5 Cara Menghilangkan Bau Asap di Pakaian, Bisa Juga untuk Rokok

Kamis, 01 Oktober 2020 18:11 Penulis: Puput Saputro
5 Cara Menghilangkan Bau Asap di Pakaian, Bisa Juga untuk Rokok
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Bau asap yang menempel di pakaian atau baju tentu sangat mengganggu. Bahkan, tak hanya mengganggu bau asap tersebut juga bisa mengancam kesehatan. Sebab, seperti yang kita tahu partikel-partikel kecil dari asap yang terhirup bisa mengganggu sistem pernapasan. Tapi kalian tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi bau asap di pakaian.

Bau asap bisa muncul karena berbagai hal seperti pembakaran sampah hingga rokok. Menghilangkan bau asap yang menempel di baju atau pakaian memang susah-susah gampang. Bau asap tidak akan hilang hanya dengan diangin-anginkan. Bahkan, tak jarang bau asap khususnya yang berasal dari rokok tetap sulit dihilangkan walaupun sudah dicuci.

Kalian tak perlu cemas, dirangkum dari berbagai sumber berikut beberapa cara menghilangkan bau asap di pakaian.

 

1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu cara menghilangkan bau asap di pakaian yang paling praktis adalah dengan menjemur di ruang terbuka. Usahakan yang dipilih untuk menjemur terdapat sinar matahari yang cukup, serta sirkulasi udara yang baik. Pasalnya, kombinasi sinar matahari dan udara segar dipercaya bisa menguraikan partikel asap yang menempel di permukaan pakaian.

Namun, untuk menghilangkan bau asap cara ini tidak bisa dilakukan secara instan. Agar maksimal, pakaian yang berbau asap harus dijemur kurang lebih 1 hari lamanya. Tapi, durasi menjemur bisa kalian menyesuaikan dengan seberapa pekat bau asap pada pakaian tersebut.

2. Air Perasan Lemon

Lemon jadi salah satu bahan alami yang kerap dipakai untuk membersihkan berbagai benda. Mulai dari pakaian hingga perabot rumah tangga. Lemon ternyata, tak hanya bisa membuat pakaian bersih. Lemon juga bis digunakan untuk menghilangkan bau asap pada pakaian.

Cara menghilangkan bau asap di pakaian dengan lemon juga cukup mudah dilakukan. Pertama-tama kalian perlu menyiapkan air perasan lemon, kurang lebih 3 buah atau setengah gelas. Kemudian, campurkan air perasan lemon tersebut pada air untuk mencuci pakaian. Air lemon tidak saja ampuh hilangkan bau asap. Air perasan lemon juga dipercaya efektif menghilangkan berbagai jenis bau tak sedap lainnya.

3. Baking Soda

Baking Soda memang diketahui punya banyak sekali manfaat. Sama seperti lemon, soda kue juga sering dipakai untuk membersihkan benda dan menghilangkan bau. Cara menghilangkan bau asap di pakaian dengan soda kue tak kalah mudah. Dilansir dari kellysdrycleaners.com, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1) Letakkan pakaian di kantong plastik ukuran besar.

2) Masukkan kurang lebih setengah gelas baking soda, lalu tutup plastik dengan ikatan kencang.

3) Jika sudah, goyang-goyangkan plastik berisi baking soda dan pakaian kurang lebih 2 menit.

4) Selanjutnya, kalian hanya perlu membiarkannya semalaman. Tujuannya agar baking soda bisa maksimal mengatasi bau asap di serat-serat pakaian.

5) Setelah didiamkan, keesokan harinya kalian bisa mengambil pakaian tersebut. Kemudian, mengibaskannya untuk menghilangkan baking soda dan bau yang tersisa.

4. Cuka Putih

Cara menghilangkan bau asap di pakaian lainnya juga bisa dilakukan dengan memakai cuka putih. Caranya cukup mudah. Kalian cukup mencampurkan 1 gelas cuka dengan 1 ember air hangat. Kemudian, rendam pakaian yang berbau asap. Untuk menambah aroma segar, kalian juga bisa menambahkan beberapa minyak esensial sesuai selera, seperti lemon, jeruk, atau lavender.

Tak perlu waktu seharian, kalian cukup merendam pakaian berbau asap selama satu jam. Setelah itu, kalian bisa mencucinya seperti biasa.

5. Membuat Semprotan Penghilang Bau Asap

Masih ada satu cara lagi untuk menghilangkan bau asap dengan memanfaatkan cuka putih. Jika tak ingin ribet mencuci, kalian bisa membuat semprotan penghilang bau asap.

Untuk membuatnya, kalian hanya perlu mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 1:1 ke dalam botol semprot. Setelah itu tambahkan pula 20 tetes minyak esensial. Kalian bisa menyesuaikan jenisnya dengan aroma favorit kalian.

Namun untuk menghilangkan bau asap, lebih disarankan untuk memilih aroma mint atau lemon. Pasalnya, kedua aroma ini dinilai paling efektif menyamarkan bau asap di pakaian.

Itulah beberapa cara mengatasi bau asap di pakaian. Kalian bisa langsung mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI