8 Cara Memijat Bayi Secara Aman dan Benar, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

8 Cara Memijat Bayi Secara Aman dan Benar, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Tahukah kalian jika memijat bayi merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat baik untuk si kecil. Apalagi jika pijatan tersebut dilakukan oleh sang ibu secara langsung. Hal ini akan membangun ikatan dan perkembangan bayi akan lebih sehat karena mendapatkan sentuhan kasih dari sang ibu.

Selain memijat bayi bertujuan untuk menenangkan si kecil, namun rupanya hal ini juga dapat mempererat ikatan ibu dan anak. Apabila ibu rutin melakukan pijatan pada bayi, hal ini akan memberikan banyak manfaat seperti memperlancar pencernaan, mengurangi sakit perut, gas dan sembelit pada bayi, meningkatkan sistem kekebalan, menjadikan tekstur kulitnya lebih baik, serta dapat mengurangi frekuensi menangis pada bayi.

Namun, sering kali para orangtua enggan melakukan ini karena takut bayinya justru menjadi sakit. Nah, kalian nggak perlu khawatir lagi nih, sebab, ada cara memijat bayi yang bisa dilakukan sendiri dan tentunya aman. Yuk langsung saja simak langkah-langkahnya.

 

1. Usahakan Memijat Setiap Hari

Cara memijat bayi memang perlu dilakukan supaya bayi tetap nyaman. Ada baiknya, kalian bisa melakukan pijat bayi setiap harinya atau setidaknya dua hari sekali. Jika kalian memilih melakukan pijatan di pagi hari, hal ini bisa bermanfaat untuk kondisi badan bayi yang digunakan bergerak. Jika kalian melakukannya pada malam hari, maka hal tersebut akan membantu bayi tidur lebih nyenyak.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tetap Mengajak Bayi Berkomunikasi

Saat bayi sedang melakukan pijat, tugas sebagai orangtua yaitu untuk tetap mengajak bayi berkomunikasi selama pemijatan berlangsung. Hal ini dilakukan supaya bayi tetap tenang dan rileks saat dipijat. Kalian bisa mendongeng, maupun bernyanyi untuk si kecil.

 

3. Cara Memijat Bayi Bagian Wajah

Cara memijat bayi bisa kalian mulai dengan bagian wajah. Caranya, kalian bisa menekan dengan menggunakan jari dari mulai kening ke arah pelipis dan pipi. Lalu, pijat bagian atas alis dengan menggunakan ibu dan berikan tekanan yang lembut tarik garis dari arah hidung ke arah pipi. Setelah itu, kalian juga bisa memijat di sekitar mulut bayi.

Caranya, kalian cukup menggunakan ibu jari seperti menarik ke dua arah kanan dan kiri membentuk senyuman, dan yang terakhir pijat lembut di bagian rahang bawah bayi, arahkan dari tengah ke samping sehingga bayi terlihat tersenyum dengan menggunakan gerakan tersebut.

 

4. Cara Memijat Bayi Bagian Dada

Selanjutnya, cara memijat bayi bisa kalian lakukan di bagian dada. Cara melakukan pijatan ini dengan menggunakan kedua tangan. Setelah itu, letakkan kedua tangan di atas dada bayi untuk selanjutnya menggerakkan tangan ke arah atas lalu ke samping memutar kembali lagi ke tengah membentuk simbol hati. Lalu, kalian bisa lanjutkan dengan membuat pijatan lembut arah silang dengan menggunakan telapak tangan kalian ke arah bahu bayi.

 

5. Cara Memijat Bayi Bagian Perut

Setelah melakukan pijatan dada, kalian langsung bisa memijat bagian perut. Perlu kalian ketahui jika cara memijat bayi pada bagian perut diperlukan kehati-hatian, supaya tali pusat bayi tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, perlu diingat untuk tidak memijat bagian atas tulang rusuk atau ulu hati.

Cara memijat bayi bagian perut pertama-tama yaitu lakukan gerakan seperti mengeruk perut bayi ke arah bagian perut bawah. Lalu, tekuk kaki bayi dan arahkan ke arah perut dan selanjutnya buat gerakan melingkar bergantian di atas perut searah jarum jam. Rasakan gelembung angin yang ada di dalam perut bayi, lalu dorong dengan menggunakan hari searah dengan jarum jam.

 

6. Cara Memijat Bayi Bagian Lengan

Selanjutnya, cara memijat bayi dilakukan di bagian lengan. Cara melakukannya, dengan menggunakan gerakan seperti lilin untuk memijat lengan dari mulai baju hingga sampai di pergelangan tangan, selanjutnya, kalian bisa mengulangi cara tersebut dengan berbalik arah, dari pergelangan ke arah bahu.

Selain itu, cara selanjutnya yaitu dengan menarik jari-jari bayi secara lembut. Kalian bisa sesekali menekan pada bagian ibu jari dan bagian telapak tangan dan punggung tangan secara bergantian. Selanjutnya, kalian bisa memijat dengan teknik seperti menggulung tangan ke arah bahu.

 

7. Cara Memijat Bayi Bagian Kaki

Cara memijat bayi, kalian bisa memijat kaki bayi. Caranya, pegang kaki dengan telapak tangan dan gunakan gerakan memilin dari mulai paha bayi ke arah pergelangan kaki bayi. Selanjutnya bisa dilakukan kebalikannya dari pergelangan ke arah paha. Tarik jari kaki secara lembut, lakukan penekanan pada ibu jari di telapak kaki dan punggung kaku secara bergantian, lakukan seperti menggulung kaki ke arah paha.

 

8. Cara Memijat Bayi Bagian Punggung

Terakhir, cara memijat bayi selanjutnya yaitu pijat area punggung. Pertama-tama, kalian bisa mengubah posisi bayi menjadi tengkurap. Selanjutnya, gerakkan tangan kalian maju mundur ke punggung bayi mulai dari bawah leher hingga ke pantat. Selanjutnya, kalian bisa melakukan gerakan melingkar pada otot samping tulang punggung menggunakan telapak tangan dari bawah leher sampai ke bawah.

Itulah sederet cara memijat bayi yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending