5 Benda Penting yang Sebaiknya Selalu Dibawa, selama Masa New Normal

Jum'at, 29 Mei 2020 19:22 Penulis: Puput Saputro
5 Benda Penting yang Sebaiknya Selalu Dibawa, selama Masa New Normal
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Pandemi virus corona covid-19 masih belum usai. Ke depan, pemerintah sudah merencanakan wacana new normal. Dengan dilakukannya new normal pemerintah berharap, penyebaran virus corona bisa terkendali dan ekonomi serta sektor kehidupan lainnya bisa berjalan normal. Untuk itu, penting bagi masyarakat tahu benda penting yang sebaiknya selalu dibawa selama masa new normal.

Saat new normal diberlakukan nanti, kehidupan diharapkan bisa berjalan seperti sebelum pandemi virus corona corona covid-19. Namun, sejumlah protokol kesehatan harus diterapkan agar tetap aman dari penularan virus corona covid-19. Oleh karena itu, ada sejumlah benda penting yang sebaiknya selalu dibawa selama masa new normal.

Perlengkapan-perlengkapan tersebut penting untuk membentengi diri dari penularan virus covid-19. Berikut beberapa benda penting yang sebaiknya selalu dibawa selama masa new normal, dilansir dari fimela.com.

1. Masker

Imbauan menggunakan masker sudah digaungkan sejak virus corona mulai menyebar di Indonesia. Bukan tanpa alasan, sebab penggunaan masker memang terbukti dan dipercaya efektif untuk mencegah penularan virus corona covid-19. Penggunaan masker dipercaya bisa mencegah percikan atau droplet dari mulut atau hidung orang yang sudah terinfeksi virus corona covid-19.

Jenis masker yang disarankan untuk digunakan masyarakat umum adalah masker kain. Jenis masker ini dinilai cukup ekonomis dan efektif untuk pencegahan penularan virus corona covid-19. Meski begitu, disarankan untuk lebih rajin mencuci masker kain dengan menggunakan air panas dan detergen agar steril dan bisa digunakan kembali.

2. Hand Sanitizer

Benda penting yang sebaiknya selalu dibawa selama masa new normal selanjutnya adalah hand sanitizer. Benda atau produk pencuci tangan ini dinilai praktis dan efektif untuk menggantikan mencuci tangan dengan air dan sabun. Dengan membawa hand sanitizer, kalian akan jadi lebih praktis dan mudah untuk tetap menjaga kebersihan tangan, terlebih jika sedang berada jauh dari tempat mencuci tangan.

Selama masa new normal nanti, disarankan untuk menggunakan hand sanitizer setiap kali melakukan berbagai aktivitas, seperti saat berada di transportasi umum dan setelah menggunakan fasilitas umum. Dengan menjaga kebersihan tangan menggunakan hand sanitizer, kita akan lebih terhindar dari risiko tertular virus corona covid-19 melalui droplet di permukaan benda.

3. Sarung Tangan

Cara lain agar tangan kita terhindar dari kontaminasi virus corona covid-19 adalah dengan menggunakan sarung tangan. Namun, menggunakan sarung tangan tentunya juga harus dilakukan dengan benar dan hati-hati. Terutama, saat akan menggunakan dan melepaskannya. Sebab, bisa jadi sarung tangan yang sudah kita gunakan justru menjadi tempat virus corona covid-19.

Oleh karena itu, ada beberapa tips untuk menggunakan sarung tangan selama masa new normal. Sebelum memakai sarung tangan, pastikan tangan dalam keadaan bersih dan steril. Untuk itu, cuci tangan atau gunakan hand sanitizer sebelum memakai sarung tangan.

Pastikan pula bahwa sarung tangan dalam keadaan yang baik, tidak robek atau kotor. Gunakan sarung tangan dengan benar, tarik sampai menutup pergelangan tangan. Terlebih, jika jenis sarung tangan yang kalian gunakan adalah jenis lateks.

Selain itu, saat melepaskan sarung tangan pun juga harus hati-hati. Sebisa mungkin jangan menyentuh bagian permukaan sarung tangan dan ujung jari yang digunakan untuk memegang benda. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah melepas sarung tangan.

4. Face Shield

Face shield atau pelindung wajah jadi salah satu benda penting yang sebaiknya selalu dibawa selama new normal. Face shield bisa efektif melindungi wajah terkonntaminasi virus corona covid-19. Dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), diungkapkan jenis face shield yang bisa efektif melindungi wajah dari virus corona covid-19. Face shield harus dibuat sampai bawah dagu dan menutupi telinga.

5. Helm

Benda penting yang sebaiknya selalu dibawa selama new normal selanjutnya mungkin lebih dikhususkan bagi kalian yang biasa berkendara motor, yaitu helm. Tidak hanya bagi pengendara motor, melainkan juga bagi kalian yang terbiasa menggunakan jasa ojek online. Dengan membawa helm sendiri kalian akan lebih aman dan tak perlu khawatir apakah helm steril atau tidak.

Nah, itulah 5 benda penting yang sebaiknya selalu dibawa selama masa new normal. Agar lebih maksimal, selain membawa kelima benda tersebut patuhi pula setiap protokol keamanan yang ada.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI