8 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan, Mengatasi Asam Urat - Mencegah Pembekuan Darah

Minggu, 21 Juni 2020 12:22 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan, Mengatasi Asam Urat - Mencegah Pembekuan Darah
Manfaat ubi ungu (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Nama ubi ungu tentunya sudah populer bagi masyarakat Indonesia. Seringkali ubi ditemukan dalam berbagai aneka olahan yang lezat. Namun tahukah kalian jika manfaat ubi ungu yang sering kalian konsumsi tersebut membawa dampak baik bagi kesehatan. Bahkan, ubi juga bisa dijadikan sumber karbohidrat karena serat makanan dalam ubi ungu sangat mengenyangkan dan menyehatkan. Perlu kalian ketahui jika ubi ungu bisa dikatakan tidak memiliki lemak karena kandungan lemak ubi ungu sangat sedikit.

Tanaman yang kerap disebut ubi jalar ini memiliki warna ungu yang sangat cantik serta cita rasa manis dan gurih ketika dikonsumsi. Warnanya yang unik dari ubi ungu disebabkan oleh kandungan antosianin dan antioksidan yang tentunya berkhasiat bagi kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Lalu, apa saja manfaat lainnya jika rutin mengonsumsi ubi ungu? Ulasan berikut ini merupakan sederet manfaat ubi ungu bagi kesehatan yang menakjubkan.

1. Manfaat Ubi Ungu untuk Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat seringkali menghantui masyarakat Indonesia akibat banyaknya penderita penyakit ini. Penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri tak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di area persendian ini kerap membuat penderita merasa terganggu dan sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Mengonsumsi ubi ungu dapat menjadi solusi dalam mengatasi asam urat. Hal ini karena karena ubi ungu dapat menurunkan kadar asam urat melalui kandungan antosianin di dalamnya.

2. Manfaat Ubi Ungu untuk Mencegah Pembekuan Darah

Umumnya, pembekuan darah terjadi saat tubuh mengalami luka, faktor-faktor pembekuan dalam darah akan membuat darah di sekitar luka menjadi padat. Jika dibiarkan, maka hal ini akan berakibat fatal. Untuk mencegahnya, kalian bisa memulai untuk rajin mengonsumsi ubi ungu. Kandungan asam klorogenik dalam ubi ungu dapat membantu mencegah pembekuan darah. Dengan demikian, proses pembentukan benang-benang fibrin mengalami pengurangan dengan adanya asam klorogenik.

3. Manfaat Ubi Ungu untuk Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Selain itu, flanoid dalam ubi ungu dapat membantu menurunkan gula darah pada mereka yang menderita diabetes tipe 2 karena obesitas dan peradangan yang disebabkan oleh stres. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa mengonsumsi ubi ungu karena manfaat ubi ungu bisa menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal.

4. Manfaat Ubi Ungu untuk Gejala Asma

Asma merupakan salah satu kondisi penyakit jangka panjang pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Menurut penelitian menyebutkan bahwa asupan antioksidan yang tinggi seperti vitamin A dan C dikaitkan dengan penurunan risiko asma. Dengan demikian, mengonsumsi rutin ubi ungu akan membantu menurunkan gejala asma.

5. Manfaat Ubi Ungu untuk Tingkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat ubi ungu selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam ubi ungu dapat mencegah kerusakan oksidatif pada otak yang dapat menyebabkan penyakit otak seperti Alzheimer. Kandungan antioksidan inilah yang dikaitkan dalam perlindungan memori dan fungsi saraf otak pada usia lebih tua.

6. Manfaat Ubi Ungu untuk Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang menjadi momok bagi semua orang. Ubi ungu salah satu yang bisa mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit kanker. Kandungan antioksidan dalam ubi ungu mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi ubi ungu makan dapat menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Dengan begitu, kalian bisa mengubah ubi ungu menjadi makanan lezat untuk dikonsumsi secara rutin.

7. Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung salah satu kondisi dimana jantung mengalami gangguan. Adapun penyakit jantung seperti jantung coroner, penyakit jantung bawaan, infeksi jantung, gagal jantung, dan aritma atau gangguan dalam irama jantung. Untuk mencegah hal tersebut, kalian bisa mengonsumsi ubi ungu lantaran kandungan serat, antioksidan, mineral, dan vitamin B yang membantu mengendalikan peradangan pada jantung dan pembuluh darah.

8. Manfaat Ubi Ungu untuk Imunitas Tubuh

Menjaga imunitas tubuh sangat penting untuk menghindari diri dari berbagai macam penyakit.Kandungan antosianin dan polifenol yang ada pada ubi ungu bisa menekan stres akibat kerusakan oksidatif di dalam tubuh. Antiosianin bisa merangsang antioksidan jenis lain pada ubi ungu untuk menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas berhasil disingkirkan, maka hal tersebut yang bisa meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

Itulah sederet manfaat ubi ungu yang perlu kalian ketahui. Mengonsumsi ubi ungu juga akan membantu mencapai tingkat asupan harian dan vitamin bagi tubuh. semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI