8 Manfaat Kunyit Putih untuk Pengobatan Beserta Cara Mengolahnya

Jum'at, 30 Oktober 2020 17:22 Penulis: Dhia Amira
8 Manfaat Kunyit Putih untuk Pengobatan Beserta Cara Mengolahnya
lustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Kunyit memang menjadi salah satu rempah yang populer di Indonesia. Bukan hanya dapat menjadi bumbu masakan saja, tetapi juga dapat menjadi minuman. Tidak hanya kunyit berwarna kuning saja, nyatanya kunyit juga memiliki warna putih loh KLovers. Dan manfaat kunyit putih ini juga tak kalah hebat dengan kunyit kuning.

Kunyit putih atau biasa dikenal juga dengan temu putih adalah sebuah rempah-rempah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Selain enak untuk dikonsumsi, kunyit putih juga biasanya digunakan oleh industri sebagai bahan parfum, pewarna makanan, dan juga obat-obatan. Tentu saja kunyit putih juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Seperti menjadi obat masuk angin yang alami, anti racun, anti radang, dan masih banyak lagi. Kira-kira apa saja ya manfaat kunyit putih untuk kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kunyit putih yang pertama yaitu, dapat menjaga kesehatan pencernaan. Memiliki pencernaan yang sehat memang menjadi salah satu hal utama untuk tubuh yang juga sehat. Itulah mengapa menjaga kesehatan pencernaan dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti, ambeien hingga kanker perut.

Dan kalian bisa loh menggunakan kunyit putih untuk menjaga kesehatan perut. Hal ini karena kandungan antimikroba dan anti jamur yang dimiliki oleh kunyit putih. Bahkan minyak esensial kunyit putih memiliki manfaat dalam pengobatan cacingan, perut kembung, kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, lidah terasa pahit, serta jarang buang air besar. Selain itu kunyit putih merupakan bantuan alami untuk mencegah radang usus karena stres.

 

2. Mengobati Gangguan Pernapasan

Manfaat kunyit putih yang selanjutnya yaitu dapat mengobati gangguan pernapasan. Gangguan pernapasan memang menjadi salah satu penyakit yang cukup ringan, namun bila dibiarkan begitu saja maka akan menimbulkan bahaya ya KLovers. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh produksi lendir yang berlebih dan bisa menimbulkan keluhan berupa kesulitan bernapas.

Tapi kalian bisa kok mengatasi hal ini dengan mengonsumsi kunyit putih. Itu karena kunyit putih punya kombinasi yang sangat baik dalam mempengaruhi histamin dan senyawa anti inflamasi yang terkandung di dalamnya, sehingga kunyit putih ini bisa dijadikan obat alami untuk meredakan pernapasan.

 

3. Anti Kanker

Tidak hanya dapat mengobati penyakit ringan saja, nyatanya manfaat kunyit putih juga dapat menjadi anti kanker loh KLovers. Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang berbahaya untuk tubuh. National Institute of Health melaporkan bahwa pada tahun 2014, kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia yang merenggut lebih dari 8 juta jiwa.

Dan hal tersebut terjadi karena pola hidup tidak sehat yang banyak di jalan oleh orang-orang saat ini. Namun kalian bisa menjalani pola hidup sehat dengan menggunakan manfaat kunyit putih tersebut. Karena antioksidan yang terkandung dalam kunyit putih bisa memiliki fungsi untuk mencegah asam deoksiribonukleat (DNA) dari kerusakan.

Kerusakan gen ini merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya kanker. Selain itu, diketahui juga bahwa senyawa yang terkandung dalam kunyit putih bisa bertindak sebagai obat anti peradangan. Sehingga kunyit putih menjadi salah satu rempah yang cukup efekif dan ampuh dalam memberikan hidup sehat, agar terhindar dari penyakit kanker.

 

4. Mengobati Infeksi

Infeksi bisa terjadi dari dalam tubuh, itulah mengapa bila seseorang terkena infeksi maka dapat disembuhkan dengan menggunakan kunyit putih. Itu karena kunyit putih memiliki banyak sekali kandungan anti inflamasi yang membantu mengobati peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya. Jadi tidak heran bila kunyit putih sering digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia untuk mengobati penyakit radang usus.

 

5. Penawar Racun

Kunyit memang dipercaya sejak lama dapat menjadi penawar racun bagi pertolongan pertama. Penggunaan ekstrak kunyit putih ternyata memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan, salah satunya penawar racun.

Bahkan manfaat kunyit putih ini dipercaya mampu menjadi penawar gigitan ular. Sebab kunyit putih akan melawan berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh dengan baik dan efektif.

Itu karena kunyit putih juga memiliki kandungan kurkumin. Caranya cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu minum air kunyit. Namun tak hanya itu saja, kunyit juga bisa sebagai obat pemulihan diri.

 

6. Mengobati Alergi

Alergi memang dapat dialami oleh siapapun, dan dengan berbagai alasan. Bahkan alergi juga bisa memberikan reaksi beragam pada setiap orang. Dan bila tidak di atasi, alergi bisa berbahaya bagi tubuh loh KLovers.

Namun tenang, saat kalian mengalami alergi maka kalian bisa kok mengatasinya dengan menggunakan manfaat kunyit putih. Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti alergi dan terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit.

Kunyit ini bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yaitu sebuah zat kimia yang memicu reaksi alergi. Jadi saat kalian mengalami alergi, maka bisa diatasi dengan baik menggunakan kunyit putih.

 

7. Menjaga Kesehatan Mulut

Memiliki kondisi mulut yang tidak sehat akan mengakibatkan bau mulut, plak gigi, hingga gigi berlubang. Tentu saja bila seperti itu akan mengganggu penampilan kalian, dan menurunkan rasa percaya diri. Namun tenang KLovers, kalian bisa kok menggunakan manfaat kunyit putih untuk mengatasi hal tersebut.

Karena salah satu manfaat kunyit putih adalah mengurangi jumlah mikroba di mulut. Kunyit putih dapat menjadi alternatif obat kumur. Efektivitasnya setara dengan obat kumur di pasaran. Selain itu, ekstrak dari kunyit putih juga diyakini dapat menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.

 

8. Obat Luka Bakar

Dan manfaat kunyit putih yang terakhir yaitu dapat mengobati luka bakar. Sebenarnya luka bakar harus ditangani dengan segera secara medis ya KLovers. Ramuan kunyit putih ini hanya untuk menghilangkan luka bakar yang sudah cukup mengering agar tidak terlalu berbekas dan lama sembuhnya.

Hal ini karena kunyit memiliki sifat anti inflamasi serta antiseptik yang dapat membantu mengobati bekas luka bakar. Jadi cara ini cukup efektif dalam menangani luka bakar yang sudah cukup mengering.

 

9. Cara Pengolahannya

Dan inilah beberapa cara pengolahan kunyit putih untuk bisa kalian konsumsi dengan cara efektif. Yuk langsung saja dicek cara pengolahan kunyit putihnya KLovers.

- Cara pertama yang dapat kalian lakukan yaitu menjadikan kunyit putih sebagai minuman hangat. Yup! kunyit memang sering dibuat menjadi minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Dan salah satunya yaitu untuk menjadi minuman hangat. Minuman hangat ini sangat baik dikonsumsi ketika kalian mengalami sakit lambung atau masuk angin.

Cara mengolahnya pun mudah, kalian hanya perlu mengambil 1 atau 2 ruas kunyit putih yang sudah dibersihkan. Lalu potong secara halus, dan rebus ke dalam 500 cc air. Beri madu atau gula batu untuk memberikan rasa manis ketika diminum.

- Cara kedua yaitu dapat dicampurkan dengan temulawak. Kalian juga bisa loh mencampurkan kunyit putih dengan temulawak. Cara ini hampir mirip seperti membuat teh, hanya saja bahannya menggunakan kunyit putih dan temulawak. Minuman ini sangat ampuh untuk memberikan nafsu makan yang baik pada anak. Selain itu kandungan dari kunyit putih dan temulawak ini dapat menambah daya tahan tubuh.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memotong kunyit putih dan temulawak secara tipis. Setelah itu jemur kedua rempah ini di bawah sinar matahari hingga benar-benar mengering. Kemudian dapat kalian rebus kunyit putih dan temulawak seperti membuat teh, jangan lupa beri gula batu agar memberikan rasa yang manis.

- Dan olahan yang terakhir yaitu dapat dijadikan sebagai obat luka bakar. Sebenarnya luka bakar harus ditangani dengan segera secara medis ya KLovers. ramuan kunyit putih ini hanya untuk menghilangkan luka bakar yang sudah cukup mengering agar tidak terlalu berbekas dan lama sembuhnya.

Caranya mengolahnya cukup mudah, pertama cuci bersih kunyit putih lalu parut hingga halus. Setelah itu tambahkan asam kawak, dan sedikit minyak kelapa agar menimbulkan rasa hangat di kulit yang terkena luka bakar. Kemudian oleskan obat alami tersebut pada luka bakar dan biarkan hingga mengering.

Itulah 8 manfaat kunyit putih bagi kesehatan dan pengobatan tubuh, hingga cara pengolahannya. Tidak hanya menjadi rempah-rempah penyedap saja, tetapi kunyit putih juga menjadi obat herbal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI