Ayo Dikonsumsi, Ini 7 Makanan yang Baik Buat Kesehatan Jantung Kalian

Selasa, 13 Oktober 2020 12:33 Penulis: Dhia Amira
Ayo Dikonsumsi, Ini 7 Makanan yang Baik Buat Kesehatan Jantung Kalian
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Jantung memang menjadi salah organ tubuh yang harus diperhatikan dengan sangat baik. Pasalnya, banyak sekali penyakit yang dapat menjalar menjadi penyakit jantung, sehingga mengetahui makanan yang baik untuk kesehatan jantung adalah hal yang utama.

Selain menghindari makanan yang dapat membahayakan jantung, kalian juga harus mengetahui makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Makanan yang baik untuk kesehatan jantung tentu makanan yang sehat, namun tidak sembarangan.

Kira-kira makanan apa saja ya itu? Dilansir dari berbagai sumber, ini 7 makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Yuk langsung saja di cek KLovers.

1. Kacang

Makanan pertama yang dapat memberikan kesehatan pada jantung yaitu ada kacang. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila kacang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Dan salah satu manfaat tersebut yaitu untuk memberikan kesehatan pada jantung kalian.

Hal ini karena kacang memiliki kandungan berupa fitonutrien yang tinggi, kacang juga kaya akan kandungan serat dan air. Sehingga kalian tidak akan terlalu berlebihan dalam menumpuk lemak. Kacang mengandung antioksidan cukup tinggi, yang dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas dan menyebabkan penyakit serius, salah satunya jantung.

2. Buah Berry

Selanjutnya ada buah berry, yang menjadi salah satu makanan baik untuk memberikan nutrisi pada jantung. Ada banyak sekali buah berry yang dapat kita konsumsi, seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry. Semua kandungan buah berry tersebut sama-sama dapat memberikan kesehatan untuk jantung kalian.

Hal ini karena di dalam buah berry terdapat kandungan serat dan antioksidan, yang mampu menurunkan risiko serangan jantung. Namun jangan dikonsumsi secara berlebihan ya KLovers, kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

3. Apel

Selain berry, ternyata buah apel juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung loh KLovers. Itulah mengapa apel menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan jantung.

Selain itu buah apel juga memiliki kandungan fitonutrien dan senyawa epicatechin yang baik untuk jantung. Kedua kandungan ini merupakan kandungan antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Teh Hijau

Siapa di sini yang sangat suka dengan teh hijau? Ternyata teh hijau juga dapat menjaga kesehatan jantung loh KLovers. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa, bila seseorang rutin mengonsumsi teh hijau maka dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Namun ketika kalian banyak mengonsumsi teh hijau, maka ada baiknya mengonsumsi banyak air putih ya KLovers. Hal ini karena untuk mengurangi risiko dehidrasi, serta memperlancar saluran kantung kemih kalian. Dan jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ketika akan mengonsumsi teh hijau secara rutin.

5. Ikan

Kemudian ada ikan, yang menjadi salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk mencegah penyakit jantung. Dan hal ini sudah terbukti dalam banyak penelitian.

Dikatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi ikan berlemak dalam jangka waktu yang lama terbukti dapat menjaga kestabilan kadar kolesterol total, gula darah puasa, dan tekanan darah sistolik. Itulah mengapa, mengonsumsi ikan berlemak menjadi salah satu nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung kalian.

6. Coklat Hitam

Bukan hanya dapat membuat mood seseorang berubah menjadi baik saja, nyatanya coklat hitam atau dark chocolate juga sangat baik untuk kesehatan jantung kalian loh. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam coklat hitam tersebut, yang sangat membantu dalam memberikan kesehatan pada jantung kalian.

Cokelat hitam kaya akan antioksidan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Namun harus diperhatikan ya KLovers, coklat hitam yang memiliki kandungan kakao setidaknya 70 persen yang dapat memberikan kesehatan pada jantung kalian.

7. Minyak Zaitun

Dan makanan terakhir yang dapat memberikan nutrisi baik pada jantung kalian yaitu ada minyak zaitun. Makanan satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kalian, sehingga minyak ini sering dibuat sebagai minyak kesehatan tubuh serta kecantikan.

Hal ini karena dalam minyak zaitun terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat meredakan peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis, salah satunya jantung. Selain itu minyak zaitun ini juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Itulah 7 makanan yang baik untuk kesehatan jantung kalian, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung di usia muda maupun lansia. Kalian bisa mengonsumsi makanan tersebut dalam jangka waktu yang panjang, sembari diikuti dengan olahraga teratur. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI