8 Jenis Buah Ini Ternyata Kaya Nutrisi dan Bersifat Anti Kanker

Kamis, 01 Oktober 2020 20:33 Penulis: Nurul Wahida
8 Jenis Buah Ini Ternyata Kaya Nutrisi dan Bersifat Anti Kanker
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kanker menjadi salah satu penyakit berisiko tinggi yang tak dapat dianggap sepele. Sebab penyakit ini menyumbang cukup banyak kematian baik dalam skala nasional ataupun global. Untuk itu menjaga tubuh tetap sehat agar terhindar dari penyakit kanker perlu diterapkan sedini mungkin. Salah satunya dengan konsumsi jenis buah kaya nutrisi yang dipercaya dapat mencegah kanker.

Penyakit kanker merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada sejumlah organ tubuh akibat pertumbuhan sel yang tidak normal. Sel kanker yang dapat tumbuh menyerupai daging hingga membentuk benjolan tersebut sering dikenal sebagai tumor. Berdasarkan jenisnya tumor bagi dalam dua kategori yakni tumor jinak dan tumor ganas.

Meski begitu sejumlah kanker tak melulu dikaitkan dengan munculnya tumor salah satunya kanker darah atau dikenal sebagai leukimia. Pemeriksaan diperlukan untuk mengetahui tubuh memiliki gangguan kesehatan tersebut atau tidak.

Sebab gejala penyakit kanker tak langsung dapat dirasakan penderitanya. Di Indonesia kasus kanker paling banyak terjadi pada kanker payudara yang mencapai 58.256 kasus berdasarkan data Global Cancer Observatory 2018 dari WHO dengan total keseluruhan penyakit kanker sebanyak 348.809.

Untuk itu pencegahan sedini mungkin perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terbebas dari kanker. Penerapan pola hidup sehat menjadi salah satu bagian penting yang perlu diterapkan untuk gangguan kesehatan ini. Salah satunya mencukupi asupan makanan sehat baik sayur dan buah. Sebab ada sederet jenis buah kaya nutrisi yang dipercaya bisa cegah kanker.

Adapun jenis buah kaya nutrisi yang dipercaya bisa cegah kanker terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 8 jenis buah kaya nutrisi yang dipercaya bisa cegah kanker.

 

1. Apel

Jenis buah kaya nutrisi yang dipercaya bisa cegah kanker salah satunya adalah buah apel. Sebab apel memiliki kandungan nutrisi vitamin dan antioksidan tinggi yang bersifat anti kanker. Seperti mengutip dari healhtline.com, apel mengandung vitamin C, A, E, B1, B2,  serat, dan potasium. Sejumlah nutrisi tersebut menawarkan manfaat baik kesehatan tubuh termasuk dapat mencegah penyakit kanker.

Selain itu buah apel cocok dikonsumsi untuk penyembuhan dan pencegahan sel kanker dalam tubuh. Konsumsi buah apel secara langsung ataupun membuat sejumlah makanan dan minuman seperti jus bisa menjadi pilihan kalian.

2. Anggur

Jenis buah kaya nutrisi yang dipercaya bisa cegah kanker selanjutnya adalah anggur. Buah anggur cukup banyak diminati masyarakat karena rasanya yang manis serta nikmat dikonsumsi. Selain itu kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah anggur memberi manfaat bagi kesehatan salah satunya membantu mencegah sel kanker.

Diantaranya kandungan nutrisi dalam anggur yakni vitamin C, kalium, likopen, dan mineral. Nutrisi tersebut juga berperan sebagai antioksidan tinggi yang dapat mencegah peradangan pada tubuh. Selain itu senyawa likopen dalam buah anggur diketahui memiliki sifat anti kanker.

3. Berry

Jenis buah kaya nutrisi yang bersifat anti kanker lainnya adalah buah berry. Buah berry mengandung banyak vitamin serta antioksidan tinggi yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Melansir dari healhtline.com, bersumber dari penelitian jenis berry seperti raspberry hitam dapat membantu meringankan gejala kanker mulut termasuk menurunkan perkembangan kanker.

Begitu juga dengan jenis berry blueberry yang memiliki efek serupa dengan mengandung nutrisi dan vitamin mencegah kanker dalam tubuh. Buah berry ini juga ramah dikonsumsi untuk penyembuhan kanker. Untuk itu menambahkan buah berry dalam daftar makanan sehat tampaknya tak bisa dilewatkan karena kandungan nutrisi di dalamnya.

4. Jeruk

Jenis buah kaya nutrisi bersifat anti kanker juga dapat diperoleh dari buah jeruk. Sebab buah jeruk mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi sehat seperti vitamin C, folat, kalium, dan lain sebagainya. Dimana vitamin C tinggi dalam buah jeruk termasuk jenis antioksidan kuat yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu vitamin C berdasarkan sejumlah penelitian menunjukkan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Antioksidan tersebut juga berperan sebagai senyawa yang bisa menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

5. Pisang

Rasa manis dan lembut buah pisang memang menjadikan buah satu ini begitu nikmat saat dikonsumsi. Selain enak, rupanya buah pisang juga mengandung nutrisi dan vitamin bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk mencegah kanker. Diantara kandungan dalam buah pisang yakni vitamin C, mangan, serat, vitamin B6, dan potasium.

Melansir dari healhtline.com, kandungan pektin dalam buah pisang diyakini dapat membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker usus besar. Namun penelitian tersebut perlu dilakukan kajian lebih lanjut untuk melihat manfaat pada manusia.

6. Manggis

Bukan rahasia lagi buah manggis diyakini dapat menjadi salah satu jenis buah kaya nutrisi bersifat anti kanker. Sebab buah manggis mengandung antioksidan kuat bernama xanthones. Senyawa tersebut dipercaya dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker. Selain itu manggis juga diketahui memiliki sifat anti peradangan, anti inflamasi, serta anti kanker. Tidak heran apabila buah manggis cukup sering digunakan sebagai bahan alami mencegah kanker dan meringankan gejalanya.

7. Sirsak

Jenis buah kaya nutrisi bersifat anti kanker selanjutnya adalah sirsak. Sama seperti buah manggis, sirsak juga mengandung sejumlah nutrisi untuk mencegah penyakit kanker. Diantara nutrisi dan vitamin dalam buah sirsak yakni vitamin C, kalori, dan mineral. Antioksidan kuat dalam buah sirsak berjenis seperti flavonoid, tanin, fenol, dan lain sebagainya dapat menurunkan risiko penyakit kanker serta penyakit kronis lainnya.

8. Buah Delima

Jenis buah kaya nutrisi bersifat anti kanker juga dapat diperoleh dari buah delima. Buah delima memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, folat, kalsium, potasium dan lain sebagainya. Buah delima tersebut cukup ramah dikonsumsi pada penderita kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Untuk itu menambahkan buah delima dalam daftar menu harian perlu dilakukan agar memperoleh manfaat bagi kesehatan.

Nah itulah 8 jenis buah kaya nutrisi bersifat anti kanker. Selain menjaga asupan makanan sehat, penerapan pola hidup sehat seperti olahraga dan istirahat cukup penting dilakukan untuk mendukung tubuh tetap bugar serta fit.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI