Cukupi Jangan Sampai Berlebihan, Ini 7 Dampak Buruk Minum Air Putih Terlalu Banyak

Rabu, 14 Oktober 2020 17:11 Penulis: Puput Saputro
Cukupi Jangan Sampai Berlebihan, Ini 7 Dampak Buruk Minum Air Putih Terlalu Banyak
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Air jadi salah satu asupan yang harus terpenuhi agar tubuh kita tetap fit. Saat kebutuhan cairan tidak terpenuhi, tubuh bisa mengalami berbagai masalah kesehatan. Mulai dari tubuh terasa lemas, hingga dehidrasi. Itulah sebabnya kebutuhan cairan harus terpenuhi. Selain itu, yang tak banyak orang tahu bahwa ternyata ada pula dampak buruk minum air putih terlalu banyak.

Ya, kelebihan asupan cairan juga berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, kita sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan. Delapan gelas atau 2 liter air putih per hari bagi orang dewasa dan tidak lebih. Sebab, kelebihan asupan cairan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Apa sajakah itu?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa dampak buruk terlalu banyak minum air putih bagi kesehatan.

 

1. Sakit Kepala

Sakit kepala jadi salah satu dampak buruk terlalu banyak minum air putih yang paling umum terjadi. Dilansir dari thehealthy.com, saat minum terlalu banyak air, konsentrasi garam dalam darah akan menurun. Akibatnya, sel-sel di organ tubuh akan membesar. Termasuk sel di otak yang juga membesar hingga menekan tengkorak. Inilah yang kemudian menyebabkan munculnya rasa sakit, seperti kepala yang berdenyut.

2. Kram Otot

Asupan cairan sangat berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh kita. Namun saat minum terlalu banyak air putih, kadar elektrolit dalam tubuh akan terganggu. Akibatnya, keseimbangan tubuh juga jadi tidak stabil. Selain itu, kadar elektrolit yang menurun juga bisa menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya otot yang menjadi tegang dan kram.

3. Berisiko Merusak Ginjal

Dampak buruk minum air putih terlalu banyak berikutnya berkaitan dengan kesehatan organ dalam tubuh. Ya, minum air putih terlalu banyak ternyata dapat mengancam kesehatan organ dalam kita. Salah satunya, ginjal. Hal ini dikarenakan asupan cairan yang terlalu banyak bisa mengakibatkan darah menjadi lebih encer.

Jika hal ini terjadi, ginjal akan kesulitan untuk menyaring dan menjaga keseimbangan natrium. Dampaknya, kotoran yang tidak tersaring ginjal akan mengendap dan ikut mengalir dalam darah. Apabila dibiarkan terjadi secara terus menerus, ini akan sangat tidak baik bagi kesehatan ginjal.

4. Cepat Lelah

Saat terlalu banyak minum air putih kalian juga bisa merasa lebih cepat lelah. Dampak buruk minum air putih terlalu banyak ini masih berkaitan dengan kondisi ginjal yang tidak baik. Pasalnya, ginjal bertanggung jawab dalam menyaring cairan yang masuk ke tubuh. Secara tidak langsung hal ini juga berfungsi menjaga keketnalan darah.

Selain itu, ketika minum terlalu banyak air, ginjal akan bekerja keras. Hal ini bisa menimbulkan reaksi stres dan tubuh yang terasa lelah.

5. Mengganggu Kesehatan Jantung

Selain mengancam kesehatan ginjal, ternyata dampak buruk minum air putih terlalu banyak juga bisa berimbas ke jantung. Seperti yang disebutkan sebelumnya, asupan air yang masuk ke tubuh kita akan sangat mempengaruhi tingkat kekentalan darah.

Saat darah terlalu encer, jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah. Hal ini juga akan menyebabkan meningkatnya tekanan pembuluh darah. Jika dibiarkan secara terus menerus, ini bisa berujung pada gangguan kesehatan jantung yang serius.

6. Iritasi Perut

Tak banyak yang tahu, ternyata asupan cairan yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan perut mengalami iritasi. Perut bisa saja mengalami iritasi, apabila keseimbangan elektrolit dalam tubuh terganggu keseimbangannya. Di samping itu, iritasi perut juga merupakan gejala tahap awal dari keracunan cairan. Jadi, jangan pernah anggap sepele.

7. Lebih Sering Buang Air Kecil

Saat minum air putih terlalu banyak, secara alami kalian juga akan lebih sering buang air kecil. Saat terlalu banyak minum air putih saluran kencing kita akan bekerja lebih keras. Akibatnya, produksi urine juga akan meningkat.

Dengan begitu, kalian lebih sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil. Sebab, buang air kecil juga jadi salah satu cara alami tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan.

Nah, itulah di antaranya beberapa dampak buruk dari minum air putih terlalu banyak. Jadi jangan minum berlebihan, konsumsi secukupnya sesuai anjuran 8 gelas atau 2 liter per hari bagi orang dewasa. Agar tubuh tetap fit tanpa risiko ganggu kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI