Merasa Sulit Tidur? Yuk Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Atasi Insomnia

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

Merasa Sulit Tidur? Yuk Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Atasi Insomnia
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Mengalami insomnia memang sangat tidak mengenakan bagi seseorang. Ingin tidur tapi sulit untuk nyenyak serta sangat sulit juga untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, walaupun kita banyak memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Tetapi ada kok makanan sebagai cara mengatasi insomnia. Memang setiap orang mengalami gejala dan alasan yang berbeda-beda terkait dengan insomnia yang dialami.

Insomnia sendiri dapat terjadi pada seseorang karena disebabkan oleh beberapa faktor. Dan faktor-faktor tersebut antara lain, depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis, atau karena obat-obatan tertentu. Gangguan insomnia juga dapat mengakibatkan kondisi penderita yang tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Dan hal tersebut tidak akan baik, karena akan mempengaruhi mood pada siang harinya, lalu akan mengantuk, mudah lelah, dan sulit untuk fokus.

Untuk itu, dalam mengatasi kesulitan tidur, ada beberapa makanan yang dapat kalian konsumsi agar insomnia pada diri kalian menghilang. Dan dilansir dari berbagai sumber, inilah makanan untuk atasi insomnia yang wajib kamu ketahui.

 

1. Susu

Makanan untuk atasi insomnia yang pertama yaitu susu. Sudah banyak yang mengetahui bahwa susu putih dapat membuat kita tidur dengan nyenyak, dan ternyata hal tersebut bukanlah mitos loh. Karena di dalam susu putih terdapat kandungan senyawa aktif triptofan yang mampu merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut merupakan hormon yang dapat membuat kita tenang, relaks, dan cepat mengantuk.

Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat pada susu juga akan membuat kita nyenyak dalam tidur. Untuk mendapatkan hasil yang lebih lagi, kalian yang insomnia dapat mengonsumsi susu hangat agar perasaan rileks dan tenang dapat cepat membantu.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Nasi

Makanan untuk atasi insomnia yang kedua yaitu nasi. Memiliki kandungan serat, nutrisi, dan antioksidan yang rendah, tetapi nasi putih tinggi akan kandungan karbohidrat. Itulah mengapa mengonsumsi nasi 4 jam sebelum tidur akan mempermudah kita untuk tidur bagi yang mengalami insomnia.

Tetapi makan nasinya dalam kadar yang sedang ya KLovers, karena nasi memiliki indeks glikemik yang tinggi, yaitu sebuah kadar seberapa cepat suatu makanan dapat meningkatkan gula darah. Bila kalian mengonsumsi nasi putih secara berlebihan sebelum tidur, maka akan meningkatkan gula darah yang dapat menjadi penyakit diabetes. Dan hal tersebut tidaklah baik untuk dilakukan.

3. Ikan

Memiliki banyak kandungan yang baik di dalamnya, ternyata ikan juga masuk dalam salah satu makanan yang dapat atasi insomnia dengan baik. Beberapa ikan memiliki fungsi yang sama, yaitu dapat mengatasi masalah tidur seseorang. Ikan-ikan tersebut antara lain ikan salmon, tuna, dan juga sarden.

Menurut Annals of the New York Academy of Sciences yang mempublikasikan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa, Vitamin B6 yang terdapat dalam kebanyakan ikan mengandung senyawa melatonin atau hormon yang membuat seseorang mengantuk. Selain itu, kandungan kalsium yang dimiliki oleh ikan juga sama seperti susu, yang dapat membuat tidur seseorang menjadi sangat berkualitas.

4. Buah Kiwi

Ternyata buah kiwi dapat menjadi makanan untuk mengatasi insomnia loh KLovers. Buah yang berwarna hijau dan memiliki rasa asam ini memiliki banyak kandungan yang baik, salah satunya dapat menjadi obat tidur alami bagi penderita insomnia. Dalam buah kiwi terdapat kandungan vitamin C, vitamin K, antioksidan, dan karotenoid yang dapat melawan peradangan dan membantu kualitas tidur. Bukan hanya itu saja, kandungan serotonim dalam buah kiwi juga dapat membantu kualitas tidur kalian agar lebih baik.

5. Oatmeal

Makanan untuk atasi insomnia selanjutnya yaitu oatmeal. Para ahli mengatakan bahwa, seseorang yang mengalami insomnia terjadi karena di dalam tubuh mereka kekurangan kandungan magnesium. Dan kalian dapat menemukan kandungan magnesium pada sebuah oatmeal, bukan hanya itu saja kandungan kalsium pada oatmeal juga berguna untuk membantu seseorang supaya dapat tidur dengan nyenyak.

Kalian dapat mengonsumsi oatmeal sesaat sebelum tidur. Berbeda dengan nasi putih, oatmeal sangat tinggi akan serat dan tentunya memiliki kalori yang rendah. Tak hanya itu saja, nilai glikemik pada oatmeal juga sangat rendah, jadi kalian tak perlu takut dengan peningkatan gula darah di dalam tubuh.

6. Kacang Almond

Menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi saat seseorang sedang diet, ternyata almond juga dapat mengatasi insomnia loh. Karena di dalam almond terdapat kandungan magnesium yang dapat mengatasi insomnia pada seseorang. Bukan hanya itu saja, di dalam almond juga terdapat kandungan triptofan yang dapat memicu zat serotonin di otak. Dan sama seperti susu, kandungan zat serotonin ini dapat membuat otak menjadi relaks dan dapat membuat seseorang mengantuk.

Lalu memiliki serat yang tinggi, serta kaya akan protein dan lemak jenuh, membuat almond dapat dengan aman dikonsumsi sesaat sebelum tidur. Kalian bisa mengonsumsi kacang almond menjadi sebuah cemilan, atau mengonsumsi susu almond juga sama saja manfaatnya.

7. Buah Cherry

Buah yang memiliki ukuran kecil dan berwarna merah ini ternyata merupakan makanan untuk atasi insomnia loh. Memiliki tekstur yang lembut, serta rasa manis yang luar biasa, ternyata buah cherry memiliki kandungan zat melatonin yang akan membuat tubuh menjadi lebih santai serta relaks. Bukan itu saja, zat tersebut juga dapat membuat kita merasa mengantuk.

8. Kacang Kenari

Makanan untuk mengatasi insomnia selanjutnya yaitu, kacang kenari. Sama seperti almond, kacang kenari juga dapat menjadi obat yang baik bagi para penderita insomnia. kandungan melatonin yang terdapat dalam kacang kenari dapat membuat kalian terlelap tidur dalam sekejap. Selain dapat mengatasi insomnia, ternyata di dalam kacang kenari juga memiliki kandungan yang bila kita makan kacang kenari secara rutin, maka akan mampu menyehatkan jantung.

9. Keju

Selain susu, keju juga dapat menjadi obat alami bagi para penderita insomnia loh. Sebab kandungan kalsium di dalam keju akan membantu otak untuk menggunakan tryptophan dalam menghasilkan melatonin yang dapat membuat kalian tidur lebih cepat. Itulah mengapa mengonsumsi keju saat sebelum tidur akan memberikan kualitas tidur yang baik untuk kita.

10. Teh Herbal

Dan makanan untuk atasi insomnia yang terakhir yaitu teh herbal. Bila kalian mencampurkan bunga chamomile dan bunga lavender pada minuman teh herbal kalian, maka kalian akan mendapatkan wangi yang dapat membuat tubuh menjadi tenang dan juga relaks. Karena seseorang yang mengalami insomnia juga diakibatkan oleh pikiran yang tegang serta stress. Bila kalian membuat tubuh menjadi relaks dan juga tenang sebelum tidur, maka dapat dipastikan kalian dapat tidur dengan nyenyak.

Itulah 10 makanan untuk atasi insomnia secara alami. Perlu diingat bahwa, makanan di atas dapat bekerja dengan baik bila kalian juga dapat terus berpikir positif. Serta memulai melakukan pola hidup sehat dengan tidur secara teratur. Selamat mencoba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending