8 Minuman Diet Peluntur Lemak, Bisa Dikonsumsi Saat Puasa Ramadhan

Senin, 27 April 2020 15:22 Penulis: Dita Tamara
8 Minuman Diet Peluntur Lemak, Bisa Dikonsumsi Saat Puasa Ramadhan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sejumlah cara dilakukan orang untuk melakukan diet agar memperoleh berat badan yang ideal. Tidak hanya itu, diet dilakukan guna memperoleh badan yang sehat. Oleh sebabnya, berbagai cara dilakukan untuk mengurangi asupan gula pada tubuh, seperti dengan meminum minuman diet secara alami.

Memasuki bulan suci Ramadhan, tentu beberapa orang masih bertekad teguh untuk tetap melakukan diet. Menurunkan berat badan saat bulan puasa tidak ada salahnya untuk dilakukan. Selain itu, menurunkan berat badan saat puasa memang suatu hal yang terbukti hasilnya jika dibandingkan dengan hari biasa.

jika di hari-hari biasa kalian sering gagal dalam program diet, maka di bulan puasa ini kalian bisa mencoba kembali untuk melakukan diet tersebut. Selain itu, berpuasa Ramadhan sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti menghilangkan racun-racun dalam tubuh, dan merefresh kembali organ-organ tubuh, serta bisa memperbarui hormon-hormon yang sangat mempengaruhi mental dan rasa nyaman dalam hidup.

Pada saat melakukan diet, kalian tentu lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman demi melancarkan program diet. Namun hal ini akan jauh lebih baik apabila kalian memilih minuman yang tepat selama puasa. Berikut ini merupakan list minuman diet peluntur lemak yang bisa dikonsumsi saat puasa:

 

1. Teh Hijau

Teh hijau memang telah lama dipercaya sebagai minuman yang bisa membantu agar tubuh cepat langsing. Minuman ampuh ini memiliki kandungan fkavonoid dan kafein pada teh hijau dapat meningkatkan metabolisme, oksidasi semak, serta aktivitas insulin. Kalian dapat menjadikan teh hijau sebagai minuman diet yang baik dikonsumsi ketika sahur maupun buka puasa.

Akan tetapi, perlu di ingat ketika mengonsumsi teh hijau untuk tidak menambahkan gula pada saat mengonsumsinya. Hal ini akan segera mendapatkan hasil yang cepat dalam memperoleh berat badan yang sesuai keinginan.

2. Susu

Minum susu dapat menjadi salah satu cara minuman diet yang baik dikonsumsi. Menurut sebuah penelitian, susu mengandung protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit yang baik untuk tubuh. namun, tidak semua jenis susu bisa dikonsumsi dan menjadi minuman diet.

Minuman diet yang baik yaitu pemilihan susu yang rendah lemak. Mengonsumsi susu rendah lemah ada baiknya di minum saat sahur karena dapat memberikan asupan gizi yang baik untuk melengkapi kebutuhan protein tubuh sehingga puasa juga lancar.

3. Jus Buah dan Smoothies

Selain menyehatkan, buah-buahan dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah Jika kalian berusaha diet menggunakan buah-buahan. Pastikan untuk selalu menggunakan seratus persen buah segar tanpa pemanis buatan.

Pilihkan buah yang tinggi serat seperti apel, jambu biji maupun sayuran berdaun hijau gelap dapat menjadi solusi yang tepat. Jus maupun smoothies baik di minum pada saat berbuka puasa atau sebelum sahur. Minuman diet yang satu ini juga bersifat mengenyangkan.  

4. Infused Water

Infused water merupakan minuman kesehatan yang terbuat dari air mineral dan berbagai macam potongan buah yang kemudian disimpan di dalam wadah tertutup. Minuman ini merupakan minuman detoks dengan sejuta khasiat salah satunya ialah minuman untuk diet.

Minuman yang bersifat asam sudah terbukti ampuh dalam melunturkan lemak. Manfaat lainnya mengonsumsi minuman asam yakni dapat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan sehingga diet dapat terbantu. Kalian dapat membuat infused water dengan beberapa pilihan buah seperti jeruk, jeruk nipis, strawberry, maupun kiwi. Ada baiknya kalian mengonsumsi infused water setelah berbuka puasa atau di akhir sahur dimana perut sudah terisi makanan.

5. Air Putih

Meskipun air putih merupakan minuman diet yang terdengar sepele, namun air putih mampu membantu dalam hal diet. Minum 8 gelas air putih bisa digunakan dengan menerapkan aturan minum dengan 2-4-2 yang berarti 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas menjelang tidur. 

Penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengungkapkan bahwa minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen. Semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar.

6. Air Jahe

Jahe merupakan salah satu minuman yang bisa dimanfaatkan sebagai minuman untuk diet. Memasukkan obat tradisional ini ke dalam menu diet kalian adalah ide yang cemerlang. Jahe memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh, salah satunya sebagai detoksifikasi. Air jahe juga bisa dikonsumsi saat puasa. 

7. Ramuan Kayu Manis

Ramuan kayu manis memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meluruhkan lemak-lemak jahat, meningkatkan sistem imun, serta mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh. Caranya cukup menyiapkan 2 batang kayu manis, 2 sendok madu, dan segelas air putih. setelah itu rebus air hingga mendidih dan masukkan kayu manis beserta madu. Cocok dikonsumsi pada saat sahur.

 

 

8. Yoghurt

Meminum yoghurt bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Selain itu, yoghurt memiliki khasiat baik dalam melancarkan sistem pencernaan. Yoghurt memiliki kandungan bakteri probiotik yang membuat pencernaan menjadi sehat. Namun, kalian dapat meminum yoghurt yang tidak mengandung gula ataupun pemanis tambahan agar diet dapat terlaksana dengan sempurna.

Nah, itulah daftar minuman diet peluntur lemak yang rata-rata bahannya bisa dengan mudah kalian temukan. Selain puasa dengan lancar, program diet pun tetap bisa berjalan. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI