8 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan, Mengatasi Sakit Perut - Mengobati Kencing Batu

Jum'at, 22 Mei 2020 13:22 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan, Mengatasi Sakit Perut -  Mengobati Kencing Batu
(credit: via liputan6.com)


Kapanlagi Plus - Jamu beras kencur tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Meskipun jamu identik dengan rasa pahit, tetapi, rasa dari jamu beras kencur ini berbeda dengan jamu pada umumnya, dan sangat menyegarkan. Apalagi jika dilihat manfaat beras kencur maka tidak akan menolak untuk mengonsumsinya.

Jamu yang berbahan beras, rimpang dan kencur ini ternyata punya segudang manfaat loh. Apakah kalian tahu, jika sejak dahulu masyarakat memercayai manfaat beras kencur sebagai jamu yang mampu menangkal penyakit dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Lalu, apa saja manfaat berat kencur? Yuk langsung saja intip segudang manfaatnya.

 

1. Membantu Mengatasi Kolesterol

Mengonsumsi beras kencur secara rutin dapat memperlancar aliran empedu sehingga membantu penyerapan makanan yang masuk dalam tubuh. Aliran yang lancar tersebut membantu menyingkirkan kolesterol jahat.

Selain itu, kencur memiliki sintase asam lemak dengan bantuan kandungan flavonoidnya, seperti kaempferol, quercetin, dan galanin sehingga kolesterol dapat keluar dari tubuh.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat beras kencur baik bagi anak-anak yang kehilangan nafsu makan. Dengan memberikan beras kencur maka anak akan mengalami peningkatan berat badan maupun makan dengan lebih lahap dan terhindar dari rendahnya nafsu makan.

Tidak hanya dikonsumsi oleh anak-anak, bagi kalian orang dewasa yang mengalami hal serupa, ada baiknya rutin mengonsumsi beras kencur sehingga berat badan tetap stabil dan tubuh tetap kuat dengan pola makan yang teratur.

3. Mengatasi Masuk Angin dan Flu

Kelelahan dan pergantian musim kerap kali menyebabkan beberapa penyakit muncul seperti masuk angin dan flu. Mengonsumsi beras kencur bisa menjadi alternatif untuk mengeluarkan udara dari dalam tubuh. Kalian bisa membuat jamu beras kencur hangat yang dapat membantu mengeluarkan angin dari dalam tubuh.

Selain itu, beras kencur juga dapat meredakan flu. Hal ini karena adanya efek hangat yang dihasilkan kencur. Efek hangat dari kencur bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu.

4. Mencegah Kanker

Selanjutnya, manfaat beras kencur dipercaya mampu mencegah kanker. Hal ini lantaran kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat anti-kanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

5. Kecantikan Kulit

Manfaat beras kencur tidak hanya dirasakan untuk mengatasi masalah kesehatan saja. Akan tetapi, beras kencur juga memiliki manfaat untuk kecantikan yang tidak kalah menariknya.

Dengan mengonsumsi beras kencur secara rutin, maka akan membantu mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit. Selain dikonsumsi secara rutin sebagai jamu, ternyata beras kencur juga dapat dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit. Jika kalian ingin mendapatkan hasil yang cepat, maka perawatan yang dilakukan dari luar dan dalam tubuh ini akan membantu mengatasi masalah kesehatan kulit kalian.

6. Mengobati Kencing Batu

Jika kalian mempunyai penyakit kencing batu, mengonsumsi rutin jamu beras kencur akan membantu menyembuhkan kencing batu. Hal ini lantaran beras kencur bisa menghancurkan endapan zat-zat di dalam saluran kemih atau disebut juga batu ginjal.

Kalian bisa meracik ramuan beras kencur dengan mengambil dua rimpang kencur. Setelah itu, parutlah kencur tersebut. Langkah selanjutnya yaitu haluskan beras. Lalu campur parutan kencur dan beras halus dengan segelas air hangat. Anda bisa tambahkan gula aren untuk kemudian di seduh.

7. Kurangi Rasa Sakit Perut

Manfaat lainnya dari beras kencur yaitu mampu mengurangi rasa sakit perut. Saat mengalami sakit perut yang tak tertahankan, mengonsumsi jamu beras kencur ini dapat menjadi solusi utamanya.

Selain itu, jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi diare. Hal ini karena kencur mengandung serat yang membantu masalah pencernaan. Jamu beras kencur juga dapat meredakan nyeri atau kram perut akibat maag.

8. Mengontrol Gula Darah

Bagi penderita diabetes, sangat baik mengonsumsi beras kencur untuk menurunkan kadar gula darah. Jamu beras kencur disebut dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya tetap normal.

Itulah beberapa manfaat beras kencur bagi kesehatan tubuh. Oleh sebabnya, rutin mengonsumsi jamu tradisional akan lebih baik mencegah beberapa kemungkinan penyakit yang muncul, daripada harus ketergantungan dengan obat medis. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI