5 Manfaat Sagu untuk Kesehatan, Menambah Stamina - Mempercantik Kulit

Minggu, 12 Juli 2020 12:22 Penulis: Dhia Amira
5 Manfaat Sagu untuk Kesehatan, Menambah Stamina - Mempercantik Kulit
Manfaat sagu (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Sagu merupakan salah satu jenis tepung berwarna putih yang terbuat dari batang pohon sagu. Memiliki sumber karbohidrat yang tinggi sama seperti nasi, membuat sagu digunakan sebagai makanan pokok bagi masyarakat di daerah timur. Dan tentu saja selain dikonsumsi sebagai makanan pokok, sagu juga sering digunakan menjadi bahan pembuatan makanan.

Kebanyakan adalah makanan tradisional seperti cireng, cilok, mochi, hingga kue-kue manis lainnya yang memiliki bahan utama sagu. Selain itu ternyata sagu juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh loh KLovers. Penasaran apa saja manfaat sagu tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat sagu untuk kesehatan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Mencegah Darah Tinggi

Manfaat sagu yang pertama bagi kesehatan yaitu dapat mencegah darah tinggi. Hal ini karena di dalam sagu terdapat kandungan potasium yang dipercaya dapat menurunkan darah tinggi dan juga stres berat. Tidak hanya itu saja, kandungan potasium di dalam sagu dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah dan keseluruhan sistem kardiovaskular.

Sehingga dapat menjadi salah satu perawatan alami bagi penderita masalah kardiovaskular. Di dalam 100 gram sagu mengandung sekitar lima miligram potasium, ini sudah cukup memberikan nutrisi serta perawatan harian bagi penderita darah tinggi dan juga kardiovaskular, serta bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Memperlancar Pencernaan

Manfaat sagu yang kedua yaitu memperlancar pencernaan. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada sagu dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi penyakit sembelit. Selain itu sejak dulu sagu menjadi salah satu makanan yang dapat mengatasi berbagai macam permasalahan perut seperti maag, perut kembung, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki kandungan serat bagi penderita sembelit, ternyata sagu juga dapat meningkatkan enzim di dalam perut sehingga usus tidak mudah kering. Dan dapat memberikan efek menenangkan, serta mendinginkan perut dari rasa sakit pada seseorang yang menderita muntaber.

3. Menambah Stamina

Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi tentu saja membuat sagu dapat memberikan rasa kenyang pada seseorang. Selain itu sagu juga dapat memberikan stamina lebih untuk tubuh kita. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa, minuman yang mengandung sagu dapat memberikan 87% stamina untuk para atlet sepeda.

Bahkan setelah mengonsumsi air sagu, rasa lelah para atlet tersebut berkurang. Itulah mengapa sagu juga sangat baik untuk seseorang yang ingin melakukan diet. Selain dapat memberikan asupan karbohidrat dan serat, nyatanya sagu juga dapat memberikan stamina lebih pada seseorang yang sedang melaksanakan diet.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kemudian manfaat sagu yang selanjutnya yaitu, dapat meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini karena di dalam sagu juga terdapat kandungan zat besi, kalsium, dan tembaga yang memiliki fungsi penting dalam pembentukan jaringan tulang, serta membuat tulang menjadi lebih padat.

Selain itu sagu juga dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis. Sagu juga dapat memberikan nutrisi secara alami untuk pertumbuhan tulang, karena kandungan mineral tersebut. Dan dapat mencegah terjadinya peradangan tulang di tubuh yang mengakibatkan sakit dan nyeri tulang.

5. Mempercantik Kulit

Dan manfaat sagu yang terakhir yaitu dapat mempercantik kulit wajah. Hal ini karena kandungan di dalam sagu yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan kesehatan pada wajah. Di dalam sagu terdapat kandungan exfoliator yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit, dengan begitu kulit akan terlihat lebih cerah dan flek hitam berkurang.

Kemudian kandungan potasium pada sagu juga mampu mempercepat regenerasi kulit, sehingga dapat menjaga kolagen di dalam kulit. Kolagen memiliki banyak manfaat bagi kulit terutama untuk membuat kulit tetap kencang. Serta dapat membantu regenerasi kulit sehingga kulit tetap sehat, glowing, dan awet muda.

itulah 5 manfaat sagu untuk kesehatan tubuh. Selain dapat menjadi makanan pokok atau bahan makanan lain, nyatanya sagu juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI