Primbon Sunda Wedal Tentang Watak dan Nasib Menurut Hari Lahir


Berita | Rabu, 9 Maret 2022 20:11

Kapanlagi.com - Mungkin, selama ini kalian mengira jika primbon kelahiran hanya ada di Jawa. Padahal Sunda juga memiliki kebudayaan yang mirip dengan disebut sebagai primbon Sunda Wedal.


Primbon Sunda lengkap biasanya disebut paririmbon yang dalam bahasa sunda artinya indung, artinya ibu. Di dalamnya juga terdapat ramalan mengenai hari kelahiran atau primbon Sunda Wedal.

Nah, jika kalian penasaran dengan penjelasan tentang primbon Sunda Wedal tentang watak dan nasib menurut hari lahir, yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

1. Primbon Sunda Wedal

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Tak jauh berbeda dengan primbon Jawa, primbon Sunda juga memiliki catatan penting tentang hitungan hari lahir atau wedal yang dipercaya akan berpengaruh pada sifat dan karakter setiap orang. Masing-masing hari memiliki simbol kelahiran berdasarkan kepercayaan leluhur.

Pada primbon Jawa dikenal istilah weton dan neptu yang ditentukan berdasarkan nilai hari lahir dan pasaran. Perbedaan hitungan terletak pada hal ini karena pada primbon Sunda wedal, hitungan dilakukan berdasarkan nilai hari lahir Minggu, Senin, Selasa, dan Seterusnya.

Nah, agar kalian lebih paham mengenai perhitungan hari lahir, silakan simak nilai wedal di bawah ini.

- Wedal Minggu = 5

- Wedal Senin = 4

- Wedal Selasa = 3

- Wedal Rabu = 7

- Wedal Kamis = 8

- Wedal Jum'at = 6

- Wedal Sabtu = 9

Nilai hari lahir atau wedal ini dipercaya oleh masyarakat Sunda untuk menentukan ibadah puasa. Menjalani puasa sesuai dengan jumlah wedal hari lahir masing-masing dipercaya akan membawa banyak kebaikan.

Sebagai contoh, misalnya jika kalian lahir di hari Senin yang punya wedal 4, maka kalian dianjurkan menjalani puasa puasa sebanyak 4 hari dimulai dari hari Senin. Begitu pula bagi kalian yang lahir di hari Kamis yang wedalnya adalah 8, maka kalian dianjurkan untuk berpuasa sebanyak 8 hari dimulai dari hari Kamis. Hitungan ini berlaku bagi kalian yang lahir di hari lain, silakan sesuai dengan wedal masing-masing.

 

2 dari 4 halaman

2. Primbon Sunda Wedal Tentang Watak

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Jika kalian penasaran dengan primbon Sunda wedal tentang watak, silakan simak penjelasan di bawah ini.

- SENIN = KEMBANG / BUNGA

Orang yang lahir di hari senin memiliki lambang bunga, jadi wajar jika banyak disukai. Mereka juga cenderung lebih mementingkan penampilan. Sayangnya, orang ini memiliki sifat yang cenderung keras kepala dan membanggakan diri sendiri.

- SELASA = SEUNEU / API

Orang yang lahir di hari selasa memiliki lambang api dan berjiwa sosial tinggi. Tak heran jika orang ini dikenal senang membantu orang lain. Sisi lemahnya, orang ini mudah berapi-api saat marah dan suka membesarkan masalah.

- RABU = DAUN

Orang yang lahir di hari Rabu dilambangkan dengan daun. Sifatnya adalah pendiam, tenang, berwibawa, dan ramah. Hanya orang terdekat yang mengetahui sisi menyenangkannya. Sayangnya, orang ini punya kekurangan karena cenderung mudah percaya pada omongan yang belum tentu benar.

- KAMIS = ANGIN

Kalian yang lahir di hari Kamis memiliki lambang angin. Kalian diramalkan punya motivasi kerja yang tinggi, tekun, dan tidak gampang menyerah. Sifat lain yang mungkin kalian miliki adalah suka berada di rumah. Sayangnya, orang ini punya rasa curiga yang berlebihan. Terkadang juga lupa diri.

- JUM'AT = CAI/AIR

Air menjadi lambang hari lahir Jumat. Selayaknya air, orang ini punya sifat tenang, membawa kesegaran, dan meneduhkan. Namun, dia juga dapat menjadi dahsyat kekuatannya seperti ombak di lautan.

Sebagai seorang pendiam, kalian yang lahir di hari Jumat juga punya sisi buruk yang cenderung egois, senantiasa membanggakan diri, keras kepala, dan ingin dituruti seluruh keinginannya.

- SABTU = BUMI

Bumi menjadi lambang hari Sabtu. Orang yang lahir di hari tersebut diramalkan akan memiliki fisik yang kuat, tegar, kokoh serta mempunyai pendirian yang kuat. Selain itu, ia juga punya cita-cita yang tinggi sehingga punya tekad kuat dan tak mudah putus asa.

- MINGGU = MEGA/LANGIT

Hari Minggu dilambangkan oleh langit. Orang ini biasanya mempunyai banyak sahabat karena cenderung ramah dan pergaulannya seluas mega. Sayangnya, orang ini juga sering berlarut-larut di dalam duka. Dia juga tipe orang yang keinginannya harus selalu dituruti.

 

3 dari 4 halaman

3. Primbon Sunda Wedal Tentang Nasib

Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Penjelasan primbon Sunda wedal tentang nasib mungkin juga membuat kalian penasaran. Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa ramalan nasib mulai dari kekayaan, jodoh, hingga kesulitan yang mungkin dihadapi.

1. Pasangan Hari Lahir yang Kaya Raya

Rezeki memang sudah ada yang mengatur. Namun, tak jarang ada orang yang penasaran dengan ramalan jodoh yang akan mendatangkan kekayaan. Nah, jika kalian penasaran mengenai hal itu, silakan simak daftar pasangan hari lahir yang kaya berikut ini.

- Selasa dan Rabu

- Selasa dan Kamis

2. Pasangan Hari Lahir yang Langgeng dan Selamat dari Musibah

Selain perkara rezeki berupa uang, primbon juga menjelaskan tentang takdir selamat dari musibah. Pasangan dengan hari lahir Minggu dan Rabu dipercaya akan mendapat keselamatan dari musibah yang datang pada keduanya. Mereka juga diprediksi jadi pasangan yang langgeng karena sama-sama setia.

3. Pasangan Hari Lahir yang Menciptakan Keluarga Harmonis

Siapa yang tak ingin memiliki keluarga yang harmonis? Tentu, setiap pasangan menginginkannya. Berdasarkan primbon Sunda wedal, berikut ini terdapat pasangan dengan hari lahir yang akan mendapatkan kebahagiaan dan keharmonisan.

- Minggu dan Jumat

- Senin dan Selasa

- Senin dan Jumat

- Rabu dan Kamis

- Rabu dan Jumat

- Rabu dan Sabtu

- Kamis dan Kamis

- Kamis dan Jumat

4. Pasangan Hari Lahir yang Diberikan Keberkahan hingga Anak Cucu

Rezeki yang juga sangat diharapkan oleh semua keluarga adalah keberkahan yang awet hingga anak cucu. Pasangan yang diramalkan memiliki keberkahan yang panjang adalah orang yang lahir di hari Senin dan Sabtu.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai primbon Sunda wedal tentang watak dan nasib berdasarkan hari lahir yang perlu kalian ketahui.

 

(kpl/gen/ans)

Topik Terkait