8 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Mengobati Alergi - Mengatasi Wasir

Kamis, 11 Juni 2020 13:22 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Mengobati Alergi - Mengatasi Wasir
(credit: instagram.com/petani.modern)


Kapanlagi Plus - Sudahkah kalian mendengar manfaat belimbing wuluh? Meskipun sebagian banyak orang terdengar asing dengan belimbing wuluh, namun keberadaan buah ini cukup mudah untuk dijumpai terutama di daerah tropis. Belimbing wuluh sendiri mempunyai rasa yang sangat asam dan memiliki kandungan air yang banyak. Di Indonesia sendiri, umumnya belimbing wuluh digunakan sebagai campuran masakan seperti sayur asem, kari, bahkan juga sambal.

Belimbing wuluh memiliki nama latin Averrhoa bilimbi dan masih satu kerabat dengan belimbing. Meskipun berbentuk mungil dan memiliki rasa yang sangat asam, namun belimbing wuluh mempunyai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, dijelaskan oleh Science Direct, belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, C dan B kompleks serta protein. Beberapa kandungan mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga terkandung dalam belimbing wuluh.

Mengingat banyaknya kandungan baik yang terdapat pada belimbing wuluh, lalu apa manfaat belimbing wuluh lainnya? Nah, berikut ini merupakan ulasan lengkap terkait manfaat belimbing wuluh yang baik untuk kesehatan.

 

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi seringkali menjadi penyebab masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung dan stroke. Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan darah tinggi. Namun, alangkah baiknya kalian mencoba cara alami yang satu ini dengan mengonsumsi belimbing wuluh. Caranya pun cukup mudah, kalian hanya perlu meminum air rebusan belimbing wuluh. Ada baiknya sebelum merebus belimbing wuluh untuk membelahnya menjadi dua bagian.

2. Kekuatan Gigi dan Tulang

Selanjutnya belimbing wuluh dipercaya baik untuk kekuatan gigi dan tulang. Untuk menghindari risiko melemahnya gigi dan tulang seiring bertambahnya usia, kalian bisa rutin mengonsumsi belimbing wuluh. Hal ini lantaran  belimbing wuluh memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang sangat tinggi. Oleh sebabnya, kepadatan tulang dan gigi akan terjaga karena mineral di dalam buah ini.

3. Mengobati Gondongan

Gondongan merupakan kondisi dimana terjadi peradangan kelenjar parotis akibat infeksi virus. Gondongan ditandai dengan pembengkakan pada pipi penderita, dan umumnya terjadi pada anak-anak. Untuk mengobati gondongan, kalian bisa menggunakan cara alami dengan belimbing wuluh.

Kandungan pada batang dan daun belimbing wuluh bisa melawan virus gondok. Pilihlah tanaman belimbing wuluh yang masih muda lalu haluskan daun dan batangnya bersama bawang putih sampai menjadi pasta lalu oleskan ke daerah yang bengkak. Hal ini bisa mengobati gondongan dan meredakan pembengkakan.

4. Meredakan Demam dan Flu

Demam dan flu merupakan gangguan kesehatan yang sering menyerang seseorang. Hal ini biasanya terjadi karena cuaca yang tidak mendukung sehingga menyerang daya tahan tubuh yang lemah. Belimbing wuluh salah satu yang mempunyai kandungan vitamin C. Tentunya hal tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Untuk meredakan demam dan flu menggunakan belimbing wuluh, pertama-tama rebuslah buah belimbing wuluh, setelah itu konsumsi air rebusan belimbing wuluh tersebut.

5. Mengatasi Alergi

Alergi merupakan salah satu kondisi reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap suatu benda tertentu. Reaksi tersebut dapat berupa gatal, ruam, batuk, hingga sesak napas. Untuk mengobati alergi tersebut, cobalah mengonsumsi belimbing wuluh untuk meredakan alergi tersebut. Kalian bisa mengubah belimbing wuluh menjadi jus atau infuse water belimbing wuluh. Konsumsi secara teratur akan membantu mengurangi alergi di tubuh kalian.

6. Mengatasi Wasir

Wasir merupakan kondisi meradang atau bengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus. Hal ini tentunya membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Cara mengobati wasir dengan cara alami salah satunya menggunakan belimbing wuluh. Hal ini lantaran belimbing wuluh bermanfaat untuk meredakan pembengkakan pada wasir dan rasa nyeri. Kalian bisa mengonsumsi rutin rebusan air belimbing wuluh.

7. Mengatasi Anemia

Selanjutnya manfaat belimbing wuluh dipercaya dapat mengatasi anemia karena tingginya zat besi di dalamnya. Kekurangan zat besi akan memunculkan gejala anemia. Zat besi membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam aliran darah yang mengikat oksigen dan nutrisi lain dalam darah dan membawanya ke setiap bagian tubuh. oleh sebabnya, mengonsumsi belimbing wuluh membantu mencegah gejala anemia, seperti kelelahan, sesak napas, detak jantung tidak teratur, kelemahan, sakit kepala, dan pusing.

8. Mengobati Jerawat

Belimbing wuluh selain baik bagi kesehatan, ternyata belimbing wuluh juga mampu mengobati jerawat. Hal ini karena di dalam belimbing wuluh terdapat asam oksalat yang bisa mengurangi jerawat di wajah. caranya pun terbilang cukup mudah. Pertama-tama haluskan buah belimbing wuluh, setelah itu tempelkan belimbing wuluh yang berupa pasta ke wajah layaknya memakai masker, setelah itu diamkan hingga mengering, kemudian bilas hingga bersih. Selain dibuat sebagai masker, kalian bisa mengubah belimbing wuluh menjadi jus untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa manfaat belimbing wuluh yang baik bagi kesehatan.  konsumsi secara teratur untuk mendapatkan khasiat yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI