisi tersebut dapat menjaga kesehatan tubuh dan baik bagi orang yang bermasalah dengan ginjal. Minyak zaitun ini dapat digunakan untuk memasak aneka resep makanan.

3. Apel

Buah dan sayur memang memiliki berbagai kandungan nutrisi sehat bagi tubuh. Salah satunya buah apel yang termasuk sejenis makanan dan minuman sehat untuk ginjal. Sebab apel mengandung serat tinggi termasuk memiliki senyawa anti inflamasi yang baik bagi tubuh.

Apel bahkan dapat mencegah sejumlah masalah kesehatan seperti sembelit, risiko jantung, kanker dan lain sebagainya. Dalam hal ini apel juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Apel tersebut dapat dikonsumsi langsung ataupun dibuat dengan beberapa resep makanan sehat.

4. Air Kelapa

Makanan dan minuman sehat untuk ginjal juga dapat diperoleh dari air kelapa. Rasa segar dan manis air kelapa memang sangat nikmat dikonsumsi saat cuaca panas. Di balik rasanya tersebut air kelapa juga menyimpan beragam khasiatnya bagi tubuh. Salah satunya menjaga kesehatan ginjal.

Sebab air kelapa diketahui mengandung elektrolit tinggi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Salah satunya berkaitan erat dengan kinerjanya yang dapat menyaring asupan air dalam tubuh.

5. Aneka Buah Berry

Makanan dan minuman sehat untuk ginjal juga ditemukan dalam aneka buah berry. Diantaranya yakni blueberry, cranberry, rasberry dan strawberry. Sejumlah buah berry ini mengandung nutrisi dan senyawa yang sehat bagi tubuh termasuk ginjal. Sebut saja dalam blueberry diketahui mengandung antioksidan bernama fitonutrien yang bisa mencegah peradangan. Sedangkan cranberry mengutip dari davita.com diketahui dapat mencegah bakteri pada dinding kandung kemih.

Selain itu dalam raspberry mengandung antioksidan fitonutrien, flavonoid serta sejumlah vitamin yang bisa menangkal radikal bebas. Dan yang terakhir pada strawberry juga memiliki zat sama dengan berry lainnya karena mengandung antioksidan tinggi serta memiliki sifat anti kanker dan anti inflamasi.

6. Nanas

Makanan dan minuman sehat untuk ginjal selain aneka buah berry dapat diperoleh dari buah nanas. Buah yang mengandung banyak cairan ini memiliki sejumlah nutrisi dan vitamin sehat seperti vitamin C, serat bromelain yang bisa membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Mengonsumsi nanas dalam bentuk jus ataupun buah segar sangat cocok dinikmati untuk menjaga kesehatan ginjal.

7. Salmon

Hampir sebagian besar masalah kesehatan dapat diatasi dengan mengonsumsi ikan salmon. Sebab salmon diketahui mengandung omega-3 tinggi yang merupakan sejenis lemak yang baik bagi tubuh. Dalam hal ini kandungan nutrisi dalam salmon tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Diantara sejumlah masalah kesehatan yang bisa mengambil khasiat dari salmon seperti kolesterol tinggi, mencegah risiko sakit jantung termasuk kanker.

8. Putih Telur

Tak hanya kuning telur yang menawarkan kesehatan bagi tubuh, putih telur rupanya bermanfaat serupa termasuk bisa menjaga kesehatan ginjal. Sebab putih telur memiliki kandungan protein yang baik bagi ginjal karena mengandung fosfor yang rendah dibanding kuning telurnya. Putih telur ini bisa dibuat dengan aneka jenis resep sehat seperti salad, smoothie, dan lain sebagainya.

9. Anggur Merah

Makanan dan minuman sehat untuk ginjal yang lainnya juga terdapat dalam anggur merah. Anggur merah sendiri mengandung flavonoid yang termasuk antioksidan baik bagi tubuh. Senyawa ini bahkan bisa mengatasi sejumlah masalah kesehatan seperti mencegah peradangan, risiko sakit jantung serta mencegah stres oksidatif.

Nah itulah 9 makanan dan minuman sehat untuk ginjal, salah satunya terdapat dalam air kelapa. Namun perlu diperhatikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman di atas sesuai kebutuhan dan dalam batas wajar. Hindari konsumsi makanan tersebut apabila terdapat alergi atau justru timbul masalah kesehatan tertentu. Konsultasi disarankan sebelum mengonsumsi makanan dan minuman untuk menjaga kesehatan ginjal.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI