9 Penyebab Biduran di Tubuh dan Cara Mengatasinya

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

9 Penyebab Biduran di Tubuh dan Cara Mengatasinya
Penyebab biduran (credit: frepeik.com)

Kapanlagi.com - Biduran menjadi salah satu gangguan kesehatan yang menyerang kulit hingga timbulkan gejala seperti gatal dan ruam. Penyebab biduran sendiri dapat terjadi akibat beberapa faktor termasuk bisa dipicu oleh paparan debu. Kondisi ini mengakibatkan pengidapnya merasa tidak nyaman karena gejala yang muncul.

Penyakit biduran dapat dialami setiap orang tanpa terbatas usia. Ketika mengalami biduran biasanya pengidapnya akan merasakan gatal teramat sangat, merah pada kulit, dan bentol. Biduran tersebut dapat muncul pada seluruh bagian tubuh namun lebih sering terjadi pada area tangan, leher, lengan, dada, dan lokasi tubuh lainnya. Umumnya bentol pada biduran tersebut memiliki ukuran yang beragam dari kecil ataupun besar dan menyebar.

Biduran dapat sembuh dengan sendiri dengan waktu yang cukup singkat. Penyakit biduran dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni biduran akut dan biduran kronis. Dimana kedua jenis biduran tersebut memiliki perbedaan pada lama tidaknya gangguan kesehatan pada kulit ini sembuh. Dalam hal ini biduran akut biasanya lebih mudah sembuh dibandingkan dengan biduran kronis yang  butuh waktu cukup lama.

Meski begitu keduanya sama-sama menimbulkan gejala yang serupa. Penyebab biduran seringkali tidak disadari banyak orang yang dapat berasal dari faktor tertentu. Alhasil sejumlah orang mungkin akan heran saat tiba-tiba kulit tubuh mengalami biduran. Untuk itulah perlu diketahui mengenai penyebab biduran di tubuh dan cara mengatasinya seperti terdapat dalam beberapa poin di bawah ini.

Adapun penyebab biduran di tubuh dan cara mengatasinya sebagai berikut dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Karena Debu

Penyebab biduran di tubuh yang pertama dapat terjadi karena paparan debu. Sejumlah orang mungkin mengalami alergi terhadap debu tertentu yang dapat memicu penyakit biduran. Akibatnya saat tubuh terpapar debu tertentu akan menimbulkan beberapa gejala seperti gatal, warna kemerahan di kulit, bersin, bahkan batuk.

Untuk mencegahnya kalian bisa menggunakan pelindung diri saat terpapar langsung debu baik ketika membersihkan rumah ataupun saat melakukan aktivitas lainnya. Sejumlah pelindung diri seperti topi, masker ataupun kacamata dapat menjadi peralatan paling sederhana.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Serbuk Sari dan Bulu Binatang

Penyebab biduran di tubuh selanjutnya adalah terjadi karena serbuk sari ataupun bulu binatang. Sama seperti penyebab sebelumnya, serbuk sari bagi sejumlah orang bisa menimbulkan alergi yang memicu terjadinya biduran. Serbuk sari tersebut dapat memunculkan gejala seperti bersin, batuk, gatal, bahkan sesak napas.

Sama halnya dengan serbuk sari, bulu bintang menimbulkan efek serupa yakni berupa alergi pada sejumlah orang. Konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi gejalanya.

 

3. Efek Samping Obat Tertentu

Penyebab biduran di tubuh lainnya dapat dialami karena efek samping dari obat-obatan tertentu. Seperti diketahui sejumlah obat-obatan dapat menimbulkan beragam efek samping seperti pusing, mual, demam serta alergi. Dalam hal ini efek samping obat-obatan juga bisa memicu penyakit biduran karena alergi yang muncul.

Melansir dari liputan6.com, sejumlah obat-obatan seperti antibiotik, anti inflamasi nonsteroid, krim kortikosteroid, insulin, vaksin bisa memicu timbulnya reaksi alergi. Konsultasi dengan dokter perlu dipertimbangkan untuk mencegah gejala lebih lanjut.

 

4. Karena Flu

Penyebab biduran di tubuh bisa terjadi karena mengalami flu. Flu menjadi salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus hingga menimbulkan gangguan kesehatan tertentu seperti penyakit biduran. Sebab infeksi karena flu ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan akibatnya zat bernama histamin muncul.

Zat histamin tersebut dapat sebabkan timbulnya alergi seperti batuk, pusing serta gatal dan bentol seperti gejala biduran. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk membantu mengatasi flu secara tepat.

 

5. Keringat Berlebih

Penyebab biduran di tubuh dapat terjadi karena mengalami keringat berlebih. Kondisi ini dapat timbulkan reaksi alergi hingga menjadi penyebab munculnya biduran. Melansir dari liputan6.com, keringat berlebih menyebabkan biduran tak lama setelah tubuh berkeringat. Beberapa faktor yang dapat memicu keringat tersebut seperti obesitas serta gangguan penyakit tertentu yang menyebabkan masalah pada kelenjar keringat.

 

6. Adanya Parasit di Tubuh

Adanya parasit di tubuh seperti bakteri ataupun cacing juga bisa menjadi penyebab biduran. Kondisi ini dapat dialami karena parasit tersebut menimbulkan reaksi alergi yang termasuk dari gejala biduran. Melansir dari liputan6.com, sejumlah parasit seperti cacing pita, trichinella dapat mengganggu sistem pencernaan dan timbulkan infeksi hingga menyebabkan alergi termasuk penyakit biduran.

 

7. Penyakit Kanker

Penyebab biduran selanjutnya bisa dialami tubuh karena mengidap penyakit kanker. Seperti diketahui kanker menjadi salah satu penyakit kronis yang tak dapat dianggap sepele. Sejumlah komplikasi dari kanker ini juga bisa terjadi salah satunya munculnya penyakit biduran.

Sebab kanker menyebabkan pengidapnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah hingga mudah terserang gangguan kesehatan lain. Selain itu efek dari konsumsi obat-obatan kemoterapi juga bisa menimbulkan efek samping alergi termasuk penyakit biduran. Melansir dari liputan6.com, sejumlah kanker yang erat kaitannya dengan biduran seperti kanker ginjal, kanker kandung kemih, dan kanker otak.

 

8. Paparan Sinar Matahari

Penyebab biduran dapat dialami tubuh karena paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit mengalami kemerahan serta gatal. Kondisi ini juga bisa disebut dengan sun burn di mana kulit muncul ruam merah, gatal, reaksi alergi yang memicu penyakit biduran. Terlebih jika memiliki masalah kulit seperti solar urtikaria yang rentan memicu terjadinya penyakit biduran jika terpapar sinar matahari langsung.

 

9. Makanan Tertentu

Penyebab biduran ditubuh juga dapat terjadi akibat konsumsi makanan tertentu. Seperti diketahui sejumlah orang mungkin dapat mengalami alergi karena makanan tertentu seperti kacang, telur, susu, seafood dan lainnya. Melansir dari honestdocs.id, zat aditif yang terkandung pada makanan yakni pewarna dan pengawet bisa disinyalir menjadi faktor penyebab biduran. Jika kalian mengalami masalah alergi tersebut sebaiknya hindari konsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan alergi hingga rentan mengalami penyakit biduran.

 

10. Cara Mengatasi Biduran

Setelah memahami beragam penyebab biduran penting juga mengetahui cara mengatasi biduran secara mudah. Adapun cara mengatasi biduran sebagai berikut:

- Gunakan kompres untuk meredakan gejala gatal karena biduran.

- Mandi dengan air bersih sambil membasuh kulit biduran pakai air hangat.

- Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, lembut dan tidak terlalu ketat.

- Gunakan lidah buaya untuk meredakan gejala biduran.

- Gunakan minyak kelapa untuk mengobati biduran.

Nah itulah 9 penyebab biduran di tubuh dan cara mengatasinya, salah satunya bisa dipicu debu. Konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter dapat dipertimbangkan untuk membantu mengatasi penyakit biduran.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending