11 Tanda-Tanda Gagal Ginjal yang Terjadi Pada Tubuh, Perlu Diwaspadai!

Sabtu, 28 November 2020 12:11 Penulis: Nurul Wahida
11 Tanda-Tanda Gagal Ginjal yang Terjadi Pada Tubuh, Perlu Diwaspadai!
Tanda-tanda gagal ginjal (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Gagal ginjal menjadi salah satu gangguan kesehatan yang menyerang ginjal sebagai organ vital tubuh. Kondisi ini menyebabkan organ ginjal tidak dapat berfungsi secara maksimal sesuai dengan tugasnya. Penyakit tersebut dapat terjadi karena sebab dan kondisi tertentu disertai tanda-tanda gagal ginjal yang perlu diwaspadai.

Ginjal merupakan organ vital tubuh yang berfungsi untuk menyeimbangkan cairan, menyaring racun, serta memproduksi hormon dan enzim untuk mengontrol sel darah merah. Begitu pentingnya organ ini, menjaga kesehatan ginjal perlu dilakukan untuk mencegah berbagai masalah penyebab kerusakan ginjal.

Salah satunya yang cukup banyak dikhawatirkan banyak orang adalah penyakit gagal ginjal. Gagal ginjal ini terbagi dalam beberapa kategori seperti gagal ginjal kronis, gagal ginjal akut, serta batu ginjal. Meski dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu, namun penyakit gagal ginjal sama-sama menyebabkan fungsi ginjal mengalami penurunan bahkan terjadi kerusakan.

Kondisi ini dapat diketahui dengan tanda-tanda gagal ginjal serta gejalanya yang dapat dirasakan tubuh. Penanganan gangguan gagal ginjal yang terlambat bukan saja mengakibatkan semakin memburuknya kondisi tubuh akibat gagal ginjal, melainkan bisa menimbulkan komplikasi beragam.

Untuk itulah pentingnya memahami tanda-tanda gagal ginjal pada tubuh yang perlu diwaspadai. Tanda-tanda gagal ginjal ini bisa kalian kenali sedini mungkin untuk mencegah risiko lebih lanjut. Adapun tanda-tanda gagal ginjal sebagai berikut dirangkum dari berbagai sumber,

 

1. Tubuh Mudah Lelah

Tanda-tanda gagal ginjal yang pertama dapat dikenali dengan kondisi tubuh yang mudah lelah. Meski rasa lelah bisa terjadi karena beragam penyebab serta faktor namun kondisi ini juga bisa menjadi tanda adanya gangguan pada ginjal. Melansir dari kidney.org  penurunan fungsi ginjal yang parah bisa menyebabkan penumpukan racun dalam darah hingga membuat seseorang lebih sering merasa lelah.

Rasa lelah karena gagal ginjal tersebut juga rentan menimbulkan komplikasi tertentu seperti adanya penyakit anemia.  Seperti diketahui saat tubuh mengalami anemia maka akan mudah lemah dan merasa cepat lelah.

 

2. Gangguan Tidur

Gangguan tidur juga bisa menjadi tanda-tanda gagal ginjal yang perlu diwaspadai. Jika kalian mengalami kesulitan tidur secara terus menerus bisa jadi organ ginjal tak berfungsi secara maksimal atau bahkan mengalami masalah tertentu. Sebab ginjal tidak menjalankan fungsinya sebagai penyaring racun hingga mengakibatkan menumpuknya racun dalam darah.

Dengan kata lain gangguan tidur tersebut bisa terjadi akibat penurunan fungsi ginjal. Beberapa kondisi yang berkaitan dengan masalah gagal ginjal juga dapat terjadi seperti obesitas dan penyakit ginjal kronis. Dimana sulit untuk tidur lebih sering dialami oleh penyakit ginjal kronis seperti melansir dari kidney.org. Meski begitu pemeriksaan dengan dokter diperlukan untuk memahami pasti penyebab gangguan tidur.

 

3. Urin Bercampur Darah

Tanda-tanda gagal ginjal selanjutnya adalah dapat dikenali dengan mudah yakni urin terlihat bercampur dengan darah. Warna urin sendiri bisa menandakan kondisi tubuh seseorang termasuk berkaitan dengan penyakit gagal ginjal. Dalam hal ini biasanya ginjal yang normal akan menyaring racun atau limbah dari darah untuk membuat urin, melansir dari  kidney.org saat terjadi kerusakan ginjal maka sel darah mungkin mengalami kebocoran ke urin hingga sebabkan urin bercampur dengan darah. Kondisi inilah yang perlu diwaspadai jika mengalami urin bercampur darah.

 

4. Kulit Terasa Kering dan Gatal

Tanda-tanda gagal ginjal atau mengidap penyakit ginjal selanjutnya adalah merasakan kulit yang kering dan gatal. Kondisi ini bisa terjadi karena umumnya fungsi ginjal adalah untuk menghilangkan racun serta cairan tubuh, serta membuat sel darah merah dan tulang tetap terjaga dengan baik. Namun saat jumlah mineral tidak dapat terkontrol, bisa menjadi salah satu tanda tubuh mengalami penyakit ginjal yang perlu diwaspadai. Sebab kulit kering dan gatal dapat terjadi karena jumlah mineral tubuh yang tidak seimbang. Akibatnya tubuh akan mengalami penyakit penyerta seperti masalah pada ginjal.

 

5. Peningkatan Kadar Urea Dalam Darah

Tanda-tanda gagal ginjal selanjutnya adalah terjadi peningkatan kadar urea dalam darah. Kondisi ini mengakibatkan tubuh mengalami beberapa komplikasi kesehatan diantaranya yakni ensefalopati otak, perikadritis, serta kadar kalsium yang rendah. Pemeriksaan dengan dokter kesehatan diperlukan untuk mengatasi masalah ini agar mendapat penanganan tepat.

 

6. Gangguan Irama Jantung

Tanda-tanda gagal ginjal lainnya adalah terjadi gangguan irama pada jantung. Gangguan irama jantung juga dikenal dengan istilah aritmia yakni jantung terasa berdetak lebih cepat, terlalu lambat bahkan tidak teratur. Akibatnya penderita akan mengalami beberapa gejala seperti pusing, nyeri dada, pingsan serta mudah lelah.

 

7. Terjadi Pembengkakan (Edema)

Tanda-tanda gagal ginjal juga dapat dikenali dengan terjadinya pembengkakan dalam tubuh. Pembengkakan ini dikenal juga dengan istilah edema. Dimana edema terjadi karena cairan dalam ruang antar sel tubuh mengalami penumpukan. Akibatnya membuat sejumlah jaringan tubuh mengalami pembengkakan. Kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya gagal ginjal meski dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk memahami penyebabnya.

 

8. Jumlah Urin Mengalami Penurunan

Tanda gagal ginjal selanjutnya adalah terjadinya penurunan jumlah urin yang dikeluarkan oleh tubuh. Namun kondisi ini mungkin sesekali dapat dialami oleh sejumlah orang yang mengalami gejala gangguan pada ginjal. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut diperlukan agar mengetahui pasti penyebab masalah menurunnya volume dan frekuensi urin yang dikeluarkan.

 

9. Nafsu Makan Hilang

Meski dapat terjadi karena beragam faktor, nafsu makan yang hilang juga perlu diwaspadai karena bisa jadi merupakan pertanda adanya gagal ginjal. Kehilangan selera makan ini juga dapat menyebabkan tubuh mengalami beragam masalah kesehatan termasuk gagal ginjal, gagal jantung, serta gangguan pencernaan.

 

10. Gagal Jantung Kongestif

Tanda-tanda gagal ginjal yang terjadi pada tubuh juga bisa ditandai dengan gangguan kesehatan pada jantung. Salah satunya terjadi  gagal jantung kongestif yang terjadi karena kelainan otot-otot jantung hingga mengakibatkan organ jantung tidak dapat bekerja secara normal. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut diperlukan agar mengetahui pasti penyebab masalah tersebut.

 

11. Terjadi Hiperkalemia

Tanda-tanda gagal ginjal selanjutnya adalah terjadi hiperkalemia atau tingginya kadar kalium dalam darah. Kondisi ini menyebabkan tubuh mengalami gejala seperti nyeri dada, mudah lelah, sesak napas hingga denyut nadi yang tidak beraturan. Penyebabnya bisa terjadi karena gagal ginjal akut ataupun gagal ginjal kronis.

Nah itulah 11 tanda-tanda gagal ginjal yang terjadi pada tubuh, perlu diwaspadai. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan penanganan tepat.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI