Tak Kalah dengan Kopi Hitam, Ini 7 Manfaat Green Coffee Bean Bagi Kesehatan

Jum'at, 20 November 2020 17:11 Penulis: Dhia Amira
Tak Kalah dengan Kopi Hitam, Ini 7 Manfaat Green Coffee Bean Bagi Kesehatan
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Kopi menjadi salah satu minuman yang populer sejak dulu hingga saat ini. Namun ternyata tak hanya biji kopi dengan warna coklat pekat saja yang populer. Namun ada pula biji kopi berwarna hijau, atau yang sering dikenal juga dengan green coffee bean. Dan tentu saja manfaat green coffee bean ini juga baik untuk kesehatan tubuh.

Green coffee bean ini sudah sangat populer bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Diketahui bahwa green coffee bean dapat menurunkan berat badan secara efektif, walaupun ada pula beberapa peneliti yang meragukan hal tersebut. Namun walaupun begitu, ada beberapa manfaat green coffee bean yang sangat baik dalam kesehatan tubuh kalian loh KLovers.

Kira-kira apa saja ya manfaat green coffee bean untuk kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Apa Itu Green Coffee Bean?

Sebelum mengetahui apa saja manfaat green coffee bean, pasti ada banyak sekali dari kalian yang tak mengetahui apa itu sebenarnya green coffee bean, dan mengapa warna biji kopi tersebut berwarna hijau. Sebenarnya green coffee bean merupakan sama seperti biji kopi biasanya, namun green coffee bean belum di proses dalam pemanggangan yang mengubahnya menjadi coklat.

Pada green coffee bean ini masih memiliki kadar asam klorogenat yang sangat tinggi, sehingga dianggap dapat memengaruhi metabolisme dan kadar gula darah yang kemudian dapat membantu program penurunan berat badan. Yup! Kopi yang belum memasuki proses pemanggangan maka tidak akan kehilangan asam klorogenatnya. Sehingga kandungan zat asam klorogenat pada green coffee bean masih sangat tinggi.

Namun walaupun manfaat green coffee bean sangat terkenal untuk menurunkan berat badan secara efektif, kalian juga perlu berhati-hati loh KLovers dalam mengonsumsinya. Pasalnya kopi ini akan memberikan efek negatif apabila dikonsumsi secara berlebihan.

 

 

2. Mengatasi Penyakit Alzheimer

Manfaat green coffee bean yang pertama yaitu dapat mengatasi penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer merupakan kelainan mental akibat rusaknya saraf otak, yang membuat seseorang mengalami kepikunan dalam kadar yang sedang hingga parah. Biasanya yang terkena alzheimer ini merupakan para lansia di atas usia 60 tahun ke atas.

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Sehingga hal ini mampu mengurangi risiko terkena alzheimer.

 

 

3. Menurunkan Berat Badan

Green coffee bean memang terkenal dalam penurunan berat badan secara efektif. Bahkan banyak dari mereka yang mengonsumsi green coffee bean hanya untuk menurunkan berat badan mereka secara efektif. Hal ini karena kandungan asam klorogenat pada green coffee bean punya kemampuan untuk memengaruhi penyerapan glukosa di dalam tubuh, sehingga menjaga kadar glukosa darah serta mengatur metabolisme yang terjadi di tubuh yang kemudian dapat membantu program penurunan berat badan.

Asam klorogenat yang terdapat pada green coffee bean dapat dicerna dan diserap sama seperti yang terdapat pada ekstraknya. Manfaat green coffee bean bisa dirasakan pada mereka yang mengalami obesitas, dikarenakan mampu menurunkan berat badan sebanyak 2,5 sampai 3,7 kilogram dengan mengonsumsi lima kali dalam sehari yang dilakukan selama 12 minggu.

 

 

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat green coffee bean yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi, atau biasa dikenal dengan hipertensi. Masih dengan kandungan asam klorogenat dalam green coffee bean yang juga dapat mengurangi tekanan darah.

Dilansir dari liputan6.com menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa, pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan penurunan tekanan darah.

Selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat disebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Jadi tidak hanya biji kopi hitam saja, biji kopi hijau juga nyatanya mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh.

 

 

5. Tinggi Kandungan Antioksidan

Kemudian salah satu kandungan dari green coffee bean yaitu kandungan antioksidan yang tinggi. Dan kandungan antioksidan dalam green coffee bean dapat mengurangi efek radikal bebas yang merusak sel tubuh. Selain itu berdasar hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, salah satu jenis antioksidan yang ada dalam biji kopi terutama green coffee bean secara nyata dapat mencegah perkembangan beberapa jenis sel kanker apapun. Jadi bukan hanya dapat menurunkan berat badan saja, nyatanya green coffee bean sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh dari radikal bebas.

 

 

6. Meningkatkan Energi

Bukan hanya biji kopi hitam saja yang dapat meningkatkan energi di dalam tubuh, nyatanya green coffee bean juga mampu meningkatkan energi di dalam tubuh loh KLovers. Itulah mengapa kopi biasanya dikonsumsi saat pagi hari, hal ini untuk memberikan semangat dan energi lebih untuk mengawali hari.

Hal ini semua karena kandungan yang terdapat di dalam kopi hitam ataupun green coffee bean. Kafein yang terkandung dalam minuman kopi ini dapat menstimulasi kinerja otak serta tubuh kalian menjadi lebih fokus dan waspada. Selain itu kafein yang terkandung dalam green coffee bean kadarnya cukup tinggi, jadi kalian cukup mengonsumsi kopi tersebut dalam kadar yang ringan saja ya KLovers.

 

 

7. Meningkatkan Mood

Selain meningkatkan energi, manfaat green coffee bean juga dapat meningkatkan mood loh KLovers. Hal ini juga lagi-lagi karena kandungan kafein yang ada pada green coffee bean. Kandungan ini memiliki efek yang positif pada suasana hati dan juga pada aktivitas otak kalian.

Bahkan terdapat banyak bukti bahwa mengonsumsi kopi dapat meningkatkan produksi dopamin di otak, yaitu neurotransmiter yang berhubungan dengan rasa senang. sehingga beberapa dari kalian mungkin merasakan kopi dapat mengubah suasana hati menjadi baik.

 

 

8. Mengatasi Kebotakan

Dan manfaat green coffee bean yang terakhir yaitu dapat mengatasi kebotakan. Memiliki rambut yang tipis dan mudah rontok memang menjadi sebuah masalah, bahkan akan membuat kita kehilangan rasa percaya diri bila rambut mulai menipis atau terlihat akan mengalami tanda-tanda kebotakan.

Namun tenang KLovers, nyatanya manfaat green coffee bean juga mampu mengatasi masalah kebotakan loh. Hal ini karena di dalam green coffee bean terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Dan kandungan antioksidan pada green coffee bean ini dapat memberikan kesehatan rambut kalian.

Biji kopi yang telah diekstrak meningkatkan pertumbuhan serta ketebalan rambut secara signifikan. Dengan pemakaian teratur, green coffee bean dapat menjadi alternatif solusi kebotakan, atau rambut rontok.

Itulah 7 manfaat green coffee bean yang baik bagi kesehatan tubuh kalian. Walaupun memiliki segudang manfaat, namun kalian harus berhati-hati dalam mengonsumsi green coffee bean ya KLovers. Karena dengan mengonsumsi green coffee bean terlalu berlebihan juga dapat memberikan dampak negatif untuk tubuh.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI