10 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami Tanpa Operasi

Kamis, 05 November 2020 15:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami Tanpa Operasi
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Tahi lalat merupakan munculnya warna hitam atau cokelat pada kulit bisa berupa bercak maupun benjolan kecil. Bahkan, keberadaan tahi lalat bisa dimana saja baik tunggal maupun berkelompok. Meski keberadaan tahi lalat bagi sebagian orang untuk mempermanis diri, namun tak jarang banyak orang yang beranggapan jika keberadaan tahi lalat sebagai pengganggu penampilan. Tak heran jika sederet cara menghilangkan tahi lalat dilakukan untuk memperoleh kulit yang mulus.

Meski pada umumnya tahi lalat tidak berbahaya, tapi ada juga tahi lalat yang bersifat ganas dan harus diangkat. Tapi, jika tahi lalat tidak ganas, hal tersebut tidak masalah jika terus dibiarkan. Namun, bagi kalian yang terganggu dan cemas, cara menghilangkan tahi lalat menjadi solusi terbaik.

Tak jarang banyak orang yang melakukan tindakan bedah untuk menghilangkan tahi lalat secara cepat. Tentu saja, hal tersebut dapat merogoh kocek yang tidak murah. Tapi, jika kalian ingin berhemat, kalian bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan tahi lalat. Penasaran? Simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Cuka Apel

Cara menghilangkan tahi lalat yang pertama yaitu dengan memanfaatkan cuka apel. Bahan alami kali ini memiliki kandungan asam asetat yang dapat membakar area kulit tempat tahi lalat berada. Caranya, kalian bisa langsung meneteskan cuka apel pada kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat. Tutup dengan perban bersih selama 1 jam. Praktikkan cara menghilangkan tahi lalat ini setiap hari sampai bekasnya memudar.

 

2. Bawang Putih

Bawang putih dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan tahi lalat yang sangat efektif. Bumbu dapur yang satu ini dipercaya memiliki kandungan enzim yang dapat melarutkan sel yang membentuk tahi lalat. Bawang putih juga berpotensi mengiritasi dan membakar kulit sehingga dapat membuat tahi lalat berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Cara menggunakannya, pertama-tama kupas dan iris bawang putih, kemudian letakkan di tahi lalat lalu tutup dengan perban. Setelah itu, biarkan selama 4-5 jam. Jika sudah, lepaskan perban dan bersihkan. Lakukan perawatan ini 3 kali dalam sehari.

 

3. Kulit Pisang

Kulit pisang yang selama ini langsung dibuang ternyata mempunyai manfaat dapat menghilangkan tahi lalat secara alami. Hal ini lantaran kulit pisang mengandung enzim pencerah alami yang bisa membantu memudarkan tahi lalat.

Cara menghilangkan tahi lalat menggunakan kulit pisang yaitu dengan memanfaatkan bagian dalam kulit pisang. Setelah itu, lembutkan dan oleskan pada tahi lalat. Setelah itu tunggu selama satu jam lalu bersihkan.

 

4. Madu

Selanjutnya, madu yang yang memiliki segudang manfaat ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat lho. Bahkan, cara menggunakannya pun terbilang sangat mudah. Kalian hanya perlu mengaplikasikan madu murni pada tahi lalat, kemudian tutup dengan perban. Kalian bisa menggunakan cara ni setiap pagi dan malam selama 6 minggu sampai tahi lalat memudar.

 

5. Nanas

Siapa sangka nih jika nanas termasuk buah yang bisa membantu menghilangkan tahi lalat. Nanas juga terbilang ampuh untuk menghilangkan tahi lalat. Cara menghilangkan tahi lalat menggunakan nanas yang pertama yaitu dengan menghancurkan nanas terlebih dahulu.

Setelah itu, taruh nanas yang sudah lembut di atas tahi lalat. Lalu, diamkan hingga mengering. Selain itu, nanas juga bisa digunakan sebagai scrub. Caranya, dengan mencampurkan nanas dengan garam kasar lalu aplikasikan sebagai scrub.

 

6. Lidah Buaya

Selanjutnya, cara menghilangkan tahi lalat bisa menggunakan lidah buaya.  Lidah buaya mempunyai sifat mencerahkan dan mereparasi kulit. Sifat inilah yang diyakini bisa memudarkan tahi lalat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan tahi lalat? Cara menghilangkan tahi lalat dengan aloe vera atau lidah buaya adalah dengan mengoleskannya gel lidah buaya pada kulit, kemudian balut dengan perban selama 3 jam lalu bersihkan.

 

7. Baking Soda

Cara menghilangkan tahi lalat bisa menggunakan baking soda. Selain itu, kalian bisa mencampurkan sedikit minyak jarak. Caranya, siapkan setengah sendok baking soda ke dalam mangkuk. Setelah itu, masukkan satu sendok minyak jarak dan aduk hingga merata.

Jika sudah, kalian bisa langsung mengoleskan pada bagian kulit yang terdapat tahi lalat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bersihkan. Lakukan kegiatan ini 2-3 kali dalam seminggu.

 

8. Tea Tree Oil

Cara menghilangkan tahi lalat selanjutnya yaitu bisa menggunakan bahan alami yaitu, tea tree oil atau minyak daun teh. Minyak ini memiliki kandungan antibakteri yang dipercaya efektif menghilangkan tahi lalat secara perlahan. Cara menggunakannya, campurkan 4 hingga 5 tetes tea tree oil dan setengah sendok teh minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil.

Kemudian aduk hingga merata dan oleskan campuran tersebut ke tahi lalat dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Lakukanlah perawatan ini selama 1-2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

 

9. Minyak Kelapa

Selanjutnya, cara menghilangkan tahi lalat bisa menggunakan minyak kelapa. Tak hanya mengobati tahi lalat, Namun, sebagian orang percaya juga mampu mengobati masalah kulit lainnya. Cara menggunakan minyak kelapa, kalian bisa langsung mengoleskannya pada tahi lalat setiap harinya. Hal itu akan membantu memperkecil ukuran dan menghilangkan tahi lalat.

 

10. Jus Lemon

Terakhir, bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat yaitu dengan jus lemon atau perasan jus lemon. Meskipun pada dasarnya lemon tidak dapat menghilangkan tahi lalat, namun lemon dikenal dengan fungsinya yang dapat membantu mencerahkan kulit. Jika diaplikasikan secara rutin ke kulit, lemon juga dapat mencerahkan warna tahi lalat sehingga tahi lalat dapat tersamarkan.

Itulah sederet cara menghilangkan tahi lalat secara alami tanpa operasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI