8 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Disadari, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

8 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Disadari, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Ilustrasi (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Buah yang khas dengan rambut dipermukaannya ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis serta teksturnya yang kenyal memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat buah rambutan. Manfaat buah rambutan diketahui sangat baik untuk kesehatan, salah satunya bisa bantu turunkan berat badan.

Rambutan merupakan buah yang tergolong hidup di area tropis seperti Indonesia. Nama buah rambutan ini sebenarnya berasal dari bentuk permukaannya yang seperti rambut dengan bulu. Namun jangan salah meski bentuknya terlihat unik, tapi rasa buah rambutan begitu enak dan nikmat.

Pohon rambutan hampir sering ditemui di seluruh wilayah di Indonesia. Pohon ini bahkan kerap menjadi tanaman pekarangan rumah yang membuat sejuk lingkungan rumah. seperti yang diketahui untuk mengonsumsi buah ini harus dikupas lebih dulu untuk menemukan daging buah berwarna putih.

Daging buah rambutan memang terlihat mirip dengan kelengkeng serta leci. Namun tentunya agak sedikit berbeda dengan buah tersebut. Dalam buah rambutan diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Diantara kandungan nutrisi tersebut seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, mineral, dan vitamin. Sehingga manfaat rambutan berdasarkan kandungan nutrisinya sangat baik untuk kesehatan. namun sayangnya sebagian orang kurang menyadari manfaat rambutan yang mereka konsumsi. Jika kalian salah satunya, maka penting mengetahui manfaat rambutan agar hidup jadi lebih sehat.

Lalu apa manfaat rambutan untuk kesehatan?

Adapun manfaat rambutan untuk kesehatan dapat kalian ketahui seperti di bawah ini. Berikut 8 manfaat rambutan untuk kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat rambutan untuk kesehatan yang pertama adalah dapat bantu turunkan berat badan. Ya, kandungan serat yang cukup tinggi dalam rambutan bisa membantu mengeluarkan kalori dalam tubuh termasuk melancarkan pencernaan.

Sehingga meski kalian memakan rambutan dalam jumlah yang banyak kemungkinan besar tidak akan mempengaruhi berat badan kalian. Justru akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. di mana rasa kenyang tersebut akan membuat kalian tidak mudah lapar serta membantu menurunkan berat badan. Meski memang diperlukan perawatan lain untuk membantu menurunkan berat badan kalian agar normal serta ideal.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang lancar akan membuat tubuh menjadi sehat serta lebih ringan. Salah satunya manfaat rambutan untuk kesehatan pencernaan yang bisa bantu melancarkan proses pembusukan makanan dalam usus.

Sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan kalian agar kotoran tidak menumpuk dan mencegah sembelit. Sebab, kandungan serat tidak larut air dalam rambutan menjadi faktor rambutan dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat rambutan untuk kesehatan yang jarang disadari adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh. daya tahan tubuh sendiri diketahui sangat penting untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit dan virus.

Manfaat tersebut dapat diperoleh dari kandungan vitamin C dalam rambutan yang dapat mendorong produksi sel darah putih sehingga mampu melawan infeksi. Termasuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa diperoleh dari konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi.

4. Menyehatkan Jantung

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan selanjutnya juga bisa menyehatkan jantung. Sebab, kandungan vitamin C yang tinggi dalam rambutan berperan untuk menjaga kesehatan jantung. Sehingga konsumsi rambutan dapat membuat jantung lebih sehat dan terjaga dari penyakit.

Tentunya harus memperhatikan pola makan serta hidup sehat lainnya yang bisa diperoleh bukan hanya dari buah rambutan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain merawat kecantikan kulit tentunya kesehatan kulit harus tetap diperhatikan. Salah satunya dapat ditemukan dalam buah rambutan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat rambutan untuk kesehatan kulit ini terdapat dalam kandungan vitamin C yang berguna meningkatkan kolagen dan menjaga kelembabannya.

6. Menangkal Radikal Bebas

Buah rambutan diketahui mengandung antioksidan yang diperoleh dari vitamin C. antioksidan tersebut dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab munculnya penyakit serta virus.

Seperti yang dilansir dari halaman hellosehat.com, mengonsumsi 5 hingga 6 buah rambutan setiap hari dapat memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian. Tentunya semakin banyak antioksidan dalam tubuh maka dapat menangkal paparan radikal bebas. Sehingga manfaat rambutan tersebut tentunya sangat baik bagi tubuh.

7. Metabolisme Tubuh

Manfaat rambutan untuk kesehatan selanjutnya yakni dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. metabolisme tubuh sendiri diketahui merupakan proses pengubahan zat makanan menjadi energi. Salah satunya dapat diperoleh dari buah serta sayur.

Berdasarkan kandungan nutrisinya dalam rambutan memiliki vitamin C dan mencakup vitamin B. sehingga kedua vitamin tersebut mampu memberikan energi dan tenaga dalam tubuh.

8. Menguatkan Tulang

Kondisi tulang yang rapuh dapat terjadi oleh siapapun, terutama untuk usia mereka yang memasuki usia lanjut. Maka mempertahankan agar tulang tetap kuat dan sehat harus segera dilakukan agar menghindari risiko yang lebih besar.

Manfaat rambutan untuk kesehatan salah satunya dapat menguatkan tulang dalam tubuh. kandungan fosfor dan kalsium dalam rambutan mampu menjaga kesehatan tulang.

Nah itulah 8 manfaat rambutan untuk kesehatan yang jarang diketahui, salah satunya bisa bantu turunkan berat badan. Namun perlu diperhatikan agar tetap mengonsumsi asupan gizi lainnya serta menerapkan pola hidup yang sehat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending