Terlihat Kusut, Ini 7 Tips Atasi Rambut Keriting Agar Mudah Diatur

Jum'at, 07 Agustus 2020 08:33 Penulis: Dita Tamara
Terlihat Kusut, Ini 7 Tips Atasi Rambut Keriting Agar Mudah Diatur
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Bisa dibilang rambut adalah mahkota seorang wanita. Semakin indah rambut yang dimiliki, maka semakin meningkatkan kepercayaan diri bagi seorang wanita. Pada dasarnya, rambut lurus maupun keriting mempunyai pesona tersendiri. Namun, seringkali orang yang memiliki rambut keriting akan sedikit susah merawatnya. Sebab, susunan rambut yang tidak teratur, sehingga membutuhkan perawatan khusus supaya rambut tidak terlihat kusut dan tetap sehat.

Selain itu, banyak orang yang akhirnya menyerah merawat rambut keriting, dan memutuskan untuk meluruskannya hingga memotongnya. Padahal, rambut keriting jika dirawat dengan baik akan membuat penampilan kalian semakin cantik. Bahkan, banyak orang yang ingin mempunyai rambut keriting sebab lebih terlihat bervolume, dan mempunyai aura keindahan tersendiri.

Oleh sebab itu, daripada kalian pusing memikirkan rambut keriting yang sering kusut, cobalah tips atasi rambut keriting agar mudah diatur berikut ini.

 

 

1. Keringkan dengan Cara Alami

Tips atasi rambut keriting yang pertama yakni, setelah keramas ada baiknya kalian mengeringkannya dengan cara alami. Bahkan, sebaiknya jangan mengusap-usap rambut menggunakan handuk, sebab hal ini justru membuat rambut kalian menjadi rontok.

Caranya, cukup pilih handuk berbahan kaos dan cukup ditepuk-tepuk ke rambut. Selain itu, kalian juga harus menghindari mengeringkan rambut menggunakan hair dryer karena malah membuat rambut kalian makin mengembang.

2. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Perawatan rambut keriting selanjutnya, apabila kalian sedang menyisir rambut sebaiknya gunakan sisir yang bergigi jarang. Sebab, jika kalian menggunakan sisir yang bergigi rapat akan membuat rambut kalian menjadi rusak, mengembang, dan makin kusut.

Selain itu perlu kalian ketahui, jika kalian mempunyai rambut keriting, sebaiknya jangan selalu sering disisir karena dapat merusak bentuk ikal alaminya. Kalian hanya perlu menyisirnya menggunakan jari.

3. Jangan Terlalu Sering Keramas

Biasanya, rambut keriting rentan menjadi kering. Untuk mengurangi kekeringan pada rambut, jangan cuci rambut dengan shampo terlalu sering. Sebab, terlalu sering keramas akan membuat kulit kepala kehilangan minyak alaminya. Kondisi inilah yang bisa memicu timbulnya ketombe. Sebaiknya, kalian bisa melakukan keramas menggunakan air dingin 2 kali dalam seminggu.

4. Lakukan Deep Conditioning Dua Kali Sebulan

Ditengah kesibukan, biasanya wanita akan merasa malas untuk melakukan perawatan rambut. Padahal perawatan rambut keriting sangat diperlukan. Kalian bisa lakukan sendiri deep conditioning di rumah selama dua kali dalam sebulan.

Caranya, aplikasikan krim kondisioner dari bagian tengah rambut sampai ujung, kemudian ditutup dengan handuk dan biarkan sekitar 30 menit. Biasanya, melakukan perawatan rambut ini setelah keramas. Gunakan produk conditioner yang cocok untuk kulit keriting.

5. Lindungi Rambut dari Cuaca Panas dan Lembab

Selain menghindari hair dryer yang berdampak buruk pada rambut, untuk merawat rambut keriting ada baiknya kalian melindungi rambut dari cuaca panas dan lembab. Sebab, cuaca panas dan lembab sama halnya akan merusak rambut keriting kalian. Sebagai solusinya, ketika kalian hendak bepergian, ada baiknya untuk menggunakan kondisioner untuk melindungi rambut dari kerusakan.

 

6. Rawat dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun salah satu bahan yang bisa kalian gunakan untuk merawat rambut keriting, sebab mampu melembabkan rambut. Untuk mengaplikasikannya, kalian bisa mengoleskan langsung secukupnya minyak zaitun ke rambut sebelum tidur atau beberapa jam sebelum mandi. Dengan demikian, minyak zaitun akan menutrisi rambut kalian dan bakal bikin rambut jadi lembab.

7. Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Tips merawat rambut keriting yang nggak kalah pentingnya adalah hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol. Alkohol bersifat menyerap air, sehingga rambut kalian akan menjadi kering dan kusut. Dengan demikian, carilah produk perawatan rambut yang cocok untuk rambut keriting.

Itulah sederet tips atasi rambut keriting yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Jadi mulai sekarang jangan malas untuk merawat rambut supaya mudah di atur dan tetap sehat ya. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI