8 Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah

Kamis, 17 Desember 2020 10:11 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Olahraga untuk Penderita Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Bagi penderita diabetes, segala upaya untuk menurunkan gula darah menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Gula darah sendiri merupakan bahan bakar dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai energi sehingga berguna untuk kerja sistem saraf, otak dan seluruh organ tubuh. Umumnya, gula darah ini berasal dari sumber-sumber makanan yang telah kalian konsumsi. Ya, gula darah memang memiliki peranan penting. Namun, jika kelebihan gula darah akan mengakibatkan menumpuk sehingga menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh.

Perlu kalian ketahui pula, jika gula darah dikatakan tinggi ketika gula darah seseorang lebih dari 180 mg/dL. Kadar gula darah yang tinggi bisa berbahaya bagi penderita diabetes atau pun yang tidak. Untuk itulah pentingnya menjaga tekanan gula darah supaya tetap normal sangatlah penting. Selain menjaga asupan makan dalam tubuh agar mempertahankan gula darah tetap stabil, penderita diabetes juga dianjurkan untuk melakukan olahraga lho.

 

1. Jalan Kaki

Jalan kaki menjadi salah satu jenis olahraga bagi penderita diabetes yang paling mudah untuk dilakukan. Kalian juga bisa menyesuaikan kecepatannya sebagai bentuk latihan aerobik untuk meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan melakukan olahraga ini, maka penderita diabetes dapat mengatur intensitasnya sesuai dengan kemampuan fisik dan kondisi kesehatannya. Tak perlu olahraga jalan kaki dengan waktu yang lama, kalian hanya perlu melakukannya 5 kali dalam seminggu selama 30 menit. Dengan begitu, kebugaran tubuh kalian tetap terjaga. Jalan kaki juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

 

2. Yoga

Selanjutnya, jenis olahraga yang perlu kalian coba bagi penderita diabetes yaitu dengan melakukan yoga. Olahraga yoga sendiri merupakan gabungan gerakan tubuh yang membangun kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan. Hal ini tentu membantu mengurangi stres, memperbaiki fungsi saraf, melawan resistensi insulin, dan memperbaiki kadar gula darah.

Penerapan yoga sebagai olahraga untuk diabetes juga bisa dilakukan kapan saja. Lakukan olahraga ini secara rutin sesuai dengan tingkat kesehatan kalian. Hal ini supaya tubuh kalian menjadi lebih bugar, sehingga fungsi organ dapat berjalan dengan maksimal.

 

3. Bersepeda

Bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga yang menyenangkan ini juga sangat cocok dilakukan bagi penderita diabetes. Apalagi bagi penderita diabetes tipe 2 yang memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena radang sendi atau arthritis yang biasanya muncul gejala nyeri tak tertahankan. Dengan melakukan olahraga bersepeda, kadar gula darah kalian juga bisa menurun drastis.

Selain itu, bersepeda juga baik untuk menguatkan jantung, dan meningkatkan fungsi paru-paru. Olahraga ini juga sangat baik untuk menurunkan berat badan karena meningkatnya aliran darah ke kaki sehingga dapat membakar kalori. Tak perlu bersepeda dalam waktu yang lama, kalian cukup melakukannya secara rutin selama 30 menit.

 

4. Senam Aerobik

Jenis olahraga aerobik merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi penderita diabetes. Jenis senam ini biasanya diiringi irama musik saat melakukan berbagai macam gerakan. Adapun gerakan senam aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh, denyut jantung, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Kalian bisa melakukan zumba. Olahraga ini memiliki gerakan-gerakan yang lebih cepat, sehingga kalian akan lebih mudah berkeringat. Kondisi tersebut tentu saja berdampak baik pada kadar gula darah dalam tubuh. Kalian bisa melakukan olahraga ini setidaknya 30 menit

 

5. Berenang

Selanjutnya, berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang ideal bagi penderita diabetes. Olahraga yang menggunakan otot tubuh bagian atas dan bawah ini juga menguntungkan penyandang diabetes terutama yang sudah mengalami gangguan neuropati diabetes atau gangguan saraf yang menyebabkan kesemutan, nyeri atau mati rasa.

Kalian bisa melakukan gerakan pada bagian tubuh yang sering merasakan gangguan neuropati diabetes. Selain itu, berenang juga dapat menurunkan tingkat stres, membakar kalori, dan menurunkan kadar kolesterol.

 

6. Pilates

Pilates menjadi salah satu jenis olahraga yang difokuskan untuk kelenturan dan fleksibilitas seluruh bagian tubuh ini sangat cocok bagi penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian terbaru terhadap wanita lansia dengan diabetes tipe 2, pilates juga dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Tak heran jika olahraga yang satu ini menjadi tren dalam dunia kebugaran.

 

7. Tai Chi

Tai chi atau jenis olahraga bela diri juga bisa kalian coba bagi penderita diabetes. Sebab olahraga ini mampu membantu mengontrol glukosa dalam darah dan mengurangi risiko kerusakan saraf akibat komplikasi diabetes. Selain itu, olahraga ini berfokus pada pergerakan dan irama secara lamban dan halus. Tak heran jika olahraga Tai chi dapat menenangkan tubuh dan pikiran.

 

8. Latihan Angkat Beban

Latihan angkat beban juga merupakan salah satu olahraga yang baik untuk penderita diabetes. Latihan ini direkomendasikan karena manfaat utamanya untuk meningkatkan massa otot. Saat massa otot bertambah maka tubuh akan lebih mudah mengendalikan gula darah. Namun, untuk melaksanakan olahraga ini secara rutin kalian harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini karena latihan angkat beban berisiko membuat kalian mengalami cedera.

Itulah sederet jenis olahraga yang baik untuk penderita diabetes. Pastikan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum memulai rencana olahraga. Selain itu, kalian juga harus rajin untuk mengecek gula darah sebelum olahraga. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI