7 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Berkendara yang Paling Efektif

Selasa, 15 September 2020 11:22 Penulis: Dhia Amira
7 Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Berkendara yang Paling Efektif
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ngantuk memang menjadi sesuatu hal yang sulit untuk dihindari, dan akan berbahaya bila terjadi ketika kita sedang berkendara. Cara mengatasi ngantuk saat berkendara memang wajib kita ketahui.

Hal ini agar kita dapat mengantisipasi keadaan yang membuat kita dapat mengatasi rasa ngantuk saat berkendara. Kira-kira apa saja ya cara yang paling efektif untuk mengatasinya? Dilansir dari berbagai sumber, inilah cara mengatasi rasa ngantuk saat berkendara. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Minum Kopi

Cara pertama mengatasi rasa ngantuk saat berkendara yaitu dengan mengonsumsi kopi. Memang bukan rahasia umum lagi bahwa kopi menjadi salah satu minum yang dapat menghilangkan rasa ngantuk.

Bila kalian sering merasa ngantuk saat berkendara, maka ada baiknya mengonsumsi kopi terlebih dahulu atau membawa kopi saat akan melakukan perjalanan jauh. Sehingga saat rasa ngantuk melanda, kalian bisa mengonsumsi kopi tersebut.

2. Melakukan Peregangan

Bila kalian benar-benar ngantuk, maka ada baiknya menepi dan melakukan peregangan. Teknik ini bisa kalian lakukan saat berkendara menggunakan mobil maupun motor.

Kalian bisa melakukan peregangan selama 10 menit hingga badan benar-benar merasa ringan, dan mata terasa lebih segar. Dengan melakukan peregangan juga akan membuat pikiran aktif dan tetap terjaga.

3. Menepi dan Beristirahat

Bila sudah tidak kuat dan lelah berkendara dalam waktu yang lama, maka kalian bisa loh menepi serta beristirahat sejenak. Karena bila dipaksakan akan menimbulkan bahaya.

Normalnya seseorang melakukan kegiatan berkendara selama 2,5 jam saja dan setelah itu wajib beristirahat. Karena saat menyetir tubuh dan mata justru jadi cepat lelah dan terasa berat. Sehingga kalian bisa melakukan istirahat selama 1,5 jam hingga 2 jam sebelum kembali berkendara.

4. Perhatikan Makan dan Minum

Bila kalian akan melakukan perjalanan jauh, maka memperhatikan makan atau minum menjadi salah satu cara mengatasi rasa ngantuk saat berkendara. Kalian wajib menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh.

Kalian juga perlu memperhatikan jumlah makan yang akan dikonsumsi, karena bila merasa kenyang tubuh akan cepat merasa ngantuk. Bila kalian merasa lapar, maka kalian bisa mengonsumsi biskuit, buah, dan snack ringan.

5. Buka Kaca Jendela

Cara selanjutnya untuk mengatasi rasa ngantuk saat berkendara yaitu, kalian bisa membuka kaca jendela. Saat berkendara memang menggunakan pendingin udara dapat membuat rasa ngantuk semakin bertambah.

Dan untuk mengurangi hal tersebut, kalian bisa mengganti pendingin udara dengan udara dari jendela. Bukan hanya mampu menghilangkan rasa ngantuk saja, udara di jendela juga mampu membuat mata menjadi terbuka.

6. Sediakan Air Mineral

Bukan hanya menyediakan kopi saja, kalian juga bisa loh menyediakan air mineral untuk mengatasi rasa ngantuk. Banyak mengonsumsi air mineral mampu membuat tubuh lebih segar dan tidak mudah merasa ngantuk.

Selain itu air mineral juga dapat menjadi air untuk membasuh muka dan kepala ketika merasa ngantuk. Karena dengan membasuh kepala dan juga wajah, maka rasa ngantuk akan menghilang dan merasa lebih segar.

7. Mendengarkan Musik

Dan cara terakhir mengatasi rasa ngantuk yaitu dengan mendengarkan musik. Yup! Cara ini memang menjadi salah satu cara yang ampuh, tetapi untuk yang berkendara mobil saja ya KLovers.

Kalian bisa mendengarkan musik yang sedikit bersemangat, atau lagu-lagu yang bisa dinyanyikan bersama-sama. Sehingga rasa ngantuk akan menghilang karena semangat setelah bernyanyi.

Itulah 7 cara mengatasi rasa ngantuk yang efektif, dan baik untuk dilakukan. Ada baiknya saat berkendara kondisi tubuh dalam keadaan yang fit dan tidur dalam kondisi yang cukup. Karena bila berkendara jauh kalian harus mempersiapkan diri dengan maksimal agar tidak mudah merasa lelah dan juga ngantuk.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI