87 Kata-Kata untuk Buah Hati Penuh Kasih Sayang dan Nasihat Bijak

Minggu, 18 Juli 2021 10:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
87 Kata-Kata untuk Buah Hati Penuh Kasih Sayang dan Nasihat Bijak
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Anak atau buah hati sering kali terlihat seperti keajaiban di mata orangtua. Kalian, sebagai orangtua tentu takjub melihat makhluk mungil yang terus tumbuh setiap hari. Rasa takjub itu bisa kalian ungkapkan melalui kata-kata untuk buah hati sebagai pujian.

Pada masa pertumbuhan, anak pun akan terus meniru hal-hal yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, kalian harus benar-benar memperhitungkan kata-kata untuk buah hati. Alangkah lebih baik kalian memberi tahu mereka tentang isi dunia ini lewat nasihat bijak secara perlahan.

Jika kalian hanya serampangan dalam memilih diksi, itu akan berefek pada pertumbuhan mereka. Apalagi jika kalian merupakan orang yang emosional, pasti akan sangat sulit menghadapi tingkah mereka yang mungkin sering berubah. Oleh karena itu, kalian perlu mencari referensi kata-kata untuk buah hati seperti berikut ini.

1. Kata-Kata untuk Buah Hati

Saat dalam masa pertumbuhan, alangkah lebih baik jika kalian meluangkan waktu untuk berbincang dengan anak. Mendengar segala ocehannya yang menggemaskan juga menyampaikan kata-kata untuk buah hati sebagai rangsangan positif bagi pikirannya seperti berikut ini.

1. "Anakku, bersinarlah seperti matahari, tetap bersinar setiap hari walau tak selalu cemerlang. Kamu boleh lelah dan mengeluh kapan saja kepadaku."

2. "Cinta orang tua kepada anak adalah cinta yang seharusnya diteladani. Ia banyak memberi tanpa harus meminta balasan."

3. "Dan cinta ibu itu seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau, ia pasti datang dengan sendiri."

4. "Hanya seorang ibu yang bisa memahami seperti apa keadaan anak-anaknya."

5. "Hati seorang ibu adalah ruang kelas tempat anaknya belajar." - Henry Ward Beecher

6. "Ibu tiri tidak sejahat yang tergambar di sinetron." - Arumi E

7. "Ibu yang sangat mencintaimu mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

8. "Kasih sayang seorang ibu tidak ada batasnya."

9. "Keberhasilan itu bukan hanya saat kalian bisa mencapai apa yang kalian inginkan tapi saat kalian bisa melihat senyum orangtua kalian karena keinginan yang bisa kalian capai."

10. "Kedua orangtuamu adalah malaikat yang selalu menyembunyikan sayapnya untuk melindungimu."

11. "Mama tahu kamu sakit ketika mama menghukummu, tapi tahukah sakit yang mama rasakan?"

12. "Menjadi anak yang saleh dan tidak pernah menyakiti hati orang tua itulah hal yang paling diinginkan orang tua kita."

13. "Orang tua adalah seorang manusia ia bisa juga salah, karenanya ia harus terus menerus berbenah."

14. "Orang tua adalah tempat berlindung seorang anak. Jika sang anak sudah tak merasa aman lagi di sana maka kau harus belajar menjadi orang tua lagi."

15. "Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka."

16. "Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaanmu kepadanya, tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari lukamu."

17. "Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah menjauh atau pun malu untuk tetap bersamamu."

18. "Seberat apa pun masalah yang ibu hadapi, tidak ada halangan yang bisa menghentikan kasih ibu pada anaknya."

19. "Selalu mencoba menyemangatkan pagi, bahkan ayah pun selalu tampak bersemangat, walau hidup terasa berat."

20. "Tak ada manusia yang menyayangimu melebihi ibu kamu. Dan dia tetap rela menyayangimu meskipun bukan ia yang paling kamu sayangi."

2. Kata-Kata untuk Buah Hati Penuh Kasih Sayang

Menyayangi anak merupakan kewajiban orangtua. Rasa sayang itu perlu kalian sampaikan agar mereka bisa mengerti. Salah satu caranya bisa dengan kata-kata untuk buah hati penuh kasih sayang berikut ini.

21. "Segalanya tak selalu berjalan dengan indah, tapi kamu harus tetap tumbuh dan selalu bersiaplah."

22. "Muliakanlah anak-anakmu dan didiklah mereka dengan baik." - Hadis

23. "Anakmu akan mengikuti atau meniru tingkah lakumu, bukan nasihatmu."

24. "Anak-anak jauh lebih membutuhkan kehadiranmu daripada sekadar hadiah darimu."

25. "Anak-anak itu amanah, hanya boleh dididik sesuai keinginan yang menitipkan, bukan sesuai hawa nafsu kita."

26. "Semua anak adalah baik karena Allah telah menginstal di dalam dirinya fitrah yang lurus."

27. "Setiap anak adalah artis. Masalahnya bagaimana agar kita tetap menjadi artis pada saat dewasa." - Pablo Picasso

28. "Anak terlahir ke dunia dengan kebutuhan untuk disayangi tanpa kekerasan, bawaan hidup ini jangan sekalipun didustakan." - Widodo Judarwanto

29. "Hendaklah adab sopan anak-anak itu dibentuk sejak kecil karena ketika kecil mudah membentuk dan mengasuhnya. Belum dirusakkan oleh adat kebiasaan yang sukar ditinggalkan." - Hamka

30. "Anak-anak tidak pernah baik dalam mendengarkan orang yang lebih tua. Namun, anak-anak tidak pernah gagal dalam meniru orang yang lebih tua." - James Baldwin

31. "Kehidupan, cinta dan canda tawa - sebuah hadiah tak ternilai bagi anak-anak kita." - Phyllis Dryden

32. "Jika Anda ingin anak Anda berkembang, biarkan mereka mendengar hal baik yang Anda katakan tentang mereka kepada orang lain." - DR Haim Ginott

33. "Ketahuilah, bahwa harta dan anak-anakmu hanyalah sebagai cobaan, dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar."

34. "Anak-anak adalah pesan yang kita kirimkan ke masa yang tak akan kita temui." - John F. Kennedy

35. "Anak-anak jarang salah dalam mengutip suatu hal. Malah biasanya mereka mampu menirukan kata demi kata hal-hal yang tak seharusnya Anda ucapkan."

36. "Hadiah terbaik yang dapat Anda berikan pada anak-anak adalah akar dari tanggung jawab dan sayap kemandirian."

37. "Ajari anakmu bahwa mereka adalah pribadi yang unik. Dengan begitu, mereka tak akan merasa terbebani untuk menjadi sama seperti orang lain."

38. "Anak-anak bukanlah buku mewarnai. Anda tak dapat mewarnai mereka sesuka hati Anda."

39. "Sebaik-baiknya anak adalah dia yang mengutamakan kepentingan orang tuanya daripada kepentingan pribadinya."

40. "Anak-anak hanya memiliki pemahaman yang nyata tentang apa yang mereka ciptakan sendiri."

3. Kata-Kata untuk Buah Hati Sebagai Nasihat Bijak

Anak-anak yang bertingkah nakal merupakan hal biasa. Barangkali mereka belum tahu tentang hal yang mereka lakukan. Oleh karena itu, kalian perlu mendampinginya dan memberi nasihat secara berkala melalui kata-kata untuk buah hati berikut ini.

41. "Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki; kamu akan berakhir dengan memiliki lebih banyak. Jika kamu berkonsentrasi pada apa yang tidak kamu miliki, kamu tidak akan pernah memiliki cukup." - Oprah Winfrey

42. "Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga." - Albert Einstein

43. "Di kala kamu merasakan kesedihan yang luar biasa, maka sholatlah dan beribadah maka Allah akan memberikan keindahan padamu di suatu hari nanti."

44. "Ingatlah, apapun kesalahan yang kamu perbuat di hari yang lampau. Semua akan berlalu dan kamu harus memperbaiki kesalahanmu tersebut, semoga semua kebaikan yang kamu lakukan menjadi berkah dan rahmat bagi orang yang ada di sekitarmu."

45. "Jangan pernah mengeluh kepada Tuhanmu, sesungguhnya apa yang Tuhanmu kehendaki itu yang terbaik untukmu."

46. "Jangan pernah mengeluh ketika kehidupan dilanda musibah, karena dengan musibah tersebut kita bisa belajar apa kuat dari cobaan."

47. "Jangan pernah menoleh ke belakang jika itu hanya membuatmu mengulangi kesalahan, cobalah menoleh ke depan dan membuka lembar baru yang lebih baik."

48. "Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali." - Akio Morit

49. "Janganlah sampai kita melupakan Tuhan di kala kita senang, maka di waktu sulitmu Tuhan akan mempermudah jalannya."

50. "Meraih kesuksesan besar adalah bukti bagi semua orang lain bahwa bisa mencapainya juga." - Abraham Lincoln

51. "Mimpi tidak pernah menyakiti siapapun jika kamu terus bekerja tepat di belakang mimpi itu untuk mewujudkannya semaksimal mungkin." - F. W. Woolworth

52. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimpi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

53. "Seorang juara hanyalah seseorang yang tidak menyerah saat menginginkannya." - Tom Landry

54. "Sesama manusia kita janganlah saling dendam karena Allah akan menjauhkan keberkahan dan pahala pada kita."

55. "Sesulit apapun masalah yang kamu hadapi cobalah untuk selalu sabar menghadapinya, karena dengan kesabaran masalah apapun akan mudah diselesaikan."

56. "Setiap anak adalah seorang seniman. Masalahnya sekarang bagaimana tetap menjadi seorang seniman ketika kita tumbuh dewasa." - Pablo Picasso

57. "Siapapun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu-satunya, maka kita tak akan pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan."

58. "Teruslah tersenyum, karena hidup itu indah dan ada banyak hal yang bisa disyukuri." - Marilyn Monroe

59. "Tetapkan tujuan, tantang diri kamu dan capai tujuan tersebut. Hiduplah dengan sehat dan hitunglah setiap waktu yang kamu miliki. Bangkitlah mengatasi rintangan dan fokus pada yang positif." - Robbert H. Goddard

60. "Anak-anak itu amanah, hanya boleh dididik sesuai keinginan yang menitipkan, bukan sesuai hawa nafsu kita."

4. Kata-Kata untuk Buah Hati Bahas Inggris

Anugerah terbesar orangtua adalah melihat anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik. Dalam mewujudkan itu, perlu ada usaha dalam mendidiknya dengan sungguh-sungguh. Kalian bisa mencari inspirasi dalam menasihati anak melalui kata-kata untuk buah hati bahasa Inggris dari para tokoh berikut ini.

61. "There can be no keener revelation of a society's soul than the way in which it treats its children." - Nelson Mandela, Former President of South Africa

(Tidak ada pengungkapan jiwa masyarakat yang lebih tajam daripada cara masyarakat itu memperlakukan anak-anaknya.)

62. "Children are likely to live up to what you believe of them." - Lady Bird Johnson, Former First Lady of the United States

(Anak-anak cenderung hidup sesuai dengan apa yang Anda yakini tentang mereka.)

63. "Children must be taught how to think, not what to think." - Margaret Mead, cultural anthropologist

(Anak-anak harus diajari cara berpikir, bukan apa yang harus dipikirkan.)

64. "The greatest legacy one can pass on to one's children and grandchildren is not money or other material things accumulated in one's life, but rather a legacy of character and faith." -Billy Graham, evangelist

(Warisan terbesar yang dapat diwariskan kepada anak dan cucu seseorang bukanlah uang atau hal-hal materi lainnya yang terkumpul dalam hidupnya, melainkan warisan karakter dan iman.)

65. "We worry about what a child will become tomorrow, yet we forget that he is someone today." - Stacia Tauscher, dancer and artist

(Kita khawatir akan jadi apa seorang anak besok, namun kita lupa bahwa dia adalah seseorang hari ini.)

66. "Children are not things to be molded, but are people to be unfolded." - Jess Lair, author

(Anak-anak bukanlah sesuatu yang harus dibentuk, tetapi adalah manusia yang harus dibuka.)

67. "Each day of our lives we make deposits in the memory banks of our children." - Charles R. Swindoll, Evangelical Christian pastor

(Setiap hari dalam hidup kita, kita membuat simpanan di bank memori anak-anak kita.)

68. "It is easier to build strong children than to repair broken men." - Frederick Douglass, abolitionist and statesman

(Lebih mudah membangun anak-anak yang kuat daripada memperbaiki orang yang rusak.)

69. "Children are great imitators. So give them something great to imitate." - Anonymous

(Anak-anak adalah peniru yang hebat. Jadi beri mereka sesuatu yang hebat untuk ditiru.)

70. "Children have never been very good at listening to their elders, but they have never failed to imitate them." - James Baldwin, novelist and social critic

(Anak-anak tidak pernah pandai mendengarkan orang tua mereka, tetapi mereka tidak pernah gagal untuk meniru mereka.)

71. "Children are like wet cement whatever falls on them makes an impression." - Haim Ginott, child psychologist

(Anak-anak itu seperti semen basah, apapun yang jatuh pada mereka akan meninggalkan kesan.)

72. "A child is a beam of sunlight from the Infinite and Eternal, with possibilities of virtue and vice, but as yet unstained." - Lyman Abbott, American Congregationalist minister

(Seorang anak adalah seberkas sinar matahari dari Yang Tak Terbatas dan Abadi, dengan kemungkinan kebajikan dan kejahatan, tetapi belum ternoda.)

73. "Children are the hands by which we take hold of heaven." - Henry Ward Beecher, reverend and social activist

(Anak-anak adalah tangan yang dengannya kita memegang surga.)

74. "The soul is healed by being with children." - Fyodor Dostoyevsky, Russian novelist and philosopher

(Jiwa disembuhkan dengan berada bersama anak-anak.)

75. "Children make your life important." - Erma Bombeck, American humorist

(Anak-anak membuat hidupmu penting.)

76. "You have to love your children unselfishly. That is hard. But it is the only way." - Barbara Bush, Former First Lady of the United States

(Kamu harus mencintai anak-anakmu tanpa pamrih. Itu sulit. Tapi itu satu-satunya cara.)

77. "The potential possibilities of any child are the most intriguing and stimulating in all creation." - Ray L. Wilbur, third president of Stanford University

(Kemungkinan potensial dari setiap anak adalah yang paling menarik dan merangsang dalam semua ciptaan.)

78. "Children are one third of our population and all of our future." - Select Panel for the Promotion of Child Health, 1981

(Anak-anak adalah sepertiga dari populasi kita dan semua masa depan kita.)

79. "Children are the living messages we send to a time we will not see." - John F. Kennedy, 35th President of the United States

(Anak-anak adalah pesan hidup yang kita kirim ke waktu yang tidak akan kita lihat.)

80. "You can learn many things from children. How much patience you have, for instance." - Franklin P. Jones, American humorist

(Kamu bisa belajar banyak hal dari anak-anak. Berapa banyak kesabaran yang kamu miliki, misalnya.)

81. "Children see magic because they look for it." - Christopher Moore, writer

(Anak-anak melihat keajaiban karena mereka mencarinya.)

82. "Only where children gather is there any real chance of fun." - Mignon McLaughlin, journalist and author

(Hanya di mana anak-anak berkumpul, ada kesempatan nyata untuk bersenang-senang.)

83. "Every child comes with the message that God is not yet discouraged of man." - Rabindranath Tagore, Bengali polymath

(Setiap anak datang dengan pesan bahwa Tuhan belum putus asa terhadap manusia.)

84. "A baby is God's opinion that the world should go on." - Carl Sandburg, American poet

(Seorang bayi adalah pendapat Tuhan bahwa dunia harus terus berjalan.)

85. "If I could relive my life, I would devote my entire ministry to reaching children for God!" - Dwight L. Moody, evangelist

(Jika saya dapat menghidupkan kembali hidup saya, saya akan mengabdikan seluruh pelayanan saya untuk menjangkau anak-anak bagi Tuhan!)

86. "The best way to make children good is to make them happy." - Oscar Wilde, author and poet

(Cara terbaik untuk membuat anak baik adalah dengan membuat mereka bahagia.)

87. "While we try to teach our children all about life, Our children teach us what life is all about." - Angela Schwindt, home schooling mom States

(Sementara kami mencoba mengajari anak-anak kami semua tentang kehidupan, anak-anak kami mengajari kami apa itu hidup.)

Nah, itulah kata-kata untuk buah hati yang bisa kalian sampaikan sebagai ungkapan sayang. Cara pandang ayah dan ibu dalam mendidik pun akan mempengaruhi perkembangan maka jangan lupa untuk menyampaikan nasihat bijak untuk merangsang pikiran mereka.

(Sumber: Merdeka.com, Compassion.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI