5 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh, Menjaga Kadar Gula - Memberi Nutrisi Tulang

Jum'at, 31 Juli 2020 14:33 Penulis: Dhia Amira
5 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Tubuh, Menjaga Kadar Gula - Memberi Nutrisi Tulang
Manfaat talas (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Talas merupakan salah satu tumbuhan berjenis umbi yang dapat dengan mudah kita temukan di Indonesia. Talas juga sering menjadi makanan pokok pengganti nasi, sama seperti sukun, kentang dan juga ubi manis. Tentu saja cara pengolahan talas juga tidak jauh berbeda dengan umbi-umbi lainnya, yang tidak terlalu sulit.

Selain menjadi makanan yang enak dan favorit untuk dikonsumsi, ternyata talas memiliki manfaat yang baik loh untuk kesehatan. Apa saja ya manfaat talas tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat talas bagi kesehatan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat talas yang pertama yaitu dapat menjaga kadar gula dalam darah. Hal tersebut karena di dalam talas terdapat kandungan karbohidrat kompleks dan serat, yang berfungsi menjaga gula dalam darah tetap stabil.

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin, dan talas dapat mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Sehingga tidak menyebabkan kadar dalam gula darah menjadi tinggi.

Selain itu talas juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi secara rutin. Bagi kalian yang memiliki penyakit diabetes, maka kalian bisa mengonsumsi talas sebagai makanan pokok pengganti nasi.

2. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat talas yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekuatan tulang pada tubuh. Hal itu karena di dalam talas terdapat kandungan kalsium yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis umbian lainnya.

Misalnya saja pada singkong memiliki kandungan kalsium hanya 15 mg dalam 100 gram singkong, dan bila talas memiliki kandungan kalsium sekitar 150 mg dalam 100 gram talas. Tentu saja hal ini membuat talas menjadi salah satu jenis umbi yang memiliki banyak kandungan kalsium.

Dengan mengonsumsi talas maka kalian akan memberikan nutrisi yang lebih pada tulang, sehingga tulang dapat lebih kuat dan juga padat. Dan tentu saja hal ini juga berfungsi pada gigi, karena pertumbuhan gigi yang baik juga butuh kandungan kalsium yang cukup untuk tubuh.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Selain itu manfaat talas yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi risiko kanker pada tubuh. Hal itu tentu saja karena zat antioksidan alami yang dimiliki oleh talas. Kandungan antioksidan di dalam talas ini berupa polifenol, vitamin C, dan vitamin E.

Ketiga kandungan ini dapat dengan baik menangkal radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh. Karena bila radikal bebas masuk, maka dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun dan parahnya bisa mengundang penyakit serius seperti kanker. Dengan mengonsumsi talas maka kita dapat memberikan tubuh kekuatan untuk mengatur metabolisme dengan baik.

4. Memperkuat Perkembangan Janin

Ternyata manfaat talas juga dapat memperkuat perkembangan pada janin loh KLovers. Hal ini karena di dalam talas terdapat kandungan folat yang cukup untuk membantu perkembangan janin pada ibu hamil.

Selain itu kandungan folat tidak hanya penting untuk perkembangan janin normal, tetapi juga dapat mencegah sebagian besar ketidaksempurnaan kelahiran seperti cacat saraf. Ada yang beranggapan bahwa wanita yang hamil muda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi talas.

Tetapi belum ada penelitian yang mengatakan bahwa talas berbahaya bagi ibu hamil. Dan bila para KLovers masih ragu, maka ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi talas.

5. Kesehatan Mata

Dan manfaat talas yang terakhir yaitu dapat memberikan kesehatan pada mata. Hal itu karena di dalam talas terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi, dan dapat membantu memberi nutrisi baik pada mata kalian.

Selain itu, mengonsumsi talas juga dapat memberikan ketajaman penglihatan serta dapat menjadi obat alami yang baik untuk meringankan penyakit mata seperti miopia, katarak, dan kebutaan.

Maka dari itu, kalian bisa mengonsumsi talas secara rutin untuk memberikan nutrisi pada mata secara alami. Dan bila kalian memiliki permasalahan mata yang serius, maka bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Itulah 5 manfaat buah talas yang baik bagi kesehatan tubuh. Walaupun memiliki bentuk yang biasa saja, tetapi nyatanya talas memiliki banyak kandungan yang baik untuk nutrisi dan kesehatan tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI