Mosi Adalah Keputusan Rapat, Pahami Apa Itu Mosi Tidak Percaya dan Kepercayaan

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

Mosi Adalah Keputusan Rapat, Pahami Apa Itu Mosi Tidak Percaya dan Kepercayaan
Ilustrasi (credit: flickr)

Kapanlagi.com - Istilah "mosi tidak percaya" pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Belakangan istilah ini sempat ramai dan menjadi trending saat pemerintah mengesahkan Omnibus Law RUU Cipta Kerja. Bukan sekali itu saja, sebelumnya istilah "mosi tidak percaya" sudah beberapa kali digunakan. Secara umum, mosi adalah keputusan hasil dari suatu rapat.

Mosi adalah salah satu kata yang cukup sering muncul dalam protes atau demonstrasi. Tak heran, kata mosi dan khususnya istilah "mosi tidak percaya" seolah sudah jadi hal yang asing di telinga. Meski begitu, faktanya masih banyak orang yang tidak mengerti apa itu mosi.

Nah untuk lebih memahami pengertian mosi adalah keputusan rapat, simak ulasannya berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Apa Itu Mosi?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata mosi adalah keputusan rapat. Lebih lanjut, dalam KBBI juga dijelaskan bahwa mosi dapat terbagi dalam dua macam, yaitu "mosi tidak percaya" dan "mosi percaya". Merujuk pada arti tersebut, tak mengherankan jika kemudian kata mosi sangat lekat kaitannya dengan pemerintah. Khususnya, dengan tindakan pemerintah dalam menetapkan suatu peraturan baru, seperti saat pengesahan Omnibus Law RUU Cipta Kerja beberapa waktu lalu.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mosi dalam Kegiatan Debat

Mosi ternyata tidak hanya dimaknai sebagai hasil atau keputusan rapat. Istilah mosi juga ditemukan dalam kegiatan debat sebagai salah satu unsur penting. Debat sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan dengan pembahasan dan pertukaran suatu pendapat, tentang suatu topik. Dalam debat, masing-masing peserta harus bisa saling memberi alasan untuk mempertahankan argumennya masing-masing.

Mosi adalah salah satu unsur dalam debat yang penting kedudukannya. Mosi dalam kegiatan debat diartikan sebagai suatu istilah untuk menyebut topik yang diangkat dalam debat. Artinya, mosi atau topik ini tentu harus ditentukan sejak debat belum dimulai. Mosi dalam debat mempunyai beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Adapun dalam kegiatan debat, beberapa kriteria mosi adalah sebagai berikut.

1. Mosi harus fokus pada suatu peristiwa atau permasalahan.

2. Mosi harus menarik untuk dibicarakan.

3. Mosi harus seimbang (antara pro dan kontra sehingga dapat diperdebatkan, serta tidak menyudutkan salah satu pihak).

4. Mosi pada umumnya harus memiliki solusi (solusinya dapat ditemukan).

3. Makna Mosi Tidak Percaya

Seperti yang disinggung sebelumnya, dalam KBBI mosi adalah hasil keputusan rapat yang dapat dibagi menjadi dua yaitu mosi tidak percaya dan mosi kepercayaan. Namun, mosi tidak percaya agaknya jadi hal yang lebih sering menarik perhatian. Mosi tidak percaya sering kali digaungkan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat terhadap hasil keputusan pemerintah yang dinilai tidak adil dan bijak.

Terakhir, mosi tidak percaya menggema saat pemerintah mengesahkan Omnibus Law RUU Cipta Kerja. Mosi tidak percaya digaungkan para demonstran untuk menyuarakan aspirasi mereka. Namun ternyata, mosi tidak percaya bukanlah hal baru. Dilansir dari merdeka.com, mosi tidak percaya sudah digunakan sejak abad ke-19. Namun, penggunaannya memang masih terbilang jarang.

Dilansir dari wikipedia, sejarah mosi tidak percaya salah satunya terjadi pada 1782. Waktu itu, pasukan Britania Raya mengalami kekalahan dalam pertempuran Yorktown (1781) dalam Perang Revolusi Amerika. Akibatnya, Parlemen Kerajaan Britania Raya kemudian memutuskan bahwa mereka "tidak lagi percaya kepada menterinya saat itu". Perdana Menteri waktu itu Lord North menanggapinya dengan mengajukan surat pengunduran diri pada Raja George III.

Melihat sejarah singkat tersebut, bisa disimpulkan bahwa mosi adalah salah satu alat atau instrumen untuk mengontrol politik pemerintahan secara ketat. Mosi tidak percaya adalah bentuk pernyataan tidak percaya dari Dewan Perwakilan Rakyat terhadap kebijakan pemerintah. Mosi tidak percaya bisa menjadi pola dalam pengawasan tanggung jawab sistem pemerintahan, khususnya yang berbentuk parlementer.

Hal ini sebagai mana yang terdapat dalam situs resmi Republic of Austria parlement.gv.at. Dalam situs tersebut dijelaskan bahwa anggota Dewan Nasional dapat menarik rasa kepercayaan mereka terhadap Pemerintah Federal atau beberapa anggotanya dengan resolusi (putusan) yang berlaku.

Dalam sejarah Indonesia, mosi tidak percaya bukan saja terjadi saat riuh Omnibus Law beberapa waktu lalu. Sebelumnya, pada September 2019. Namun saat itu, mosi tidak percaya tidak dikeluarkan oleh DPR pada pemerintah. Ketika itu mosi tidak percaya justru diajukan perwakilan mahasiswa yang menuntut pembatalan revisi UU KPK karena dinilai tidak berpihak pada rakyat.

4. Mosi Kepercayaan

Selain mosi tidak percaya, ada pula yang disebut mosi kepercayaan. Meski jarang digaungkan, penting juga untuk memahami makna dari mosi kepercayaan. Mosi kepercayaan adalah mosi yang menyatakan bahwa wakil rakyat percaya kepada kebijakan pemerintah.

Dalam lingkup organisasi, mosi kepercayaan akan muncul secara otomatis saat kebijakan yang dibuat oleh pengurus organisasi dipercayai dan oleh para anggotanya. Oleh karena itu, mosi kepercayaan tidak pernah digaungkan layaknya mosi tidak percaya yang muncul sebagai bentuk protes.

Itulah di antaranya ulasan mengenai mosi adalah keputusan rapat. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending